Finansial

3 Prinsip Investasi Jangka Panjang yang Harus Anda Pahami

Kabrina Rian Ferdiani-

28 Jul 2020

3 Prinsip Investasi Jangka Panjang yang Harus Anda Pahami

Bagi Anda yang ingin memiliki hari tua terjamin dengan tabungan yang cukup, sepertinya melakukan investasi jangka panjang perlu Anda rencanakan mulai dari sekarang. Bagaimana tidak? Perlu Anda ketahui bahwa kesuksesan yang ada dalam dunia investasi tidak dapat dengan mudah diperoleh. 

Perlu usaha yang cukup agar investasi tersebut bisa membuahkan hasil maksimal. Terdapat beberapa syarat, aturan, dan juga prinsip mengenai investasi jangka panjang yang tentunya perlu Anda pelajari dan pahami agar kegiatan investasi memiliki hasil maksimal. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan investasi secara disiplin, praktis, dan juga aman. Sikap disiplin tentu saja wajib diaplikasikan dalam menerapkan prinsip berinvestasi yang tepat. Sebelum membahas prinsip dan serba serbi investasi jangka panjang lebih jauh, sebelumnya apakah Anda sudah mengetahui apakah investasi itu sendiri secara umum? 

Investasi secara umum adalah penanaman modal yang memiliki kaitan dengan akumulasi bentuk aktiva yang dibarengi dengan keinginan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang, atau dalam artian jangka panjang. Apabila kita mencoba pahami dari sudut pandang ekonomi, investasi merupakan pembelian atau kegiatan produksi dari modal barang yang tidak dikonsumsi.

Namun, ini digunakan untuk produksi di masa yang akan datang. Investasi sendiri sebenarnya memiliki dua model sesuai dengan jangka waktu, yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Berikut adalah beberapa prinsip investasi dalam jangka waktu panjang yang perlu Anda ketahui.


Baca juga: Investasi Jangka Panjang vs Investasi Jangka Pendek


Waktu Sebagai Kunci Utama dalam Berinvestasi

Seperti yang Anda ketahui bahwa waktu yang terbuang sia-sia hanya akan menghilangkan banyak kesempatan berharga dalam hidup. Waktu adalah salah satu hal yang paling penting yang ada dalam hidup Anda. Dengan adanya waktu, Anda bisa melakukan hal apapun untuk mengisi perjalanan hidup Anda. 

Waktu juga merupakan instrumen yang bahkan tidak bisa dibeli dengan uang. Ketika Anda mulai akan menjalani investasi jangka panjang, maka perlu Anda ingat selalu bahwa waktu sendiri merupakan faktor sekaligus kunci utama. 

Jadi, jika Anda pernah berpikiran bahwa investasi tidaklah penting, coba ubah kembali jalan pemikiran tersebut. Pasalnya, investasi yang Anda lakukan dapat berpengaruh besar di waktu yang akan datang. 

Perlu Anda ketahui juga bahwa dengan melakukan penanaman modal untuk investasi jangka panjang saat ini memang tidak dapat Anda rasakan hasilnya secara instan saat ini juga. Namun, hasilnya nanti bisa Anda rasakan di masa depan. 

Apabila Anda merupakan seseorang yang memiliki banyak rencana di masa depan, maka investasi ini merupakan salah satu rekomendasi yang tepat. Prinsip dalam menghargai dan memanfaatkan waktu sebagai kunci utama ini perlu Anda terapkan secara disiplin untuk memulai investasi jangka panjang

Pasalnya, semakin lama Anda berinvestasi maka akan semakin besar pula nilai yang akan Anda dapatkan. Jadi, tentu saja Anda perlu memperhatikan waktu yang Anda miliki agar bisa digunakan secara maksimal untuk mulai melakukan investasi.


Diperlukan Sebuah Kesabaran dalam Melakukan Investasi

Prinsip investasi jangka panjang yang kedua yang harus Anda pahami ialah kesabaran. Yang dinamakan jangka panjang itu artinya Anda akan memetik hasilnya dalam waktu yang akan datang. Terlebih jika Anda menginginkan hasil yang besar. 

Tentu saja dalam berusaha sambil menunggu akan dibutuhkan kesabaran yang luar biasa. Perlu Anda ketahui bahwa salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan oleh investor adalah ketika mereka mulai tidak sabar. Terlebih lagi jika yang Anda lakukan adalah investasi dalam jangka waktu yang panjang. 

Anda bisa melakukan investasi dengan cara yang amat sederhana sekalipun. Sisihkan sebagian dana yang Anda miliki agar tidak merasa dikejar oleh waktu. Dengan menyisihkan sebagian dana tersebut, Anda tidak akan merasa dikejar waktu saat ingin mendapatkan hasil akhirnya. 

Jika Anda melakukan investasi jangka panjang, maka biasanya keuntungan yang akan Anda dapatkan bisa Anda rasakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Bahkan hal ini akan dirasakan bisa lebih dari satu tahun. 

Sebagai contoh, Anda akan sulit mendapatkan keuntungan dari saham atau reksa dana dalam waktu singkat mengingat adanya fluktuasi harga yang tentu akan memengaruhi hasil akhir yang ada. Dengan investasi dalam jangka waktu yang panjang (idealnya minimal satu tahun), Anda bisa memaksimalkan keuntungan tersebut.


Melakukan Pengorbanan untuk Investasi agar Bisa Merasakan Keuntungannya

Jika Anda diminta memilih, apa yang akan Anda pilih antara hidup bersenang-senang untuk waktu saat ini, namun kebutuhan di masa depan belum jelas bahkan belum memiliki gambaran? Atau hidup sederhana, berhemat, namun memiliki masa depan yang sudah jelas tergambar dikarenakan investasi yang dimiliki?

Sama halnya dengan menabung. Saat melakukan investasi, khususnya investasi jangka panjang, Anda akan diminta untuk berhemat sebisa mungkin. Tidak lain adalah untuk menyiapkan kebutuhan Anda dan keluarga di masa yang akan datang. 

Pasalnya, tidak ada yang tahu bagaimana kondisi ekonomi yang ada di masa depan, untuk itu investasi merupakan jalan terbaik untuk sebuah persiapan. Bagi Anda yang sudah bertekad untuk melakukan investasi jangka panjang, maka Anda tentunya akan memilih pilihan yang kedua, bukan? 

Jadi, Anda pasti sudah paham bahwa prinsip untuk berkorban alias berhemat demi investasi perlu Anda terapkan sedisiplin mungkin. Pengorbanan ini nantinya akan membuat hasil yang memuaskan jika Anda mampu melakukan investasi secara disiplin. 

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, semakin lama Anda berinvestasi untuk jangka panjang maka akan semakin besar pula kemungkinan Anda akan mendapatkan keuntungan. Untuk itu, diperlukan kesabaran dan pengorbanan untuk bisa merasakan manfaatnya.

Jangan lupa untuk menerapkan ketiga prinsip di atas dengan cara disiplin agar hasil akhir investasi bisa Anda rasakan secara maksimal. Lakukan sekarang juga investasi jangka panjang agar keuntungan makin menggiurkan.


Baca juga: Inilah Risiko Investasi Emas yang Perlu Anda Ketahui

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru