Bisnis

Finansial

Pinjaman Online Bunga Kecil tanpa Kartu Kredit

Kabrina Rian Ferdiani-

10 Feb 2021

Pinjaman Online Bunga Kecil tanpa Kartu Kredit

Bagi penikmat pinjaman online bunga kecil, sebaiknya Anda harus lebih jeli dalam memanfaatkan layanan tersebut. Jangan sampai terbuai dengan suku bunganya hingga membuat Anda lupa soal kebutuhannya selama ini. Karena terkadang seseorang ketika sudah mendapatkan pinjaman dengan mudah, mereka lupa dengan tujuan awalnya.

Akibatnya bukannya mendapat manfaat, namun mereka justru lebih sering menumpuk hutang banyak hingga akhirnya berakibat fatal terhadap kondisi finansialnya. Hal yang sama juga terjadi pada penikmat credit card. Biasanya orang-orang sering menggunakannya tanpa batas karena bunganya kecil sehingga memperburuk keuangannya.


Baca juga: Pendanaan Modal Invoice dan Anjak Piutang dalam Bisnis


Pentingnya Memperhatikan Sistem Kredit dan Kredibilitas Pinjol

Memperhatikan kredibilitas dan sistem kredit yang ditawarkan oleh pihak layanan pinjaman online bunga kecil itu sangat penting sekali. Jangan pernah tergiur dengan apa yang disampaikan dan fasilitasnya karena bebas agunan, maka tentunya ada beberapa hal penting harus diperhatikan disini.

Dilihat dari segi kemudahannya dalam menawarkan bantuan dana segar, otomatis itu bisa mempengaruhi kredibilitas dan sistem kreditnya. Anda harus memperhatikan dengan baik bagaimana riwayat pemberi pinjaman tersebut secara online. Setidaknya hanya gunakan layanan yang sudah mengantongi izin resmi OJK.

Hal tersebut penting sekali, meski Anda sedang membutuhkan dana mendadak dari pinjaman online bunga kecil, namun jangan pernah mengabaikan soal kredibilitasnya. Bahkan tidak hanya harus memperhatikan informasi soal perizinannya saja, namun pastikan informasi perusahaannya jelas.

Anda harus mengecek bagaimana kontak informasi yang disediakan pada web resmi layanan pinjol tersebut. Sehingga ketika ada masalah, hal tersebut memudahkan nasabah mengajukan komplain atau sekedar ingin tanya-tanya soal pinjamannya sebelumnya. Setidaknya cara ini akan sangat membantu nasabah untuk menyelesaikan masalah apa saja berkaitan layanannya.

Disamping itu jangan lupa cek sistem kreditnya juga. Pastikan alur dan peraturannya juga jelas dari awal. Anda harus melihat prosedurnya dulu sebelum mengajukan pinjaman online bunga kecil di tempat tersebut untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman antara pihak kreditur dengan nasabah.

Karena umumnya ada beberapa pihak nasabah mengalami kesalahpahaman ketika mereka mengajukan pinjaman secara online. Mengingat prosesnya dilakukan melalui internet, maka setidaknya cek dulu web resminya, kemudian isi formulirnya serta berkas yang dibutuhkan, dan tunggu prosesnya sampai dinyatakan berhasil atau disetujui dari pihak bersangkutan.


Baca juga: Pinjaman Modal Online dengan Proses yang Cepat


Faktor yang Mempengaruhi Pinjaman Online Bunga Kecil

Besaran suku bunga yang dibebankan masing-masing kreditur biasanya dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah tergantung dari tenornya. Biasanya bila tenor yang diambil semakin lama, otomatis itu akan membuat suku bunganya lebih membengkak dibandingkan saat Anda mengambil masa yang sebentar saja.

Bahkan terkadang ada beberapa pihak pemberi pinjaman online bunga kecil yang menawarkan fasilitas angsuran sebesar 0% saja. Jadi pastikan Anda lebih pandai memilih layanan tersebut karena umumnya pemberi pinjaman tersebut memiliki ketetapan bunga berbeda. Namun umumnya masing-masing perusahaan menetapkan batasan bunga yang wajar.

Karena saat ini semuanya sudah diatur oleh OJK sehingga semuanya lebih aman dan tidak memberatkan konsumen. Itulah sebabnya mengecek kevalidan dan kredibilitas sebuah perusahaan layanan pinjol lewat web OJK itu penting karena bisa mempengaruhi suku bunganya juga.

Bila perlu cobalah menggunakan aplikasi pinjaman online bunga kecil untuk mengajukan permohonannya selain memakai situs resminya. Cara untuk melakukannya lebih praktis karena aplikasinya bisa diunduh langsung. Untuk proses selanjutnya bisa dilakukan seperti biasa, yaitu hanya perlu melakukan pendaftaran dulu supaya mendapat akun.

Setelah itu, segera login menggunakan akun tersebut dan penuhi semua persyaratan yang dibutuhkan. Bila sudah diterima dan dianggap valid, maka disitulah Anda bisa memilih sendiri tenor serta nilai kredit sesuai kebutuhan. Hanya saja untuk cara ini umumnya dipengaruhi oleh jangkauan wilayah masing-masing pemberi layanan.

Jadi tidak semua pemberi pinjaman online bunga kecil tersebut selalu menerima semua konsumen. Karena masih terbatas jadi terkadang hanya menerima beberapa nasabah saja dan belum begitu bebas mengajukan hutang. Disamping itu hal lain yang mempengaruhi suku bunganya adalah denda dan biaya administrasinya.


Baca juga: Memulai Bisnis Online, Kenali 5 Tantangan yang Harus Dihadapi


Cara Menikmati Pinjaman Online Bunga Kecil

Supaya manfaat mendapatkan bantuan dana segar dari platform pinjol benar-benar berguna sesuai kebutuhan dan tujuan awalnya, sebaiknya bersikaplah hemat sampai semua tagihannya lunas. Jangan gelap mata dulu saat melihat ada barang-barang branded yang bisa dibeli menggunakan sistem kredit.

Terlebih bila angsuran Anda masih belum benar-benar lunas setengahnya, maka mengambil angsuran baru hanya akan menimbulkan masalah lagi untuk finansial. Akan lebih baik gunakan uang tersebut untuk hal-hal yang lebih berguna dengan cara memikirkan fungsinya.

Memperhatikan fungsi uang pinjaman online bunga kecil ini akan membantu Anda lebih kontrol diri dalam menggunakannya. Anda harus selalu ingat bahwa memiliki hutang itu artinya beban pengeluaran setiap bulan bertambah. Sehingga tanggung jawabnya juga semakin berat karena harus membayar angsurannya sampai lunas.

Bila tujuan awalnya hanya untuk memenuhi keinginan saja, sebaiknya jangan berhutang dulu meski bunganya kecil. Dengan cara diet pemakaian uang ketat itu akan membantu Anda memenuhi semua kebutuhan hidup. Namun bila tujuannya untuk modal usaha, maka mengajukan pinjaman online bunga kecil masih bisa direkomendasikan.

Setidaknya dengan mengajukannya untuk modal usaha akan ada uang pemasukan yang bisa digunakan untuk membayar tagihannya setiap bulan. Selain itu perhatikan juga jumlah nilai yang mau Anda ajukan. Jadi setelah menetapkan tujuannya, saatnya menghitung kebutuhannya.

Lakukan perhitungan dengan matang dan terperinci mulai dari tujuan hutang, nilai, dan tingkat kesanggupannya dalam membayar angsurannya. Selain itu, bila pengajuannya diterima, segera catat tenor dan jadwal deadline pembayarannya jangan sampai telat bayar pinjaman online bunga kecil karena bisa mempengaruhi credit score.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru