Bisnis

Peluang Bisnis Laundry dan Tips Memulainya

Kabrina Rian Ferdiani-

03 Aug 2021

Peluang Bisnis Laundry dan Tips Memulainya

Pernahkah Anda mendapati tumpukan pakaian yang kian menggunung sehingga harus membawanya ke tempat laundry? Berawal dari satu masalah tersebut, ini bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi Anda untuk memulai sebuah bisnis. 

Anda bukan satu-satunya orang yang mengalami permasalahan tersebut. Sehingga ini bisa dipandang sebagai satu opportunity untuk mendapatkan keuntungan bisnis. Ya, bisnis binatu memang memiliki peluang yang begitu luas dan potensial. 


Baca juga: 9 Cara Memulai Usaha Laundry dari Nol


Peluang Usaha Laundry Sangat Potensial

Pakaian adalah kebutuhan primer dimana seseorang wajib memilikinya untuk digunakan sehari-hari dalam semua aktivitas. Mulai dari bekerja, sekolah, bahkan ketika bersantai di rumah. Maka, tidak heran jika semua orang memiliki pakaian hingga puluhan potong.

Ini tentunya memicu suatu permasalahan sendiri, yakni harus mencuci pakaian setumpuk sebelum mengenakannya kembali. Terlebih bagi masyarakat di perkotaan yang memiliki sederet aktivitas dan rutinitas kesibukan luar biasa.

Mereka seolah tidak punya waktu untuk mengurus pakaian kotor karena digunakan untuk bekerja atau beristirahat karena terlalu lelah. Sehingga tidak jarang mereka membawanya ke jasa binatu. Berikut beberapa alasan memilih jenis usaha ini.


Pertumbuhan Jumlah Mahasiswa 

Mahasiswa yang merantau akan tinggal di kost maupun asrama. Terlebih jumlah mahasiswa dari kalangan menengah ke atas juga semakin banyak. Mereka biasanya menyukai kepraktisan sehingga memilih membawa baju kotor ke laundry.


Banyak Karyawan yang Tinggal di Kost

Sebagian orang Indonesia memutuskan untuk merantau dan bekerja sebagai karyawan di kota besar. Sehingga pertumbuhan jumlah kost maupun kontrakan semakin pesat. Salah satu kendala tinggal di kost biasanya kurangnya sarana. 

Misalnya untuk mencuci hingga tempat menjemur. Maka, jasa binatu adalah pilihan bagi mereka yang mengalami kendala tersebut. Apalagi mengingat rutinitas dari pagi hingga sore bahkan malam sehingga tidak sempat mencuci sendiri.


Kesibukan Pasangan Muda

Alasan bisnis laundry lainnya yaitu karena banyaknya pasangan muda yang sama-sama bekerja. Bekerja kini bukan hanya menjadi aktivitas para suami saja. Namun, istri juga banyak memiliki kesibukan di kantor maupun usaha sendiri. 

Sehingga banyak pekerjaan rumah perlu diurus. Sementara membayar asisten rumah tangga terkadang masih memberatkan. Untuk meringankan pekerjaan, pasangan muda cenderung lebih senang membawa pakaian kotor ke jasa pencucian.


Minimnya Lahan Rumah Sakit dan Hotel

Setiap hari rumah sakit perlu melayani pasien rawat inap dimana perlengkapannya seperti sprei, selimut, pakaian, dan sebagainya perlu dicuci. Akan tetapi mengingat minimnya lahan untuk menjemur, maka laundry jadi solusinya. 

Sama halnya dengan hotel yang harus menjaga kebersihan tiap kamar setelah ditinggalkan tamu. Membayar tenaga cuci khusus memerlukan tambahan biaya. Sehingga banyak hotel memilih bekerja sama dengan layanan binatu.


Tidak Terbatas Pakaian Saja

Binatu bukan hanya melayani pencucian pakaian. Akan tetapi juga berbagai barang lain yang perlu mendapatkan perawatan kebersihan secara khusus seperti karpet, sepatu, dan sebagainya. Ini adalah peluang ekstra untuk usaha Anda.


Baca juga: 10 Peluang Usaha dengan Modal Rp5 Juta


Tips Memulai Bisnis Laundry agar Sukses

Dalam menjalankan bisnis ini, Anda memerlukan strategi tersendiri supaya bisa memperoleh keuntungan yang terus meningkat. Berikut beberapa tips untuk memulai usaha binatu yang perlu Anda perhatikan.


Pilih Lokasi Strategis

Lokasi merupakan hal utama yang perlu Anda perhatikan. Memilih lokasi padat penduduk seperti wilayah kost-kostan, lingkungan kampus, hingga kawasan industri dinilai cocok untuk bisnis ini. 

Jika Anda menyewa kios, pastikan pula fasilitas yang tersedia. Misalnya kualitas air, ketersediaan pasokan listrik, dan sebagainya. Menyewa tempat usaha memerlukan budget tersendiri, namun jika potensinya tinggi maka biaya tersebut akan tertutup.


Pahami Cara Mencuci dengan Baik

Memahami cara mencuci merupakan salah satu kunci keberhasilan bisnis laundry Anda. Ini menyangkut perlakuan untuk jenis kain, cara menghilangkan noda, hingga lama waktu pengerjaan. Bila perlu, ikuti pelatihan untuk mencuci secara efektif.

Ketika menguasai cara mencuci secara baik dan benar, hasil pekerjaan Anda bisa membuat pelanggan puas sehingga mereka tidak segan untuk kembali. Sebaliknya, jika hasilnya di luar ekspektasi, maka bersiaplah untuk kehilangan pelanggan. 


Hitung Modal Awal

Bisnis laundry tidak akan bisa berdiri tanpa memiliki modal. Maka dari itu, penting sekali menghitung berapa besar dana yang diperlukan agar usaha tersebut bisa segera dijalankan. 

Modal tersebut meliputi dana pengadaan peralatan seperti mesin cuci, setrika, dan lainnya. Selain itu dana sewa tempat, membayar tenaga kerja, serta biaya operasional lainnya. 

Pada dasarnya, usaha binatu termasuk dalam jenis bisnis dengan modal terbilang kecil. Akan tetapi keuntungan bulanannya cukup menjanjikan. Sehingga lambat laun bisa Anda kembangkan menjadi unit bisnis lebih besar. 


Temukan Tenaga Profesional dan Disiplin

Bisnis laundry tidak akan berhasil tanpa eksekusi yang optimal. Untuk itu, Anda perlu mencari karyawan yang mampu menyelesaikan pekerjaan dengan mengutamakan kualitas. Selain kebersihan, kualitas juga meliputi kerapian serta ketepatan waktu.

Jangan sampai pelanggan merasa kecewa karena pakaian yang seharusnya mereka kenakan justru belum selesai dikerjakan. Di awal-awal mungkin Anda belum dapat menyewa pegawai dan harus mengerjakannya secara mandiri.


Menyiapkan Promosi untuk Menarik Pelanggan

Ketika memulai bisnis apapun termasuk laundry, Anda perlu menyiapkan strategi dalam mempromosikan bisnis tersebut. Ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat pelanggan tertarik menggunakan jasa pada bisnis Anda.

Ada beragam cara promosi, misalnya memberikan harga promo kepada 10 pelanggan pertama, voucher gratis untuk pencucian minimal 3 kg, dan masih banyak lagi. Cara tersebut bisa menarik orang-orang melihat serta mempertimbangkan jasa Anda.


Memberikan Layanan Laundry Ekstra

Salah satu cara untuk membuat pelanggan terus datang adalah dengan memberikan pelayanan ekstra. Dimana layanan tersebut biasanya tidak mereka dapatkan di tempat lain. Anda dapat melakukan langkah ini. 

Bentuk layanannya bisa beragam, misalnya menyediakan layanan antar jemput pakaian, layanan khusus satu hari jadi, promo pada momen khusus, dan sebagainya. Ini akan menjadi nilai plus dibanding para kompetitor.

Memiliki usaha sendiri membuat Anda lebih mandiri dan memiliki peluang lebih besar untuk mendapat penghasilan tinggi. Melihat peluang bisnis laundry, ini dapat dijadikan sumber penghasilan Anda.


Baca juga: Peluang Usaha di Rumah di Tengah Pandemi


Dapatkan Modal Tambahan untuk Bisnis Anda dengan Anjak Piutang di Modal Rakyat

Sebagai pebisnis, Anda pasti ingin mengembangkan usaha agar semakin menambah keuntungan. Untuk melakukannya Anda tentu membutuhkan modal lebih.

Anda dapat mendaftarkan diri sebagai peminjam layanan P2P Lending Modal Rakyat. Dengan pelayanan yang cepat dan praktis, Anda akan memperoleh modal dalam waktu lima hari kerja. P2P Lending ini juga sudah berizin OJK, sehingga keamanannya akan dijamin.


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru