Bisnis

Peluang Usaha Sampingan Populer untuk Pelajar

Kabrina Rian Ferdiani-

02 Jul 2020

Peluang Usaha Sampingan Populer untuk Pelajar

Usaha sampingan bisa dilakukan oleh kalangan pelajar sembari menyelesaikan pendidikan dan menambah penghasilan. Banyak ide usaha yang cocok untuk para pelajar maupun mahasiswa. Dengan menjalankan usaha tersebut, dapat menjadi sarana untuk belajar mandiri dan mengatur keuangan dengan baik.

Masa muda harus dimanfaatkan dengan maksimal untuk hidup yang lebih baik, terutama bagi para pelajar. Sebagai generasi bangsa, manfaatkan waktu dengan sesuatu yang bermanfaat dan menghasilkan. Anda bisa mencoba beberapa bisnis freelance untuk menambah pundi rupiah dalam rekening.

Selain belajar hidup mandiri, usaha sampingan juga dapat menjadi pengalaman penting bagi karier Anda. Tidak sedikit orang yang sudah hidup mapan meski masih menempuh pendidikan. Karena mereka sudah menjalankan usaha tersebut sejak dini dan mau bekerja keras di usianya yang masih muda.


Baca juga: Keuntungan Usaha Sampingan: Wujudkan Hidup Cerdas dan Bermanfaat


Usaha Sampingan Modal Hobi dan Passion

Masa remaja, pelajar pasti ingin menunjukan jati dirinya secara luas dengan melakukan hobinya. Hobi bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan sembari menempuh pendidikan. Karena itu, manfaatkan hobi dan minat Anda dengan baik untuk menambah uang jajan agar tidak meminta kepada orang tua.

Bagi Anda yang mempunyai hobi di dunia fotografi, Anda bisa menjual hasil foto tersebut secara online. Banyak website yang membutuhkan foto menarik dan unik sesuai konten dalam website. Setiap foto yang Anda hasilkan bisa menjadi penghasilan yang memuaskan. Beberapa situs penjualan foto tersebut, di antaranya ShutterStock.com, Istockphoto.com, StockFresh.com, dan Fotolia.com.

Anda juga bisa mencoba usaha sampingan dengan menjadi penulis atau copywriter freelance. Usaha ini sangat cocok untuk yang mempunyai hobi menulis dengan membuat artikel. Saat ini, promosi produk atau jasa dilakukan secara online melalui digital marketing. Salah satu konten dalam marketing tersebut adalah artikel SEO.

Bagi Anda yang mempunyai kemampuan bahasa asing yang baik, Anda bisa menjadi translator freelance. Menjadi translator mempunyai omset yang sangat menjanjikan, karena tidak semua orang menguasai bahasa asing. Anda bisa menerjemahkan jurnal, makalah, teks, tulisan, dan sebagainya untuk kebutuhan website.


Usaha Sampingan dengan Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial tidak hanya sebagai sarana hiburan saja. Namun, bisa dimanfaatkan sebagai sarana menghasilkan uang. Konsumen lebih menyukai belanja online dibandingkan datang langsung ke toko yang dituju. Hal ini membuat digital marketing semakin berkembang dan populer.

Anda bisa mencoba berbisnis secara online. Banyak produk yang bisa Anda jual secara online, mulai dari pakaian, tas, alat dapur, bahkan makanan sekalipun. Saat ini memanfaatkan bisnis online lebih diminati banyak orang karena kemudahan yang diterimanya. Seseorang bisa membeli apa saja hanya dari rumah, tanpa beranjak kemana-mana.

Dengan menjual produk secara online, Anda bisa memasarkan produk secara lebih luas, tidak hanya di area sekitar rumah saja. Sehingga memberikan peluang bagi Anda untuk memanfaatkan smartphone dan internet untuk menghasilkan uang. Usaha sampingan ini tidak membutuhkan modal besar dan sangat fleksibel.

Anda juga bisa memanfaatkan website untuk membuat blog yang menarik dan berkualitas. Dari sini Anda juga bisa memasarkan semua produk dagangan dengan lebih menjanjikan. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkannya, sehingga secara tidak langsung Anda sebagai seorang siswa belajar teknik marketing.


Youtuber, Usaha Sampingan Paling Populer

Banyak para Youtuber terkenal Indonesia yang sudah sukses melalui channel youtube. Mulai dari masyarakat, karyawan, selebriti, hingga kalangan pelajar bisa memanfaatkan youtube untuk menambah penghasilan. Sebagai media sosial yang sangat populer, youtube memberikan peluang untuk berkarya dan berinovasi dengan memanfaatkan teknologi.

Usaha sampingan ini tidak membutuhkan modal besar untuk membuat konten yang menarik. Anda bisa membuat video animasi, edukasi, tutorial, dan masih banyak lagi sesuai keinginan. Bahkan saat ini banyak aplikasi editing yang siap membuat video Anda lebih berkualitas dan menarik perhatian.

Menjadi seorang Youtuber sukses membutuhkan kerja keras untuk menciptakan konten yang unik. Pilih tema yang menarik untuk konten dan paling dibutuhkan oleh pengunjung youtube. Buat konten yang berbobot dan berkualitas serta dapat dipahami oleh orang lain untuk meningkatkan jumlah subscriber channel Anda.

Youtuber merupakan salah satu profesi yang sangat populer saat ini. Hanya dengan smartphone saja, Anda bisa mendapatkan uang dengan mudah. Meskipun hanya sebagai pekerjaan sampingan, penghasilan Youtuber bisa lebih tinggi daripada penghasilan utama Anda. 


Usaha Sampingan Menjadi Tutor

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa tentu saja Anda mempunyai keterampilan dan pengetahuan yang baik. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menambah uang jajan dengan membuka les privat atau menjadi tutor. Banyak pelajar SD, SMP, dan SMA yang membutuhkan pelajaran tambahan untuk meningkatkan pengetahuan mereka.

Kondisi tersebut bisa memberikan peluang untuk menghasilkan uang di sela kesibukan belajar. Usaha sampingan ini sangat terkenal di kalangan mahasiswa, karena tenaga tutor banyak dibutuhkan saat ini. Selain menambah penghasilan, Anda bisa meningkatkan pengetahuan dan memberikan ilmu kepada orang lain. 

Jika Anda mahir dalam bahasa Inggris, Anda bisa membuka kursus bahasa Inggris untuk anak-anak. Pekerjaan ini sangat fleksibel dan menjanjikan, terutama saat memasuki masa ujian sekolah. Anda bisa membuka usaha sampingan les privat lain sesuai keahlian, baik itu bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan sebagainya.

Selain pelajaran formal, Anda juga bisa memanfaatkan skill lain untuk mengajarkannya kepada orang lain. Keterampilan tidak hanya pengetahuan formal saja, namun soft skill harus ditonjolkan. Dengan menjadi tutor, Anda bisa terus eksis mengasah keterampilan sembari mengisi rekening tabungan.

Pelajar harus memanfaatkan waktu dan kesempatan dengan baik. Dengan memiliki bisnis sampingan, seorang pelajar bisa belajar sedari dini untuk mempersiapkan diri di dunia kerja nantinya.  Usaha sampingan merupakan cara terbaik untuk memanfaatkan masa muda sekaligus menambah penghasilan. 


Baca juga: Manfaat dan Cara Melakukan Self Development

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru