Finansial

Gaya Hidup

Nikah Muda? Tidak Masalah, Tapi Pertimbangkan Hal ini Dulu, Yuk

Kabrina Rian Ferdiani-

30 Jul 2020

Nikah Muda? Tidak Masalah, Tapi Pertimbangkan Hal ini Dulu, Yuk

Belakangan ini, menikah muda seolah sedang menjadi tren. Banyak pasangan yang memilih untuk melakukannya sekadar ikut-ikutan, tetapi tidak jarang juga atas alasan lainnya. Namun, kamu tahu tidak sih kalau menikah di usia muda sebenarnya memerlukan lebih banyak pertimbangan?


Baca juga: Financial Checking Bersama Pasangan Sebelum Menikah


Berbagai Pertimbangan dalam Menikah Muda

Pemerintah resmi menetapkan minimal usia yang baru untuk pernikahan dengan legalitas negara. Calon pasangan pengantin harus berusia setidaknya 19 tahun untuk mendapatkan akta nikah resmi. Meskipun sudah meningkat dibandingkan peraturan sebelumnya, namun batas umur ini dirasa masih sangat muda sehingga tidak sedikit yang perlu dipikirkan dan direncanakan.

Pertimbangan apa saja sih yang perlu kamu pikirkan jika ingin menikah pada usia yang relatif cukup muda?

Kematangan Emosional

Usia memang tidak selalu menentukan kedewasaan psikologis dan emosional seseorang, tapi tetap memiliki pengaruh – terutama soal stabilitas jangka panjang dalam dua poin tersebut. Pasangan di bawah 19 tahun masih memiliki ego kuat yang mudah memancing amarah. Jika tidak terkendali, pernikahan bisa bertahan hanya sebentar saja.

Kesamaan Tujuan Hidup

Goal atau tujuan hidup juga wajib menjadi pertimbangan jika ingin menikah muda. Apa yang ingin kamu dan pasangan raih bersama? Usia berapa hendak memiliki momongan? Hal-hal semacam itu harus disepahamkan agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Perbedaan pandangan mudah sekali menggoyahkan pernikahan, lho!

Siap dengan Segala Konsekuensi

Kamu tentu tidak mengharapkan pernikahan yang dijalani bertahan dalam waktu sebentar saja, ‘kan? Salah satu poin penting yang harus kamu pertimbangkan ketika hendak melangkah ke pernikahan pada usia yang relatif muda yaitu siap dengan segala konsekuensi yang ada. Jadi, tidak akan ada penyesalan yang membuat kapal tersebut karam.

Kesiapan Finansial

Pertimbangan lain yang tidak kalah penting terkait dengan kesiapan finansial. Konsep ‘menikah saja dulu, susah bersama, sukses sama-sama’ bukan sesuatu yang mudah dijalani. Lebih baik, kamu dan pasangan sama-sama mapan dalam keuangan terlebih dulu sebelum menikah. Lagi pula, sekarang kesuksesan finansial bukan pencapaian yang bergantung pada usia, ‘kan?


Persiapan Penting Pernikahan di Usia Muda

Jika berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas kamu sudah siap atau tidak menemukan adanya masalah, selanjutnya masuk ke tahap persiapan. Menikah bukan sekadar mengurus dokumen dan mengucap janji suci di hadapan Tuhan, lho. Persiapan juga penting dalam melanggengkan sebuah perkawinan. Apa saja langkah-langkahnya?

Mendiskusikan Masa Depan dan Menyusun Rencana Bersama

Berdiskusi merupakan langkah yang wajib kamu tempuh bersama pasangan sebelum memutuskan untuk melangsungkan pernikahan. Pembicaraan terkait masa depan dalam pernikahan serta rencana-rencana yang hendak direalisasikan harus dibahas sedetail mungkin. Pemahaman masing-masing harus diselaraskan guna meminimalisir pertengkaran.

Mempersiapkan Kemandirian Finansial Bersama

Menikah muda sekadar untuk ‘sah’ tapi tidak mandiri sedikitpun dari segi keuangan? Hal ini jelas akan menimbulkan guncangan serius untuk bahtera pernikahan yang kamu jalani. Jadi, kemandirian serta kemapanan dalam hal finansial merupakan persiapan wajib. Banyak cara yang bisa kamu lakukan bersama pasangan untuk dapat meraih hal tersebut :

Sama-Sama Bekerja

Kamu dan pasanganmu harus sama-sama sudah bekerja dengan penghasilan yang dapat mencukupi kebutuhan primer, sekunder, hingga pengeluaran darurat berdua. Ini kunci utama karena dengan memiliki pendapatan yang cukup melalui pekerjaan bisa menjamin stabilitas finansialmu dalam pernikahan sehingga tidak bergantung pada pihak lain.

Menanggung Kebutuhan Hidup Berdua 

Dalam pernikahan, suami istri sama-sama bekerja namun tidak ingin menanggung kebutuhan bersama juga akan membuat kesulitan finansial bagi salah satu atau kedua belah pihak. Jadi, untuk mencapai kemandirian finansial bagi pasangan, maka berbagi beban untuk segala macam kebutuhan merupakan hal yang wajib dilakukan.

Investasi Bersama

Membuat rincian pemasukan dan pengeluaran hingga menanggungnya berdua belum cukup, lho! Kamu dan pasangan juga wajib berinvestasi bersama. Melakukannya dapat menambah penghasilan secara signifikan, melalui profit yang diperoleh. Manfaat dari investasi tidak terbatas, mulai dari jangka pendek hingga jangka panjang.


Tips Investasi Bagi Pasangan yang Menikah Muda

Tidak dapat dimungkiri bahwa investasi acap menjadi urutan terakhir dalam perencanaan finansial pasangan suami istri. Khususnya, bagi pasangan muda yang masih memiliki hasrat untuk menyenangkan diri dengan membelanjakan penghasilan atas jerih payah mereka secara tidak bijak. Padahal, sedini mungkin investasi dimulai, semakin besar manfaat yang didapat.

Buat kamu yang memiliki rencana untuk menikah muda tetapi ingin mapan secara finansial, investasi merupakan keharusan. Seperti apa sih tips berinvestasi yang cocok untuk pasutri milenial sepertimu?

  • Memilih vendor investasi berupa financial technology (fintech) yang segala prosesnya dapat dilakukan secara daring.
  • Memastikan perusahaan investasi memiliki izin usaha yang legal dan terdaftar sebagai anggota OJK selaku otoritas pengawas transaksi keuangan.
  • Memilih objek yang menawarkan modal kecil namun memiliki alur profit stabil dan tidak mudah terpengaruh oleh situasi politik maupun moneter.


IndoGold, Investasi Emas Terbaik untuk Milenial

Bingung mencari ataupun memilah objek berikut vendor investasi mengingat semakin menjamurnya pilihan? Kamu tidak perlu pusing, karena IndoGold melalui program investasi emas menjadi opsi terbaik. IndoGold menawarkan objek investasi yang pasti familier untuk kamu, yaitu logam mulia emas.

Jangan dulu berpikir IndoGold tidak ubahnya dengan vendor investasi emas lainnya, karena ada perbedaan atau tepatnya keistimewaan yang ditawarkan :

  1. Investasi dapat dimulai dengan Rp500,- saja yang langsung dikonversikan sesuai harga emas saat itu untuk disimpan layaknya tabungan bagi nasabah.
  2. Tabungan emas yang dimiliki bisa ditambahkan secara berkala maupun dijual sedikit demi sedikit.
  3. Emas bisa ditarik dan dikirimkan ke alamat nasabah menggunakan asuransi keamanan agar tiba dengan selamat.
  4. Tabungan logam mulia yang dimiliki bisa digadaikan pada pihak IndoGold dengan tetap tercatat hak milik nasabah.

Kamu setuju bukan kalau IndoGold memang vendor investasi emas terbaik bagi pasangan yang hendak menikah muda? Sebuah investasi berbentuk simpanan yang ringan dan dapat menjadi dana darurat maupun diandalkan untuk jangka panjang.


Baca juga: Pilihan Investasi Jangka Panjang yang Tepat untuk Hari Tua

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru