Finansial

Persyaratan Bayar Pajak Motor dan Cara Bayar via ATM

Kabrina Rian Ferdiani-

26 Oct 2020

Persyaratan Bayar Pajak Motor dan Cara Bayar via ATM

Persyaratan bayar pajak motor harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran. Bagi warga negara yang baik, kita memang diharuskan membayar pajak pada setiap kepemilikan harta benda, termasuk kendaraan bermotor, maka dari itu kita wajib membayar pajak tahunan atau pun lima tahun sebagai tanggung jawab warga negara.

Pajak yang dibayar tahunan dan pajak yang dibayar lima tahun sekali merupakan dua jenis Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Indonesia yang wajib Anda ketahui. Keduanya memiliki persyaratan bayar pajak motor yang berbeda karena memang prosedurnya berbeda pula sehingga Anda harus memahami pengertiannya terlebih dahulu. 

Untuk pajak tahunan, Anda diwajibkan membayar sebesar 1,5% dari harga jual kendaraan secara rutin, yaitu setiap satu tahun sekali. Sedangkan, untuk PKB lima tahunan, Anda perlu datang langsung ke kantor Samsat induk daerah untuk mengganti plat nomor kendaraan sekaligus perpanjangan STNK.

Metode pembayarannya pun beraneka ragam, mulai dari offline hingga online. Sekarang ini, semua dipermudah dengan keberadaan teknologi yang semakin canggih sehingga pembayaran pajak motor pun bisa dilakukan secara online, seperti melalui ATM. Hanya saja, Anda tetap harus memenuhi persyaratan bayar pajak motor yang ada.


Baca juga: Persyaratan Bayar Pajak Motor dan Cara Bayar via Samsat


Syarat Pembayaran PKB Tahunan

Setiap proses pembayaran pajak pasti melibatkan beberapa dokumen yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Sebelum melakukan pembayaran melalui ATM, tentu Anda harus menyiapkan beberapa persyaratan bayar pajak motor agar nantinya proses bisa segera dilakukan dan pembayaran pun selesai dengan mudah dan cepat.

Syarat pertama yang wajib Anda bawa saat melakukan pembayaran adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dari pemilik motor di mana namanya sama yang tertera dalam STNK. Apabila Anda melakukan pembayaran secara offline, mungkin dibutuhkan fotocopy dari kartu identitas ini, namun hal ini tidak diperlukan dalam pembayaran online. 

Anda juga perlu menyiapkan dan fotocopy persyaratan bayar pajak motor lainnya, yaitu STNK. Anda cukup membawa surat asli atau bahkan fotocopy-nya saja karena nanti yang diperlukan adalah nomor dari kendaraan tersebut. Jadi, pastikan bahwa nomornya bisa dibaca dengan jelas dan lengkap. 

Selain itu, jangan lupa untuk membawa sejumlah uang untuk membayar pajak seperti yang sudah dijelaskan bahwa nominal pajak adalah 1,5% dari harga jual kendaraan sehingga Anda bisa memperkirakan sendiri berapa uang yang harus dibawa. Apabila tahun sebelumnya sudah pernah melakukan pembayaran, maka sediakan nominal sama.

Namun, karena metode pembayaran yang Anda lakukan melalui ATM, maka tidak perlu membawa uang dalam bentuk tunai karena nantinya pembayaran dilakukan dengan cara transfer. Jadi, pastikan bahwa saldo di ATM memenuhi nominal yang diperlukan sehingga persyaratan bayar pajak motor pun sudah lengkap.


Syarat Pembayaran PKB Lima Tahunan

Perlu diketahui bahwa persyaratan bayar pajak motor tahunan dengan lima tahunan berbeda sehingga Anda harus menyimaknya baik-baik. Meskipun pembayaran online melalui ATM tidak tersedia untuk PKB lima tahunan ini, Anda masih tetap harus mengetahui persyaratan apa saja yang dibutuhkan agar tidak bingung di kemudian hari.

Sebenarnya, beberapa dokumen yang dibutuhkan sama dengan pembayaran pajak tahunan, yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK). Bawalah surat yang asli sekaligus sediakan beberapa lembar fotocopy dari surat-surat tersebut sebagai syarat yang memang harus dipenuhi sebelum melakukan pembayaran pajak. 

Selain itu, persyaratan bayar pajak motor lima tahunan yang lain adalah Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Begitu juga dengan surat ini, Anda harus menyiapkan surat asli sekaligus fotocopy beberapa lembar saja karena nantinya akan dibutuhkan selama mengurus pembayaran pajak bermotor ini. 

Apabila semua berkas sudah terpenuhi dengan lengkap, selanjutnya isi formulir pembayaran pajak untuk cek fisik kendaraan oleh petugas. Pastikan bahwa semua data atau informasi yang dituliskan sudah benar dan lengkap agar proses bisa berjalan dengan lancar. Setelah itu, kumpulkan formulir sekaligus surat-surat penting di atas.

Tunggulah beberapa waktu karena petugas sedang melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor Anda sekaligus memasukkan beberapa informasi dari formulir dan syarat tersebut. Apabila persyaratan bayar pajak motor sudah lengkap dan proses selesai dilakukan, Anda akan mendapatkan plat nomor baru sekaligus STNK yang sudah diperpanjang. 


Cara Bayar via ATM

Sekarang ini, semuanya menjadi lebih mudah dengan keberadaan teknologi canggih, termasuk dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor. Namun, Anda hanya bisa melakukan pembayaran via online untuk satu tahunan, bukan lima tahunan. Oleh karena itu, siapkan persyaratan bayar pajak motor tahunan terlebih dahulu.

Apabila semua sudah dipersiapkan dengan baik, selanjutnya Anda bisa mendatangi lokasi mesin ATM di sekitar. Jangan lupa untuk membawa semua persyaratan bayar pajak motor sekaligus kartu ATM Anda agar pembayaran bisa segera dilakukan. Jika sudah sampai di mesin ATM, masukkan kartu ke dalam mesin ATM. 

Setelah itu, carilah menu “Bayar” kemudian ke “Menu Lainnya”. Carilah menu “Pajak/ Penerimaan Negara”, kemudian lanjutkan ke menu pembayaran “e-Samsat”. Kemudian akan muncul kotak yang mengharuskan Anda mengisi Nomor Polisi (Nopol) yang ada di STNK. 

Ikuti petunjuk yang tertera di layar ATM kemudian klik “Bayar PKB”. Apabila nomor yang dimasukkan benar dan tidak terjadi kesalahan dalam memasukkan informasi, maka transaksi akan berhasil dilakukan. Sebagai buktinya, simpan struk pembayaran lewat ATM untuk berjaga-jaga jika diminta oleh petugas. 

Untuk lebih mudah dalam melakukan pembayaran pajak motor tahunan, Anda harus menyiapkan sejumlah uang terlebih dahulu. P2P Lending menjadi cara paling tepat untuk mendapatkan penghasilan menjanjikan sehingga Anda tidak kesulitan saat tiba waktunya pembayaran. Tinggal memenuhi persyaratan bayar pajak motor dan proses transaksi akan selesai.


Baca juga: Inilah Berbagai Produk Deposito yang Bisa Anda Pilih

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru