Finansial

Bisnis

Jenis Pinjaman Usaha Tanpa Jaminan, Cepat, dan Aman

Kabrina Rian Ferdiani-

23 Feb 2021

Jenis Pinjaman Usaha Tanpa Jaminan, Cepat, dan Aman

Pinjaman usaha tanpa jaminan kini menjadi pilihan serta tren di kalangan pengusaha mengingat peminjam tidak perlu lagi memikirkan aset sebagai agunannya. Bagi seorang pengusaha yang sedang merintis atau mengembangkan bisnis pasti membutuhkan modal banyak, sehingga sulit apabila harus menunggu hingga dana terkumpul semua. 

Namun, kini semua semakin mudah dengan hadirnya pinjaman usaha tanpa jaminan yang dapat dilakukan kapan saja. Bahkan Anda yang sedang butuh dana banyak hari ini dapat langsung mengajukan secara online pada fintech pilihan. Misalkan saja Modal Rakyat dengan beragam keuntungan yang dimiliki.


Baca juga: Ketahuilah Kapan Anda Perlu Mendapatkan Modal Usaha Tambahan


Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang Kini Tengah Menggeliat

Siapa yang tidak mengenal KUR di mana sering disosialisasikan di hampir semua sosial media. KUR menjadi jenis pinjaman usaha tanpa jaminan yang populer serta dianggap bagus guna meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM. Ada beberapa kelebihan yang membuatnya begitu populer seperti ketetapan besaran bunga rendah. 

Bunga memang menjadi pertimbangan tersendiri serta sering kali membuat bimbang peminjam. Terlalu besarnya bunga sering kali dianggap memberatkan sehingga tidak jarang peminjam terlilit hutang hingga sulit membayar. KUR menjadi jawaban bagi orang merasa terbebani dengan bunga tinggi lantaran besarnya hanya sekitar tujuh persen per tahunnya. 

Itu artinya per bulan bunga yang Anda harus bayar tidak lebih dari satu persen. Relatif sangat rendah dibandingkan pinjaman usaha tanpa jaminan lainnya. Sangat cocok bagi Anda pelaku usaha yang berskala kecil menengah di mana butuh dana guna mengembangkan bisnis tanpa harus takut dengan tingginya bunga. 

Hanya saja sangat disayangkan mengingat jumlah nominal pinjaman sangatlah terbatas. Anda tidak dapa meminjam dana dalam jumlah besar lantaran memang pinjaman usaha tanpa jaminan tersebut diperuntukkan bagi kalangan pebisnis kecil menengah. Selain itu, ternyata tidak semua KUR tanpa jaminan, ada beberapa bank tetap memberlakukan agunan. 

Meski begitu, tidak ada salahnya mencoba mengingat pinjaman tersebut sangatlah ringan serta mudah diajukan. Anda hanya butuh mempersiapkan syarat sesuai dengan prosedural berlaku. Dalam waktu tidak terlalu lama dana yang dibutuhkan guna mengembangkan usaha ada dalam genggaman dengan tetap menyetujui kapan serta besarnya pengembalian.


Baca juga:  7 Tips Mencegah Kebangkrutan Bisnis UMKM


Kredit Tanpa Agunan Tidak Kalah Menarik

Kebutuhan akan modal memang sulit terelakkan apalagi usaha belum dikenal publik. Upaya demi memajukan bisnis tentu menjadi prioritas utama yang akan diperjuangkan. Dalam kondisi demikian, alangkah lebih baik jika sebelum mengajukan pinjaman Anda mempertimbangkan terlebih dahulu besaran dana dibutuhkan guna mengurangi risiko tidak diinginkan. 

Jenis pinjaman usaha tanpa jaminan kedua dengan sebutan populer KTA tersebut juga tidak kalah menggiurkan. Anda berkesempatan mengajukan pinjaman modal bisnis tanpa harus menyediakan aset sebagai jaminannya. Bahkan pencairan dana dapat dilakukan dengan cepat asalkan semua syarat terpenuhi. Sangat cocok bagi Anda dengan kebutuhan modal besar. 

Hampir mirip dengan KUR, KTA ini memang cocok bagi peminjam dengan usaha berskala kecil menengah. Hal tersebut memang sesuai dengan tujuannya guna membantu pelaku UMKM mengembangkan bisnisnya. Hanya saja besarnya suku bunga KTA jauh lebih tinggi dibandingkan dengan KUR sekitar 0,1% per harinya. 

Selain itu, batasan nominal dana pinjaman usaha tanpa jaminan terbatas sehingga pelaku usaha dengan bisnis besar tidak masuk kategorinya. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena sistem peminjaman berbasis KTA sudah mendapat izin resmi dari OJK. Sehingga aman bagi Anda yang membutuhkan modal dalam waktu cepat. 

Kini pengajuan pinjaman semakin mudah karena dapat dilakukan secara online. Tentunya melewati sebuah aplikasi resmi dari pihak penyedia. Tanpa harus keluar rumah, selama syarat sudah terpenuhi maka dalam waktu kurang sehari dana tersebut akan cair. Sebuah metode peminjaman efektif bagi semua orang membutuhkan. 

Sekedar saran guna memaksimalkan dana pinjaman usaha tanpa jaminan tersebut sebaiknya pastikan bisnis Anda dalam kondisi sehat serta siap dikembangkan. Jangan sampai hanya sekedar ingin mengembangkan tanpa ada perencanaan. Jelas hal tersebut sangatlah fatal mengingat kemungkinan besar dana tidak dapat dialokasikan secara tepat sasaran. 


Baca juga: Mengenal Kredit Tanpa Agunan (KTA)


Pinjaman dari P2P Lending Terpercaya 

Dulu sangat familiar sekali di mana seorang peminjam wajib menyertakan beberapa aset sebagai jaminannya. Aset tersebut menjadi semacam pengaman bagi pemberi jaminan. Memang dari sini dapat terlihat bagaimana rasa ketidakpercayaan belum terbangun di antara kedua pihak. Meski begitu, hal tersebut wajar mengingat belum adanya aturan mengikat. 

Mendapat suntikan dana dari pinjaman usaha tanpa jaminan P2P lending kini menjadi pilihan utama. Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya keuntungan didalamnya salah satunya proses pencairan cepat bunga ringan. Proses pinjam-meminjam dilakukan di fintech tersebut memungkinkan Anda memperoleh dana dalam jumlah besar. 

Keuntungan lainnya adalah pihak fintech tidak mengkhususkan harus dari pengusaha besar atau kecil semua dianggap sama. Membedakannya adalah besarnya dana serta bagaimana kemampuan mengembalikan. Selama Anda konsisten dengan keinginan mengembalikan tepat waktu maka kian mudah ketika mengajukannya lagi. Apalagi sistem tersebut tidak mengharuskan adanya jaminan. 

Pinjaman usaha tanpa jaminan melalui P2P lending tersebut dapat dikatakan sebagai pilihan alternatif paling efisien. Bagaimana tidak, sistem tersebut tidak memandang latar belakang seberapa besar usaha asalkan mempunyai komitmen mengembalikan sudah pasti mudah mendapatkan suntikan dana. Nantinya dana tersebut dapat dimanfaatkan guna pengembangan usaha. 

Perlu diketahui juga besarnya bunga relatif kecil kisaran 0,75% per bulannya. Angka cukup kecil sehingga tidak akan membuat si peminjam terbebani. Apalagi ditambah persyaratannya relatif mudah cukup menunjukkan dokumen identitas maka dalam waktu cepat dana akan masuk ke rekening Anda.

Masing-masing jenis pinjaman tersebut pada dasarnya sangat menguntungkan semua. Hanya saja bagaimana Anda memanfaatkannya guna kepentingan pengembangan usaha agar tidak sia-sia. Serta bagaimana juga Anda memilih pinjaman usaha tanpa jaminan mana yang sesuai kebutuhan tanpa merasa terbebani nantinya. 


Baca juga: Cara Kerja P2P Lending dan Manfaatnya untuk Masyarakat

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru