Finansial

Persyaratan Bayar Pajak Motor dan Cara Bayar via Smartphone

Kabrina Rian Ferdiani-

13 Oct 2020

Persyaratan Bayar Pajak Motor dan Cara Bayar via Smartphone

Persyaratan bayar pajak motor harus dipersiapkan terlebih dahulu agar nantinya tidak kesulitan dalam melakukan pembayaran pajak. Setiap kepemilikan harta benda Anda akan dikenakan pajak dengan nominal yang berbeda-beda sesuai dengan harga jual barang tersebut sehingga Anda harus tertib pajak sebagai warga negara yang baik. 

Perlu diketahui jika pembayaran pajak dilakukan dalam dua kurun waktu, yaitu sekali setahun dan sekali dalam lima tahun. Keduanya memiliki pengertian dan syarat yang berbeda sehingga Anda harus menyimak ulasan berikut ini sampai selesai untuk memahaminya agar nantinya Anda tidak kebingungan saat mencari persyaratan bayar pajak motor.

Apalagi dengan berbagai metode pembayaran yang mulai disediakan sehingga Anda sebagai masyarakat pun dipermudah dalam melakukan pembayaran. Dengan adanya layanan online membuat Anda tidak perlu datang lagi ke kantor untuk melakukan pembayaran dan penjelasan lebih lengkapnya ada di bawah ini. 


Baca juga: 5 Tanda Anda Memiliki Masalah dalam Pengeluaran


Syarat Pembayaran PKB Tahunan

Pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan merupakan pembayaran rutin yang harus Anda lakukan setiap tahun di bulan di mana motor tersebut dikeluarkan. Umumnya, nominal pajak yang harus dibayarkan adalah 1,5% dari harga jual kendaraan jadi Anda bisa memperkirakan sendiri berapa nominal sebagai persyaratan bayar pajak motor.

Sebelum melakukan pembayaran, pastikan bahwa Anda telah mempersiapkan persyaratan bayar pajak motor agar prosesnya bisa cepat selesai karena tidak ada persyaratan yang kurang. Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik kendaraan bermotor yang asli menjadi syarat utama yang tidak boleh dilupakan, jangan lupa juga fotocopy-nya. 

Setelah itu, ada Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) sebagai bukti kepemilikan motor. Anda juga harus membawa STNK yang asli beserta fotocopy-nya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mempersiapkan persyaratan bayar pajak motor ini dari rumah agar tidak kebingungan mencari tempat fotocopy di sekitar pembayaran. 

Jangan lupa untuk membawa sejumlah uang secukupnya setelah semua persiapan selesai dilakukan. Jika Anda membayarnya tepat waktu maka tidak perlu menyiapkan uang tambahan, tapi jika pembayaran telah melebihi waktu yang seharusnya, maka Anda harus menyiapkan uang tambahan untuk membayar dendanya juga. 


Syarat Pembayaran PKB Lima Tahunan

Berbeda dengan pembayaran PKB tahunan, untuk jenis ini Anda hanya perlu mengurusnya lima tahu sekali. Proses ini sering dinamakan sebagai perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) karena memang tahun yang tertera di plat motor akan diganti sekaligus diperpanjang lima tahun ke depan.

Persyaratan bayar pajak motor untuk lima tahunan hampir sama dengan tahunan, di mana Anda harus menyertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari pemilik asli kendaraan motor tersebut beserta STNK, baik surat asli maupun fotocopy-nya. Tidak perlu fotocopy banyak-banyak, cukup satu atau dua lembar saja.

Pastikan juga Anda membawa Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) sebagai persyaratan bayar pajak motor yang harus terpenuhi. Surat penting ini juga harus dibawa dalam bentuk asli dan juga fotocopy-nya. Persiapkan semua berkas tersebut dalam satu tempat agar tidak tercecer dan lebih mudah saat mengambilnya. 

Persyaratan bayar pajak motor selanjutnya adalah formulir pembayaran PKB yang tersedia di meja loket. Isi formulir tersebut dengan data dan informasi yang jelas, pastikan terlebih dahulu kebenaran data sebelum akhirnya mengumpulkannya ke petugas. Untuk lebih mudahnya, Anda harus membawa bolpoin sendiri dari rumah. 


Pembayaran Pajak via Internet

Smartphone menjadi perangkat paling praktis dalam melakukan pembayaran karena tempat dan waktunya lebih fleksibel dibanding datang langsung ke lokasi. Jadi cocok bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang lebih untuk membayar pajak langsung ke kantor samsat. Tapi, Anda juga harus memastikan bahwa semua persyaratan bayar pajak motor lengkap.

Baru setelah itu, Anda bisa melakukan pembayaran via smartphone. Pertama, kunjungi portal samsat di daerah masing-masing melalui smartphone. Kemudian masukkan kode di dalam kotak yang sudah disediakan. Setelah itu, Anda akan mendapatkan konversi Nopol yang nantinya digunakan saat melakukan pembayaran melalui mesin ATM.

Apabila persyaratan bayar pajak motor sudah lengkap, maka proses pembayaran bisa berlangsung dengan lancar tanpa kendala. Jika transaksi sudah berhasil, Anda akan mendapatkan struk pembayaran PKB. Jangan langsung membuang struk tersebut, simpanlah karena siapa tahu nantinya Anda membutuhkan bukti pembayaran tersebut. 

Pembayaran melalui smartphone memang memiliki persyaratan bayar pajak motor yang lebih mudah. Anda hanya perlu nomor kendaraan yang ada di STNK, maka pembayaran pun sudah bisa dilakukan. Pastikan juga bahwa nominal di ATM mencukupi untuk membayar nominal pajak kendaraan bermotor Anda. 


Pembayaran Pajak via SMS

Bagi Anda yang tidak memiliki smartphone, pembayaran pun bisa dilakukan melalui pesan singkat atau SMS. Kirimkan SMS dengan format “esamsat (nomor chasis kendaraan) (nomor identitas KTP) (email)”, kemudian kirimkan format tersebut ke nomor 08112119211 dan Anda akan mendapatkan balasan apabila berhasil.

Sebelumnya, pastikan bahwa Anda telah melakukan pengecekan data pada NIK (Nomor Induk Kependudukan) atau KTP (Kartu Tanda Penduduk), pencurian kendaraan bermotor dan blokir di server Polda apabila sudah memenuhi persyaratan bayar pajak motor agar pembayaran bisa dilakukan tanpa kendala apa pun. 

Apabila semua data yang dikirimkan sudah benar, Anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi kode bayar, data kendaraan untuk melakukan pengecekan kembali dengan persyaratan untuk bayar pajak motor dan ada juga informasi tentang jumlah tagihan yang harus dibayarkan sehingga Anda bisa segera melakukan pembayaran pajak ATM.

Pembayaran pajak kendaraan sekarang bisa dilakukan melalui berbagai cara, namun Anda harus menyiapkan sejumlah nominal untuk membayarnya. Jika Anda masih kesulitan untuk membayar, P2P Lending bisa menjadi ladang untuk mendapatkan uang mudah. Dengan begitu, persyaratan bayar pajak motor yang terpenuhi bisa langsung dibayarkan. 


Baca juga: Tips Menabung Mudah yang Tak Lekang oleh Waktu

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru