Finansial

Pengertian Investasi Menurut Beberapa Ahli

Kabrina Rian Ferdiani-

25 Nov 2019

Pengertian Investasi Menurut Beberapa Ahli

Investasi mempunyai pengertian secara umum adalah suatu usaha penanaman modal atau sejumlah uang pada suatu perusahaan atau proyek tertentu. Berinvestasi memiliki tujuan yang sudah sangat jelas yaitu untuk mendapatkan suatu keuntungan. Selain itu terdapat berbagai pertimbangan serta faktor yang mempengaruhi apakah investasi itu berhasil atau tidak.

Investasi sendiri adalah suatu istilah yang kuat kaitannya dengan bidang ekonomi dan keuangan.  Berinvestasi juga sering disebut sebagai penanaman sebuah modal, karena berinvestasi berguna untuk dapat menambah penghasilan seseorang maupun suatu perusahaan. Berinvestasi juga tak lepas dari resiko-resiko yang harus ditanggung para investor.

Berikut adalah penjelasan investasi menurut beberapa ahli.


Baca juga: Pengertian Investasi & Pentingnya Berinvestasi Sejak Dini


Pengertian Menurut Mulyadi

Menurut Mulyadi investasi adalah sebuah keterkaitan antara dari sumber - sumber yang dalam suatu periode dengan masa yang panjang untuk mendapatkan hasil keuntungan di masa yang selanjutnya.


Pengertian Menurut Haming dan Basmalah

Menurut Haming dan Basmalah merupakan pengeluaran pada saat ini untuk kemudian membeli berbagai jenis aset lain seperti tanah, kendaraan bermotor, rumah dan lain - lainnya. Aset - aset inilah yang nantinya dapat digunakan untuk mencapai tujuan dalam memperoleh pendapatan yang lebih besar pada masa depan.


Pengertian Menurut Sadono Sukirno

Menurut pandangan Sadono Sukirno  adalah sebuah bentuk dari kegiatan menanam dan mengeluarkan modal, yang digunakan untuk bisa menambah barang keperluan baik dalam hal produksi. Barang produksi ini nantinya akan digunakan untuk perkembangan usaha dalam bidang ekonomi. 


Pengertian Menurut Martono dan D. Agus Marjito

Menurut Martono dan D. Agus Marjito itu merupakan penanaman dari modal atau dana yang dilakukan pada suatu perusahaan untuk kemudian dimasukkan menjadi sebuah aset dengan sebuah harapan untuk bisa memperoleh pendapatan yang lebih besar di masa yang akan datang.


Pengertian Menurut Boediono

Menurut Boediono investasi adalah suatu pengeluaran dari sektor produsen untuk melakukan pembelian sebuah barang dan jasa yang akan digunakan untuk semakin menambah stok dan semakin memperluas area dari pabrik itu sendiri.


Pengertian Menurut James C. Van Horn

Menurut James C. Van Horn memiliki pengertian sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan atau dilangsungkan dengan memanfaatkan kas yang ada pada masa saat ini atau sekarang. Hal tersebut ditujukan agar bisa memiliki dan memperoleh pendapatan yang lebih besar di masa depan.


Pengertian Henry Simamora

Investasi adalah aktiva yang digunakan pada sebuah company untuk meningkatkan pertumbuhan kekayaan lewat distribusi dari hasil investasi. Contohnya royalti, bunga, deviden, pendapatan sewa dan berbagai hal lainnya.

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan manfaat bagi perusahaan melalui hasil hubungan perdagangan yang diperoleh melalui cara berinvestasi.


Pengertian Menurut Fitz Gerald

Bagi Fitz Gerlad pengertian dari investasi adalah sebuah kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan sebuah usaha penarikan sumber-sumber yang akan digunakan untuk mengadakan suatu barang.


Pengertian Menurut Tandelilin

Menurut Tandelilin, investasi adalah sebuah komitmen dari sejumlah uang atau dana atau yang berasal dari sumber daya yang lainnya yang sedang dilakukan pada saat ini, dengan tujuan untuk mendapat dan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang.


Pengertian Menurut Husnan

Pengertian menurut Husnan adalah sebuah rencana yang akan diinvestasikan untuk sumber-sumber daya, baik untuk proyek besar maupun untuk proyek yang kecil dan bertujuan mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.


Pengertian Menurut Salim HS dan Budi Sutrisno

Pengertian menurut Salim HS dan Budi Sutrisno yaitu aktivitas dari penanaman modal yang dilakukan oleh investor, baik itu investor yang berasal dari dalam negeri maupun investor yang berasal dari luar negeri yang saling berkaitan dalam berbagai jenis bidang usaha.


Pengertian Menurut Farid Harianto dan Siswanto Sudomo

Farid Harianto dan Siswanto Sudomo berpendapat bahwa investasi adalah bentuk aktivitas yang menggunakan modal untuk diletakkan pada beberapa aset. Aset ini akan digunakan sebagai modal yang nantinya pada masa depan akan bisa untuk menambah penghasilan.


Pengertian Menurut Sunariyah

Pengertian menurut Sunariyah yaitu usaha untuk menanamkan dana atau modal pada berbagai aset, yang biasanya akan terikat dalam jangka waktu yang panjang. Tujuan dari hal tersebut merupakan untuk memperoleh hasil yang lebih menguntungkan di masa depan. 


Pengertian Menurut Nanga

Pengertian menurut Nanga adalah berinvestasi berarti sebuah penambahan bersih dari stok yang ada atau juga bisa disebut sebagai akumulasi modal. 


Pengertian Menurut Martalena dan Malinda

Pengertian menurut Martalena dan Malinda yaitu sebuah bentuk pembatasan atau mengurangi barang - barang konsumsi pada masa kini. Pengurangan ini untuk menghindari berbagai resiko agar bisa mendapat hal yang lebih dibutuhkan di masa depan. 


Pengertian Menurut Shuta

Pengertian menurut Shuta adalah nominal modal atau dana yang dipergunakan agar bisa mendapatkan, menambah, dan menjaga nilai serta penghasilan yang bersifat positif.


Pengertian Menurut Jogiyanto

Pengertian menurut Jogiyanto yaitu sebuah usaha dari pengurangan pemakaian kebutuhan - kebutuhan yang kurang penting pada masa kini, dan nantinya dapat dimasukkan ke dalam kebutuhan yang lebih produktif di periode waktu tertentu.

 

Pengertian Menurut Gitman dan Joehnk

Berdasarkan pengertian Gitman dan Joehnk, investasi adalah sebuah sarana atau alat  untuk menempatkan sejumlah dana dengan tujuan dana tersebut akan menghasilkan suatu pendapatan yang positif.


Pengertian Menurut Mankiw

Pengertian menurut Mankiw adalah barang - barang yang telah dibeli individu atau perusahaan guna untuk dapat meningkatkan persediaan dari modal yang dimiliki.


Pengertian Menurut Kamaruddin

Pengertian menurut Kamaruddin yaitu suatu bentuk tindakan untuk dapat membeli berbagai aset yang disertai dengan surat legalitas dan. Aset-aset yang telah dibeli ini dapat digunakan untuk memperoleh manfaat atau memperoleh dana yang nanti bisa digunakan untuk masa depan.   

Demikianlah pengertian investasi menurut para ahli, dan masih terdapat banyak ahli yang mendefinisikan apa itu investasi menurut pandangan mereka masing - masing.


Baca juga: Investasi Online Menguntungkan Tahun 2020, Anda Harus Coba

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru