Bisnis

Finansial

Pinjaman Online Bunga Kecil, Pahami Persyaratannya

Kabrina Rian Ferdiani-

18 Apr 2021

Pinjaman Online Bunga Kecil, Pahami Persyaratannya

Pinjaman online bunga kecil, peluang tersebut tentu saja serasa menggiurkan bagi masyarakat. Apalagi jika memiliki kebutuhan mendesak yang harus diwujudkan, seperti biaya sekolah putra putri, biaya pengobatan dan lain sebagainya.

Meminjam dana secara online memang memberikan kemudahan dikarenakan prosedur verifikasi serta pencairannya tidak membutuhkan waktu lama. Meskipun begitu, Anda tetap harus menyiapkan segala persyaratan dengan baik agar pengajuan pinjaman cepat dicarikan, berikut di antaranya.


Baca juga: Mengelola Suatu Pinjaman Modal Usaha Secara Tepat


Persyaratan Usia dan Data Pribadi Peminjam Dana

Ketika pengajuan pinjaman online bunga kecil, tentu saja Anda harus memahami serta melakukan pengisian informasi pribadi. Hal ini penting agar persyaratan dapat segera dilengkapi dan dana juga cepat dicairkan.

Syarat peminjam online adalah warga negara Indonesia, sehingga pada umumnya perusahaan financial technology tidak menerima pinjaman yang dilakukan oleh warga asing. Maka, pada saat proses pengajuan, tentu saja Anda wajib melampirkan KTP atau nomor KTP.

KTP juga berperan penting sebagai proses verifikasi atau pengecekan data. Hal ini dikarenakan KTP memuat informasi pribadi mengenai alamat tempat tinggal seseorang dengan sangat jelas.

Pengajuan pinjaman online bunga kecil juga membutuhkan persyaratan usia. Hal ini dikarenakan usia bisa menunjukkan tingkat produktivitas seseorang dalam bekerja atau apakah termasuk dalam kelompok angkatan kerja.

Jika yang meminjam dana masih bersekolah, tentu saja potensi mendapatkan penghasilan sangat kecil. Oleh karena itu, rata-rata perusahaan finansial technology menetapkan usia peminjam dana rata-rata adalah mulai dari 18 atau 21 tahun.

Usia 18 atau 21 tahun tersebut pada umumnya seseorang sudah lulus kuliah dan mempunyai penghasilan sendiri. Hal tersebut bisa menjadi jaminan bahwa seseorang mampu melunasi seluruh pinjaman maupun bunganya.

Ketika mengajukan pinjaman online bunga kecil, Anda juga wajib mengisi informasi pribadi di sistem perusahaan pemberi pinjaman. Data pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon, pekerjaan hingga alamat sesuai KTP maupun domisili.

Data pribadi tersebut digunakan untuk mengecek apakah seseorang dengan pekerjaan yang dimiliki layak mendapatkan pinjaman. Data pribadi tersebut juga sangat berperan penting dalam proses penagihan jika suatu saat terjadi kasus keterlambatan pembayaran.

Data pribadi sebaiknya juga ditulis dengan benar sesuai kenyataan atau tidak melakukan rekayasa. Hal ini penting agar tidak terjadi masalah di kemudian hari yang merugikan Anda sendiri sebagai pihak peminjam dana.


Persyaratan Jumlah dan Bukti Penghasilan agar Pinjaman Online Bunga Kecil Disetujui

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman online bunga kecil, syarat yang harus diperhatikan adalah terkait dengan jumlah dan bukti penghasilan. Kedua hal tersebut semakin memperkuat perusahaan bahwa Anda memang benar-benar mampu melunasi nilai pokok hutang serta bunga.

Jumlah penghasilan yang menjadi syarat ketika meminjam dana secara online adalah mempunyai pendapatan standar UMR atau Upah Minimum Regional suatu daerah. Apalagi jika Anda memiliki penghasilan di atas UMR, tentu proses meminjam dana sangat berpotensi mudah disetujui.

Jumlah penghasilan dibuktikan dengan slip gaji, maka dari itu sangat penting menyiapkan segala persyaratan sejak awal. Adanya bukti berupa slip gaji juga mencegah seseorang melakukan rekayasa atau manipulasi data.

Perusahaan yang memberikan pinjaman online bunga kecil pada umumnya meminta bukti penghasilan berupa slip gaji selama satu bulan terakhir. Berbeda halnya dengan meminjam dana di bank yang meminta slip gaji selama tiga bulan terakhir maupun mutasi rekening.

Jumlah dan bukti penghasilan memang menjadi instrumen sangat penting untuk menilai seseorang apakah layak mendapatkan pinjaman dana. Selain itu juga menjadi ukuran perusahaan memberikan besar pinjaman dana.

Maka dari itu, sebelum melakukan pinjaman online bunga kecil, Anda juga wajib mengukur kemampuan finansial apakah mampu membayar pinjaman serta bunganya. Jika memang tidak sanggup dan berpotensi terlambat melaksanakan kewajiban, sebaiknya memikirkan ulang sebelum pengajuan.

Apalagi syarat yang ditetapkan oleh perusahaan finansial technology juga tidak main-main. Artinya Anda tidak dapat memanipulasi mengenai jumlah dan bukti penghasilan, jika hal tersebut terjadi, tentu saja kerugian di pihak peminjam.


Baca juga: Tips Perencanaan Keuangan Bagi Anda yang Bergaji UMK


Persyaratan NPWP dan Bank untuk Proses Pencairan

Saat Anda mengajukan pinjaman online bunga kecil, tentu saja wajib menyiapkan NPWP dan nomor rekening bank untuk proses pencairan. Kedua data tersebut sangat penting agar pengajuan Anda juga dapat segera disetujui.

NPWP juga menjadi proses verifikasi dan pengecekan apakah penerima pinjaman memang layak mendapatkan dana. Tidak hanya itu, pihak peminjam dana juga harus mempunyai nomor rekening bank untuk proses pencairan. 

Nomor rekening bank pada umumnya mensyaratkan harus sesuai dengan nama Anda di KTP. Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki nomor rekening pribadi sehingga memudahkan segala proses pengajuan dana.

Jika belum memiliki NPWP untuk pengajuan pinjaman online bunga kecil, Anda sebaiknya mengurus pembuatan NPWP terlebih dahulu. Agar saat berniat mengajukan pinjaman dana, segala persyaratan yang dibutuhkan memang sudah disiapkan sehingga proses pencairan berlangsung cepat.

Selain persyaratan terkait dengan NPWP maupun nomor rekening bank, Anda juga harus memahami batas jumlah pinjaman. Pada umumnya batas maksimal jumlah pinjaman yang ditawarkan perusahaan financial technology adalah sekitar Rp5.000.000 untuk jangka waktu 15 hingga 30 hari.

Jangka waktu yang diberlakukan juga pendek sehingga bisa membuat peminjam dana untuk segera melunasi pinjaman. Jika terjadi keterlambatan pembayaran, tentu saja Anda harus membayar denda sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Anda harus melengkapi segala persyaratan agar proses pencairan pinjaman berlangsung cepat. Sehingga Anda bisa segera menggunakan dana tersebut untuk berbagai kebutuhan mendesak.

Maka dari itu sangat penting memilih perusahaan financial technology yang tepercaya serta sudah terdaftar di OJK. Agar segala pengajuan pinjaman online bunga kecil benar-benar menguntungkan dan mencegah timbulnya masalah di kemudian hari.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru