Finansial

Jenis Investasi Emas atau Logam Mulia yang Kian Populer

Kabrina Rian Ferdiani-

22 Apr 2021

Jenis Investasi Emas atau Logam Mulia yang Kian Populer

Jenis investasi semakin hari semakin banyak sehingga Anda bisa memilih investasi seperti apa yang cocok. Setiap jenisnya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing jadi Anda harus lebih jeli dalam memilih investasi tersebut. 

Dari sekian banyaknya macam investasi, Anda bisa memilih investasi emas atau logam mulia. Macam investasi ini memiliki banyak penggemar karena dikenal dengan risiko yang rendah jadi cocok bagi para pemula di bidang investasi. 


Keuntungan Jika Melakukan Investasi Emas

Dalam memilih jenis investasi, tentu kita harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Jangan sampai kita memilih instrumen tanpa pertimbangan dan akhirnya akan mengalami kerugian yang tentu tidak diinginkan.

Salah satu instrumen investasi yang paling sering dipilih adalah emas. Mungkin sudah banyak di antara Anda yang melakukan investasi ini tanpa menyadarinya. Karena Anda hanya membeli emas dalam bentuk perhiasan dan untuk digunakan. 

Tapi, beberapa tahun lagi saat harga emas naik maka Anda akan mendapatkan keuntungan dari penjualan emas tersebut. Cara yang praktis dan mudah menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memilih jenis investasi satu ini. 

Sebelum membeli emas sebagai investasi, pastikan Anda untuk mengetahui keuntungan apa saja yang akan didapatkan dengan berinvestasi emas. Penjelasan secara lengkap dapat Anda simak dari ulasan berikut ini. 


Baca juga: Kartini Masa Kini: Perempuan yang Ingin Merdeka Finansial


Tidak Mudah Rusak

Seperti yang kita tahu bahwa banyak jenis instrumen yang bisa disimpan, mulai dari dollar hingga emas. Instrumen tersebut harus disimpan dengan baik agar tidak mengalami kerusakan karena bisa menurunkan nilai harga dari instrumen tersebut.

Jenis investasi dollar mungkin lebih mudah disimpan, tapi juga rentan mengalami kerusakan, misalnya terlipat, sobek, basah atau lainnya. Berbeda dengan emas yang mudah disimpan dan tidak mudah rusak sehingga tidak mengganggu nilainya. 

Emas lebih keras sehingga tidak mudah rusak, meski terkena panas, tertindih dan lainnya. Meski begitu, Anda harus menyimpan emas dengan baik agar tidak hilang, tergores, atau patah karena justru bisa merugikan Anda.


Harga Cenderung Stabil

Jika Anda sering melihat berbagai instrumen investasi dengan pergerakan harga fluktuatif seperti saham, maka Anda tidak akan melihatnya di investasi emas. Jenis investasi ini cenderung memiliki harga yang lebih stabil dibanding instrumen lain. 

Emas bisa digunakan sebagai investasi jangka pendek maupun jangka panjang, tergantung dengan tujuan Anda dalam berinvestasi. Semakin lama penyimpanan emas, maka kesempatan untuk mendapatkan keuntungan besar semakin terbuka. 

Kenaikan dari harga jenis investasi ini cenderung lebih stabil apabila Anda menunggu dalam kurun waktu lama. Cara melakukannya juga tidak membutuhkan skill khusus karena Anda tinggal membeli emas dan kemudian menyimpannya terlebih dahulu. 


Tidak Mudah Terpengaruh Kondisi Ekonomi

Kondisi ekonomi suatu negara atau bahkan dunia nantinya akan berpengaruh juga pada investasi yang tengah Anda jalankan, misalkan pada saham. Pergerakan harga saham sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi negara dan dunia. 

Berbeda dengan emas yang cenderung memiliki harga stabil meski kondisi ekonomi sedang tidak menentu. Itulah mengapa Anda seharusnya memiliki jenis investasi yang satu ini sebagai strategi diversifikasi untuk mengamankan aset yang dimiliki. 

Jadi, apabila kondisi ekonomi sedang tidak menentu, seperti saat pandemi maka kerugian yang Anda dapatkan masih masuk dalam batas toleransi. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lebih lama dalam kondisi ekonomi sekarang ini. 


Risiko Lebih Minim

Dalam memilih jenis investasi, ada baiknya Anda memperhatikan besarnya risiko yang mungkin dimiliki. Bagi pemula tentu harus menghindari instrumen investasi dengan risiko tinggi, apalagi bagi Anda yang belum memahami instrumen tersebut. 

Bagi pemula yang masih belajar tentang investasi, Anda bisa memulainya dengan investasi emas. Hal ini dikarenakan emas merupakan instrumen investasi yang cukup aman dan memiliki tingkat risiko rendah sehingga bisa dijadikan pilihan siapa saja. 

Setelah mengetahui berbagai keuntungan yang dimiliki jenis investasi emas, Anda bisa memulai investasi ini karena caranya sangatlah mudah. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu berinvestasi emas fisik dan berinvestasi emas secara online.


Baca juga: Simak Cara Mitigasi Risiko di Modal Rakyat


Cara untuk Investasi Emas Fisik

Emas fisik sudah dijadikan pilihan sejak dulu karena dianggap sebagai investasi secara manual yang lebih mudah dan praktis. Cara memulainya sangatlah mudah, Anda tinggal membeli jenis investasi ini ketika harganya lebih murah. 

Anda bisa membeli emas di berbagai toko perhiasan atau toko emas yang ada di daerah Anda. Pastikan Anda memilih toko emas dengan legalitas dan kredibilitas yang tinggi agar Anda tidak menjadi korban emas palsu.

Anda bisa membeli emas dalam jumlah yang sesuai kemampuan, mulai dari 0,5 gram, 1 gram dan lain sebagainya. Pilihlah emas batangan agar harga jualnya nanti tidak akan berkurang banyak dan keuntungan yang didapatkan lebih maksimal. 

Setelah membelinya, Anda bisa menyimpan emas dalam kurun waktu tertentu hingga harganya naik. Jika harganya sudah mencapai harapan, Anda bisa menjual emas tersebut dan mendapatkan keuntungan.


Cara untuk Investasi Emas Online

Bukan hanya emas fisik, sekarang ini investasi emas secara online juga menjadi pilihan bagi banyak orang karena tidak kalah praktis dan menguntungkan. Anda tidak perlu pergi ke toko untuk membeli emas. 

Sudah banyak marketplace atau platform investasi emas terpercaya untuk menjalankan jenis investasi ini. Cara melakukannya adalah dengan membeli emas secara online, menyimpannya terlebih dahulu baru kemudian menjualnya.

Dalam investasi emas online ini, penting untuk memastikan bahwa marketplace atau platform yang dipilih benar-benar terpercaya. Jadi pada intinya cara memulai investasi emas secara online hampir sama dengan investasi secara fisik.

Meskipun terkesan mudah, tentu ada banyak hal yang harus Anda perhatikan dalam berinvestasi emas agar tidak mengalami kerugian. Apapun jenis investasi yang dipilih, lakukan investasi sekarang juga agar bisa segera menikmati hasilnya.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru