Finansial

Lakukan Perencanaan Keuangan dalam Keluarga Mulai Sekarang

Kabrina Rian Ferdiani-

04 May 2021

Lakukan Perencanaan Keuangan dalam Keluarga Mulai Sekarang

Perencanaan keuangan memiliki peran yang sangat krusial dalam berbagai sendi kehidupan, termasuk dalam keluarga. Bukan hal mengherankan jika banyak timbul kasus timbul terkait dengan finansial dalam keluarga akibat tidak ada perencanaan.

Bahkan menurut sebuah sumber, banyak kasus perceraian timbul, yakni sekitar 24% disebabkan masalah keuangan dan ekonomi. Hal tersebut tentu miris dan semakin menunjukkan kekuatan pondasi bagi sebuah keluarga agar tetap harmonis adalah keuangan yang terencana.


Baca juga: Ingin Beli Rumah untuk Anak? Yuk, Cari Tahu Pertimbangannya


Permasalahan Keuangan yang Umum Dijumpai dalam Keluarga

Tidak adanya perencanaan keuangan tentu saja membawa dampak bagi sebuah keluarga. Kedua pasangan bisa saja saling bertengkar setiap hari dikarenakan masalah uang, dampak lebih parah tentu saja terjadi perceraian.

Kondisi tersebut tentu saja tidak diinginkan dalam kehidupan berkeluarga. Oleh karena itu sangat penting merencanakan keuangan, jika tidak, beragam masalah akan timbul, berikut di antaranya.

Kesulitan Menyiapkan Dana Sekolah Anak

Masalah yang akan timbul jika dana atau penghasilan tidak dikelola dengan baik adalah kesulitan menyiapkan dana sekolah. Masalah tersebut mungkin sangat lazim dijumpai di keluarga yang sudah memiliki anak sekolah.

Ketika perencanaan keuangan tidak dilakukan, orang tua bisa saja sangat kesulitan menyiapkan dana sekolah. Kondisi ini bisa disebabkan tidak adanya alokasi dana pendidikan putra dan putri.

Oleh karena itu, bagi sebuah keluarga yang memiliki anak sekolah, sangat penting mengalokasikan penghasilan untuk biaya sekolah. Anda juga bisa mulai menghitung biaya sekolah yang dibutuhkan, mulai dari jenjang SD, SMP, SMA hingga kuliah.

Anda bisa mulai mencari informasi mengenai biaya pendidikan yang umum dibutuhkan, baik untuk sekolah negeri maupun swasta. Sehingga biaya sekolah dapat disiapkan jauh-jauh hari.

Penghasilan Tidak Mampu Memenuhi Kebutuhan

Setiap bulan tentu Anda membuat perencanaan keuangan. Seperti berapa biaya untuk kebutuhan rutin atau kerumahtanggaan dan apakah penghasilan yang dimiliki mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Ketika yang terjadi sebaliknya, Anda bisa melakukan evaluasi terhadap pengeluaran rutin. Artinya di pos mana yang pengeluarannya membengkak atau perlu diatur kembali.

Ketika pengeluaran masih dapat diminimalkan, hal tersebut bisa menjadi solusi mengatasi masalah. Namun, jika pengeluaran sudah tidak dapat dipangkas, Anda bisa memilih opsi menambah penghasilan.

Menambah penghasilan dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi masalah keuangan. Anda bisa melakukan side job atau pekerjaan sampingan yang tentu saja tidak mengganggu pekerjaan utama. 

Dana Darurat Tidak Tersedia

Tidak tersedianya dana darurat juga bisa menjadi sumber masalah finansial. Anda perlu menyiapkan dana darurat untuk berbagai kebutuhan mendesak.


Manfaat Perencanaan Keuangan untuk Kebahagiaan Keluarga

Salah satu manfaat perencanaan keuangan adalah bisa mencapai tujuan keuangan, misalnya dana sekolah anak. Saat anak harus mendaftar sekolah, orang tua tidak lagi merasa bingung akan adanya kesulitan biaya.

Jika mampu merencanakan keuangan dengan baik seperti menyiapkan dana darurat, Anda tidak perlu bingung ketika mengalami masalah. Bagi yang sudah berkeluarga, tentu saja persentase anggaran untuk dana darurat berbeda ketika masih single.

Idealnya dana darurat yang harus disiapkan untuk pasangan yang sudah menikah adalah sembilan hingga dua belas kali pengeluaran rutin. Jika kebutuhan dana darurat sudah terpenuhi, tentu saja Anda akan merasa aman.

Adanya perencanaan keuangan yang tepat juga membantu Anda mencapai berbagai tujuan finansial. Selain dana pendidikan, tentu saja rumah pertama, kendaraan, hingga dana pensiun juga dapat tercapai.

Jika berbagi tujuan finansial tercapai, tentu saja membuat Anda dan pasangan merasa bahagia. Keuangan yang direncanakan dengan baik juga mampu membuat Anda dan pasangan semakin bersemangat menjalani hari-hari.

Melakukan perencanaan keuangan secara tepat juga mampu membuat Anda bisa berinvestasi. Hal ini dikarenakan Anda mampu mengalokasikan dana untuk kebutuhan investasi secara rutin, sehingga tujuan finansial lebih cepat tercapai.

Jika dana tidak direncanakan, bisa saja pos investasi terlupakan dikarenakan menganggap bukan hal penting. Anda bisa memilih produk investasi sesuai dengan budget yang sudah dialokasikan.

Anda bisa mengalokasikan dana sedikit demi sedikit serta rutin untuk berinvestasi. Anda juga dapat memilih berbagai produk investasi yang juga sesuai dengan profil risiko dan tujuan finansial. 


Komunikasi terkait Keuangan sangat Penting dalam Keluarga

Komunikasi terkait uang dengan pasangan tentu saja sangat penting, termasuk membahas perencanaan keuangan. Langkah ini dilakukan agar kedua pasangan mempunyai arah sama terkait tujuan finansial yang ingin dicapai.

Memiliki arah atau visi sama terkait tujuan finansial juga bisa menjadi faktor keberhasilan dalam berumah tangga. Adanya perbedaan mengenai tujuan yang ingin dicapai juga dapat diketahui jika ada komunikasi bersama.

Anda dan pasangan dapat menyampaikan keinginan masing-masing terkait keuangan. Jika ada perbedaan juga dapat dikomunikasikan terlebih dahulu agar kedua pihak memiliki tujuan yang sama.

Misalnya saja perencanaan keuangan dalam hal mencapai rumah impian. Anda ingin memiliki rumah dengan cara KPR, sementara pasangan menginginkan untuk membangun hunian sendiri.

Perbedaan keinginan tersebut juga hendaknya dikomunikasikan bersama dan mencari titik temu. Kedua pihak bisa membahas sisi positif dan negatif dari masing-masing alternatif, sehingga diperoleh kesepakatan bersama.

Pengeluaran dan pemasukan juga hendaknya dikomunikasikan bersama. Artinya kedua pasangan juga harus terbuka mengenai jumlah pemasukan, agar tidak timbul perkara baru.

Jika kedua pasangan tidak dapat saling terbuka terkait dengan jumlah pemasukan, tentu saja sulit untuk mengatur keuangan. Sebaliknya, pengeluaran rutin memang menjadi kesepakatan bersama, namun jika ada kebutuhan pribadi, sebaiknya tetap dikomunikasikan.

Pondasi yang memberikan peran penting dalam menjaga keutuhan sebuah rumah tangga adalah keuangan. Anda beserta pasangan harus melakukan perencanaan keuangan agar mencapai berbagai tujuan yang diinginkan sehingga hidup lebih harmonis.


Baca juga: Jenis Investasi Emas atau Logam Mulia yang Kian Populer


Kembangkan Aset Bersama Modal Rakyat

Modal Rakyat adalah platform P2P Lending yang mempertemukan antara pelaku UMKM yang membutuhkan pinjaman modal usaha (borrower) dan juga lender atau pemberi pinjaman. Kami sudah berdiri sejak 2018 dan berhasil menyalurkan pinjaman sebesar 1 triliun Rupiah. Modal Rakyat juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Sebagai lender, Anda bisa mendanai mulai dari Rp25.000 saja. Anda juga akan mendapatkan keuntungan hingga 25% per tahun. Yuk, mendanai UMKM sekarang! Daftarkan diri Anda di sini dan gunakan kode promo BLOG25 untuk mendapatkan saldo gratis Rp25.000.

Bergabung juga dengan akun telegram Modal Rakyat untuk mendapatkan informasi peluang pendanaan paling update.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru