Finansial

Persyaratan Bayar Pajak Motor dan Cara Bayar via Samsat

Kabrina Rian Ferdiani-

20 Oct 2020

Persyaratan Bayar Pajak Motor dan Cara Bayar via Samsat

Persyaratan bayar pajak motor harus disiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran. Selagi memiliki harga benda, Anda juga memiliki kewajiban untuk membayar pajak sesuai ketentuan. Oleh karena itu, sebagai warganegara yang baik tentunya Anda harus tertib dalam melakukan pajak agar tidak mendapatkan sanksi atau hukuman.

Pajak juga harus Anda bayar apabila memiliki kendaraan bermotor, ada pajak tahunan dan ada pajak lima tahunan. Keduanya sama-sama kewajiban kita sebagai warga negara, tapi tetap saja memiliki perbedaan yang harus Anda pahami. Pajak tahunan merupakan pajak rutin sebesar 1,5% dari harga jual kendaraan. 

Sedangkan, pajak kendaraan bermotor lima tahun sekali akan dilakukan pergantian plat nomor sekaligus memperpanjang STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Namun, keduanya sama-sama memiliki persyaratan bayar pajak motor yang harus dipenuhi agar proses pembayaran bisa berlangsung dengan lancar, tanpa kendala apa pun. 

Metode pembayaran pajak pun sangatlah beragam sehingga Anda bisa memilih sendiri metode pembayaran mana yang paling nyaman, mudah dan cepat. Salah satunya adalah melalui Samsat, baik aplikasi maupun datang langsung ke kantor. Persyaratan bayar pajak motor pun tetap sama, hanya saja metode pembayarannya berbeda.


Baca juga: Persyaratan Bayar Pajak Motor dan Cara Bayar via Smartphone


Syarat Pembayaran PKB

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika di sini Anda mengenal ada dua jenis pembayaran PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor, yaitu tahunan dan lima tahunan. Keduanya memiliki pengertian yang berbeda sehingga persyaratan bayar pajak motor pun juga berbeda, jadi jangan sampai salah informasi.

Meski begitu, ada beberapa persyaratan yang memang sama karena merupakan surat-surat penting dalam melakukan pembayaran pajak motor, yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari pemilik asli kendaraan dan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK). Anda harus menyiapkan surat asli sekaligus fotocopy-nya beberapa lembar saja. 

Selain itu, persyaratan bayar pajak motor tahunan yang harus dibawa adalah sejumlah nominal pajak. Berdasarkan perhitungan, nominal pajak yang harus Anda bayarkan adalah 1,5% dari harga jual kendaraan bermotor. Jika bingung bagaimana menghitungnya, cukup bawa nominal sama dengan pajak tahun kemarin atau bisa dilebihkan.

Namun, jika Anda ingin melakukan pembayaran pajak lima tahunan, maka persyaratan yang harus dibawa lebih lengkap. Jangan lupa untuk membawa Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), baik asli maupun fotocopy karena nantinya petugas juga akan meminta syarat tersebut untuk pembayaran pajak lima tahunan.

Persyaratan bayar pajak motor lima tahunan selanjutnya adalah menyerahkan formulir pembayaran pajak yang sudah terisi. Sebelum menyerahkannya, pastikan bahwa semua data dan informasi di dalamnya sudah sesuai dengan surat-surat tersebut. Baru kemudian, petugas akan melanjutkan proses pengecekan kendaraan dan proses selanjutnya. 


Pembayaran Melalui e-Samsat

Kecanggihan teknologi yang ada membuat Anda bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan lebih mudah dan cepat. Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke kantor samsat, penuhi saja persyaratan bayar pajak motor secara online, maka proses pembayaran pun bisa dilakukan melalui e-samsat.

Untuk memudahkan masyarakat dalam pembuatan, Samsat pun mengembangkan pelayanannya menjadi berbasis online. Caranya pun sangat mudah karena Anda tinggal masuk ke portal http://samsat-pkb.jakarta.go.id/cek-ranmor+pajak-dki. Link tersebut diperuntukkan bagi Anda yang tinggal di Jakarta sehingga harus disesuaikan dengan masing-masing tempat tinggal Anda.

Meskipun berbeda daerah, tapi fitur dari pembayaran online tersebut sama sehingga Anda bisa mengikuti langkah ini. Konversi Nopol kemudian menghasilkan kode pembayaran yang nantinya akan digunakan saat pembayaran melalui ATM. Jangan lupa untuk memenuhi persyaratan bayar pajak motor terlebih dahulu agar tidak kebingungan saat membayar. 

Apabila proses transaksi selesai akan keluar struk pembayaran PKB dan simpanlah bukti tersebut baik-baik karena siapa tahu dibutuhkan di kemudian hari. Pembayaran melalui e-smart membuat Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke lokasi samsat karena pembayaran bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. 

Asalkan persyaratan bayar pajak motor sudah lengkap, maka semua proses pembayaran akan selesai dengan mudah dan cepat maka tidak ada kata terlambat untuk melakukan pembayaran karena bisa dilakukan di mana saja. Namun, Anda harus memastikan lagi bagaimana pembayaran online di masing-masing daerah.

 

Pembayaran Langsung Datang ke Samsat

Beberapa orang mungkin merasa kurang puas apabila tidak melakukan pembayaran secara langsung di kantor samsat. Selain itu, tidak semua orang mengerti bagaimana cara membayar secara online sehingga cara konvensional ini dirasa lebih tepat. Anda tinggal memenuhi persyaratan bayar pajak motor terlebih dahulu. 

Setiap daerah memiliki kantor samsatnya masing-masing sehingga cari tahu info mengenai lokasinya agar tidak salah jalan. Setelah sampai di lokasi, masuklah ke bagian pembayaran pajak kendaraan bermotor. Ambil formulir dari loket petugas kemudian isikan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, setelah itu langsung kumpulkan ke petugas. 

Apabila sudah selesai mengisi formulir, serahkan formulir beserta dokumen persyaratan bayar pajak motor kepada petugas. Tunggu antrean sebentar karena petugas akan mengeceknya sesuai dengan nomor antrean. Apabila sudah gilirannya, Anda akan dipanggil oleh petugas untuk melakukan proses pembayaran.

Petugas akan memberitahu berapa nominal yang harus dibayarkan kemudian serahkan sejumlah uang sesuai dengan nominal yang diminta. Apabila proses pembayaran sudah selesai, petugas akan mengembalikan surat-surat tersebut. Pastikan Anda mengecek kelengkapan dan kebenaran surat-surat tersebut agar tidak tertukar dengan orang lain. 

Melakukan pembayaran pajak memang menjadi kewajiban bagi kita warga negara yang baik, tapi beberapa orang mungkin mengalami kesulitan. Untuk itu, Anda bisa melakukan investasi berupa P2P Lending karena untungnya cukup menjanjikan dan bisa digunakan untuk membayar pajak sebagai persyaratan bayar pajak motor.


Baca juga: Inilah 5 Persyaratan Bayar Pajak Motor untuk 5 Tahun

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru