Finansial

Pilihan Investasi Jangka Panjang yang Tepat untuk Hari Tua

Kabrina Rian Ferdiani-

29 Jul 2020

Pilihan Investasi Jangka Panjang yang Tepat untuk Hari Tua

Investasi jangka panjang rupanya adalah hal yang terbilang cukup penting untuk kehidupan Anda. Terlebih, Anda sendiri tidak dapat meramalkan kejadian di masa mendatang. Tentu Anda perlu menyiapkan berbagai hal, termasuk dana-dana yang dapat Anda gunakan untuk hal-hal tidak terduga. 

Selain itu, Anda juga dapat menambah keuntungan dari harta yang Anda investasikan. Investasi sendiri terbagi menjadi dua, yaitu investasi jangka pendek dan juga investasi jangka panjang. Pada umumnya, lebih dari 5 tahun menjadi kurun waktu dalam melakukan investasi dengan jangka panjang. 

Investasi ini sering dipilih oleh para investor yang ingin nilai uangnya selalu mengalami kenaikan secara terus menerus sehingga akan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Namun, sebelum melakukan investasi jangka panjang, ada baiknya Anda untuk mengenali dan memahami jenis-jenis investasi berjangka panjang yang dapat Anda pilih. 

Dengan mengenal dan memahami jenis-jenis investasi tersebut, Anda akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tentunya, Anda sebagai investor wajib berhati-hati karena di setiap jalan ada risiko yang mengintai.


Baca juga: Tips Pengembangan Dana Investasi Online yang Wajib Anda Ketahui


Memilih Emas untuk Pilihan dalam Melakukan Investasi

Semua orang dan termasuk juga Anda, tampaknya sudah tahu betul dengan barang berkilauan yang indah dan juga memukau ini, emas. Berinvestasi menggunakan emas sepertinya memang sudah menjadi pilihan banyak orang. 

Memang, rahasia umum yang sudah terbeberkan di berbagai kalangan bahwa emas merupakan pilihan yang tepat untuk menghasilkan investasi yang menguntungkan. Dengan banyaknya klaim yang mengatakan bahwa investasi akan lebih stabil dari nilai mata uang, emas menjadi instrumen pilihan yang tepat dalam investasi jangka panjang

Selain menguntungkan, investasinya ini pun tergolong mudah, Anda hanya perlu membelinya dan menyimpannya dengan baik di rumah. Namun, jangan sampai Anda membeli emas palsu karena hal ini bukannya akan menguntungkan, tetapi justru akan merugikan.


Permainan Saham Bluechip yang Memberi Keuntungan Besar

Apa Anda tahu apa itu saham? Dalam suatu perusahaan atau perseroan, saham ini berfungsi sebagai bukti kepemilikan atau penyertaan bersifat terbatas. Jelas, saham sendiri masuk dalam salah satu jenis investasi jangka panjang yang perlu diperhitungkan. 

Anda akan memiliki sebuah perusahaan sendiri jika memiliki sebuah saham, walaupun kepemilikannya hanya sebesar 0.00000001%. Ketika Anda memilih saham sebagai sebuah jalan untuk investasi jangka panjang, Anda tentu berhak untuk mendapatkan pembagian laba atau dividen dari perusahaan yang Anda miliki setiap tahunnya. 

Sungguh menggiurkan, bukan? Dengan angka kapitalisasi besar hingga angka Rp 40 triliun menunjukkan bahwa saham bluechip sedang sangat diminati sehingga Anda pun juga bisa menjadikannya pilihan. Tetapi, ketika Anda melakukan investasi jangka panjang dengan saham, perlu dipahami bahwa saham tentunya memiliki tingkat fluktuatif yang cukup agresif.

Artinya risiko yang akan dialami juga tinggi. Namun tidak perlu khawatir, saham sendiri memberikan return yang pastinya besar. Jangan lupa untuk pahami analisis fundamental dan teknik sebelum terjun dalam saham.


Berburu Investasi Properti atau Pilih Saham Reksa Dana

Memiliki sebidang tanah atau sebuah bangunan di suatu wilayah tertentu? Selamat, Anda memiliki sebuah properti yang dapat Anda jadikan sebagai sebuah jalan untuk melakukan investasi jangka panjang. Saat ini, investasi properti banyak dilakukan oleh para investor. 

Jelas, instrumen yang satu ini memang sudah terbukti keuntungannya di masa yang akan datang. Hal tersebut dapat terjadi karena harga tanah beserta bangunan akan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Jika dicermati lebih dalam, rata-rata kenaikan nilai atau harga dari sebuah properti yaitu sebesar 20% setiap tahunnya. 

Memang investasi ini membutuhkan modal yang cukup besar, namun jika dilakukan, return yang diperoleh pun juga akan bernilai besar. Selanjutnya, ada instrumen yang cukup populer di berbagai kalangan, khususnya kalangan millenials. Reksa dana, merupakan instrumen yang dapat Anda pilih sesuai dengan tujuan keuangan yang Anda miliki masing-masing. 

Reksa dana jelas menjadi salah satu jalan untuk investasi jangka panjang, ada 4 jenis reksa dana, salah satunya ialah reksa dana saham. Sama halnya dengan investasi saham pada umumnya, namun bedanya ialah ketika proses Anda berinvestasi.

Pada prosesnya Anda akan dibantu oleh seorang Manajer Investasi atau disingkat MI dalam memilih produk saham terbaik untuk investasi Anda. Tentu hal ini akan menjadi keunggulan, terutama bagi para pemula yang baru terjun dalam dunia investasi saham.

Ketika Anda sudah mulai mahir “bermain” dengan instrumen investasi jangka panjang yang satu ini, tentu Anda dapat menjalani investasi ini secara mandiri. Dengan catatan, Anda sudah lebih paham dengan cara bermainnya. Perhatikan juga setiap langkah permainan Anda karena reksa dana saham sendiri sama dengan saham lainnya yang memiliki sifat risk high return.


Tabungan Aman yang Berjangka, Tidak Dapat Dicairkan Setiap Saat

Selanjutnya, instrumen lainnya yang dapat Anda pilih untuk melakukan investasi jangka panjang ialah tabungan berjangka. Memang mungkin terdengar asing karena instrumen yang satu ini tidak sepopuler instrumen lainnya. Namun, tabungan berjangka sendiri menawarkan keuntungan yang menggiurkan dan juga amat menggoda.

Jika Anda ingin menabung dengan jenis ini maka Anda harus menabung secara rutin dengan jangka waktu yang sudah disepakati sebelumnya. Namun, tentunya dengan catatan tidak dapat mencairkannya sembarang waktu, hanya pada tempo-tempo yang sudah ditentukan di awal. 

Tetapi jangan khawatir, bunga yang dimiliki oleh tabungan berjangka tentu akan lebih tinggi dari tabungan biasa pada umumnya. Dengan memahami dan mengenali jenis-jenis investasi, Anda akan dengan mudah memilih instrumen untuk melakukan investasi yang sesuai dengan kemampuan dan tujuan keuangan Anda. 

Dengan mengenali secara dalam, akan meminimalisasi kerugian atau risiko yang dapat muncul pada saat Anda melakukan investasi. Bagaimana, Anda sudah menentukan pilihan untuk investasi jangka panjang secara matang dan sukses?


Baca juga: Investasi yang Menguntungkan dan Aman untuk Diikuti

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru