Bisnis

Peluang Usaha di Rumah di Tengah Pandemi

Kabrina Rian Ferdiani-

10 Jun 2020

Peluang Usaha di Rumah di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi virus yang mengharuskan beraktivitas di rumah, dibutuhkan peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan dari rumah. Sebagian besar negara di dunia sedang dilanda Corona virus sehingga semua aktivitas sosial dibatasi, termasuk dalam hal transaksi. 

Namun, hal ini menjadi peluang besar bagi para pengusaha bisnis online untuk meningkatkan penjualan lewat transaksi online. Membuka bisnis dapat dilakukan oleh siapa saja dan dengan modal berapa saja. Asalkan Anda sudah membuat perencanaan yang matang sesuai dengan dana yang dimiliki. 

Banyak bisnis online maupun offline yang bisa dijalankan di rumah. Sehingga kegiatan di rumah Anda bisa lebih bermanfaat bahkan mendatangkan keuntungan. Ada banyak peluang usaha rumahan yang bisa Anda jalankan di masa PSBB sekarang ini. 

Dengan memanfaatkan teknologi dan internet, Anda bisa memulai bisnis sesuai passion dan hobi Anda. Bahkan jika Anda tidak mempunyai modal, Modal Rakyat bisa menjadi rekomendasi finansial teknologi yang bisa Anda gunakan. Lalu, apa saja peluang bisnis rumahan tersebut? 


Baca juga: 7 Tantangan Bisnis Franchise yang Harus Anda Hadapi


Peluang Bisnis dengan Memanfaatkan Teknologi

Jika Anda mempunyai skill di bidang teknologi, salah satunya komputer, Anda bisa membuka bisnis dengan berjualan perangkat lunak atau software. Software sangat diperlukan untuk komputer maupun laptop untuk menjalankan perintah yang dibutuhkan. 

Saat ini pekerjaan dilakukan secara WFH atau Work From Home, sehingga aplikasi pendukung untuk komputer sangat dibutuhkan. Peluang usaha ini dapat memberikan keuntungan bagi Anda dengan memanfaatkan kemampuan yang dimiliki. Teknologi selalu berkembang dengan pesat, terutama dalam mencari informasi terbaru yang valid. 

Oleh karena itu, skill pemrograman dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan dan membuat Anda semakin berkualitas. Masih dengan teknologi, Anda juga bisa memanfaatkan kemampuan menulis atau membuat konten sebagai peluang usaha

Anda bisa menjadi penulis freelancer atau blogger dengan menjual karya tulisan Anda dalam website. Saat ini kebutuhan penulis artikel semakin tinggi, apalagi di tengah wabah sekarang yang segala sesuatu dijalankan secara online dan terbatas.

Anda bisa memanfaatkan skill menulis untuk membuat artikel promosi atau informasi sesuai kebutuhan konsumen. Bahkan banyak perusahaan yang melakukan promosi secara online dengan menggunakan artikel. Sembari rebahan, Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis menjadi penulis dengan komisi yang menguntungkan.

Peluang usaha lain yang bisa Anda lakukan dirumah bisa dengan membuat konten yang menarik dan unik. Konten tersebut bisa diposting ke website atau blog pribadi maupun media sosial. Anda juga bisa membuat channel youtube dengan berbagai konten yang unik, menarik, dan kreatif hanya dari rumah. 


Peluang Bisnis Rumahan Secara Offline

Selain memanfaatkan teknologi, Anda juga bisa membuka bisnis secara langsung atau offline di rumah. Bisnis rumahan dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan hanya dengan modal minim dan lebih fleksibel dengan memanfaatkan kemampuan Anda. Anda bisa membuka usaha jasa potong rambut atau salon.

Jasa potong rambut merupakan salah satu peluang usaha yang dapat dikembangkan dan menjanjikan. Anda bisa mendapatkan omzet yang memuaskan hanya dengan modal ringan, untuk membeli perlengkapan dan alat pendukung. Untuk promosi, bisa memanfaatkan media sosial tanpa mengeluarkan modal. 

Dan tidak perlu tempat khusus karena bisa dilakukan di rumah saja. Selain jasa potong atau salon, peluang usaha yang sangat menguntungkan adalah usaha laundry. Dewasa ini banyak orang yang tidak sempat untuk mencuci pakaian, terutama kalangan karyawan dan mahasiswa yang sibuk dengan rutinitasnya. 

Hal ini memberikan kesempatan besar bagi Anda untuk mendapatkan uang dengan membuka jasa laundry di rumah. Bisnis laundry tidak membutuhkan modal besar dan tempat yang luas. Anda bisa memanfaatkan garasi atau halaman rumah untuk menjalankan bisnis tersebut. 

Bisnis ini sangat tepat jika Anda tinggal di kawasan instansi atau perusahaan dengan mayoritas karyawan atau mahasiswa. Bisnis laundry menjadi salah satu pilihan peluang usaha terbaik untuk mendapatkan keuntungan tambahan tanpa modal besar.


Cara Memulai Bisnis di Rumah

Rumah bisa dimanfaatkan untuk tempat usaha yang paling efektif dan efisien karena tidak perlu membayar uang sewa. Untuk memulai bisnis dirumah, Anda bisa meminta dukungan dari keluarga terlebih dahulu. Karena keluarga menjadi elemen paling penting untuk mendukung Anda di tengah persaingan bisnis yang semakin tinggi.

Adanya peluang usaha harus dimanfaatkan dengan baik, salah satunya dengan meminta dukungan dari keluarga. Hal ini membuat keluarga akan mendukung secara materil maupun nonmaterial untuk mengembangkan bisnis tersebut. Anda akan lebih bersemangat dalam menjalankan bisnis dirumah dengan dukungan dan partisipasi dari keluarga yang harmonis.

Setelah bisnis sudah dirintis, pastikan Anda mencatat semua administrasi dengan baik. Meski dilakukan di rumah, penguasaan administrasi juga sangat penting untuk menjaga bisnis agar bisa bertahan dan bersaing. Peluang usaha yang tinggi membuat banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjalankan bisnis dengan berbagai produk.

Agar bisnis bisa bersaing dan berlangsung lama, Anda harus mengelola administrasi dengan baik. Administrasi adalah pondasi utama dalam menjalankan bisnis apa pun untuk bisa sukses dan berkembang pesat. Anda tidak perlu merasa takut gagal, karena masih pemula. 

Dengan kerja keras dan semangat untuk terus menghadapi rintangan, bisnis Anda akan terus berkembang bahkan menjadi peluang usaha bagi orang lain. Dalam membangun bisnis di rumah, Anda juga harus menentukan visi dan misi serta arah bisnis. 

Kemudahan teknologi sekarang membuat Anda tidak perlu bingung jika membutuhkan modal usaha, karena Modal Rakyat siap melayani kebutuhan modal Anda untuk membuka bisnis. Dengan berbagai macam ide usaha di atas, Anda bisa memanfaatkan peluang usaha tersebut untuk menambah penghasilan bulanan. 


Baca juga: 7 Manfaat Modal Usaha untuk Kemajuan Bisnis Anda

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru