Finansial

Gaya Hidup

Mengenal Ragam Biaya Pernikahan dan Trik Mudah Mengumpulkan Dananya

Kabrina Rian Ferdiani-

15 Feb 2021

Mengenal Ragam Biaya Pernikahan dan Trik Mudah Mengumpulkan Dananya

Mungkin banyak orang berpikir jika biaya pernikahan itu sangatlah banyak dan memang hal tersebut benar adanya karena perannya begitu penting. Hampir pasti meski pernikahan dilangsungkan sederhana tetap membutuhkan dana tidak sedikit, sehingga mengumpulkan dananya mulai sekarang mutlak dilakukan bagi pasangan calon pengantin. 

Hal yang sangat dihindari apalagi jika terpaksa mengajukan hutang dengan jumlah lumayan besar. Sungguh hal menyedihkan namun, tetap dapat dihindari dengan menerapkan beberapa strategi serta tahu apa saja ragam kebutuhan pernikahan beserta estimasinya. Setidaknya hal tersebut menjadi gambaran bagi calon pengantin. 


Baca juga: Financial Checking Bersama Pasangan Sebelum Menikah


Ragam Kebutuhan Pernikahan yang Sering Menjadi Perhatian Khusus

Pernikahan adalah jenjang bagi pasangan guna mengikat janji suci di antara mereka untuk hidup bersama selamanya. Tidak heran apabila melangsungkannya butuh persiapan matang serta dilakukan beberapa bulan sebelumnya. Akan sangat berisiko jika persiapan tersebut dilakukan mendadak lantaran hasilnya belum tentu optimal. 

Memasuki tahap persiapan jelang pernikahan maka ada sejumlah kebutuhan patut dipenuhi. Di antara kebutuhan di mana memakan biaya pernikahan lumayan banyak adalah administrasi pendaftaran. Kebutuhan tersebut termasuk pokok serta menjadi prioritas utama. Sementara guna biayanya disesuaikan dengan ketentuan KUA atau catatan sipil tempat Anda menikah.

Kebutuhan lain tidak kalah penting adalah rias serta gaun pengantin. Melangsungkan pernikahan tentu tidak lepas dari keterlibatan rias hingga penggunaan gaun meski terbilang sederhana. Guna estimasinya dapat menyesuaikan berapa anggaran dimiliki serta bagaimana model riasan dan gaunnya. Semakin sederhana rias serta gaun maka kian murah harganya. 

Cetak undangan juga menjadi kebutuhan dengan biaya pernikahan tidak sedikit. Undangan tersebut biayanya tergantung pada jenis kertas, desain juga jumlah orang yang akan diundang. Namun, apabila ingin mendapat harga murah sebaiknya pilih undangan versi online. Alternatif lain adalah dengan memangkas jumlah tamu undangan menjadi lebih sedikit. 

Dana untuk dokumentasi serta biaya katering juga patut menjadi perhatian. Dokumentasi berupa foto serta video penting lantaran menjadi satu-satunya kenangan hingga tua nanti. Selain itu, ada juga katering guna menjamu tamu undangan. Agar kedua kebutuhan tidak memakan biaya banyak maka dapat dipilih yang paling sederhana asal sopan. 

Kebutuhan pokok lain yang sulit dipisahkan adalah terkait dekorasi pernikahan. Ketika konsep yang Anda usung sederhana namun, elegan maka dijamin tidak akan memakan biaya pernikahan banyak. Berbeda halnya ketika Anda memesan dengan konsep dekorasi mewah, memang bagus namun harganya relatif mahal apalagi dari vendor ternama. 


Trik Mudah Kumpulkan Dana Pernikahan

Dana menjadi aspek penting ibarat modal ketika Anda ingin mendirikan sebuah usaha. Tanpa modal, maka sulit usaha tersebut akan berkembang pesat. Begitu juga dengan dana, tanpa adanya anggaran yang cukup maka sulit pernikahan dapat berlangsung. Hanya saja resepsi tetap dapat berlangsung meski dengan biaya nikah terbatas. 

Bagi Anda yang ingin mengajak pasangan menikah ada baiknya mengumpulkan uang dari sekarang. Beberapa trik mudah dapat Anda lakukan bersama pasangan agar biaya pernikahan segera terkumpul salah satunya mengurutkan pengeluaran berdasarkan prioritas. Artinya alokasikan dana sesuai dengan kebutuhan pokok. Misalkan saja guna pendaftaran administrasi pernikahan. 

Trik mendasar lainnya adalah mulai sekarang kurangi dana untuk kencan. Ada baiknya mengumpulkannya sebagai tambahan dana pernikahan. Selain itu, kurangi juga pengeluaran untuk kebutuhan pribadi tidak terlalu penting. Komitmen mengumpulkan mutlak diperlukan jika memang Anda memiliki niat guna melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat. 

Agar proses mengumpulkan dana semakin lancar maka tentukan tanggal pernikahan sebelumnya. Ketika Anda sudah menentukannya maka dapat memprediksi kapan mulai mengumpulkan serta membelanjakannya sebagai bentuk persiapan. Termasuk juga tau berapa hitungan biaya pernikahan yang bakal Anda keluarkan nantinya agar proses persiapan semakin optimal. 

Dari sekian banyak trik paling mudah, murah serta menjadi penawaran menggiurkan adalah dengan menggunakan jasa paket pernikahan. Memakai jasa paket tentu relatif praktis serta hemat karena semua sudah ditangani oleh vendor. Anda cukup persiapkan biaya guna menyewa jasa vendor tersebut. 


Penyebab Dana Pernikahan Sering Membengkak

Membengkaknya biaya pernikahan memang sering kali terjadi di mana sulit diprediksi sebelumnya. Padahal saat tahap persiapan sudah menghitung estimasi biaya secara teliti. Tatkala uang hal mudah bagi Anda maka kejadian tersebut bukanlah masalah besar. Namun, berbeda ceritanya apabila budget yang dimiliki terbatas. 

Kejadian membengkaknya anggaran ternyata sebab pemicunya. Di antaranya adalah terpisahnya hari serta tempat resepsi. Biasanya di hari pertama dilangsungkan di tempat wanita.

Sementara di kemudian hari dilangsungkan kembali di tempat mempelai pria. Hal tersebut secara tidak langsung memicu membengkaknya pengeluaran apalagi jika tamu undangan lumayan banyak.

Membeli souvenir terlalu mahal ternyata juga menjadi sebab biaya pernikahan meningkat drastis. Jika memang Anda tetap berkeinginan memberikan tamu sebuah souvenir maka pilih benda dengan harga relatif murah namun, unik. Dengan begitu, tamu undangan tetap merasa senang dan Anda juga tidak terlalu terbebani biayanya. 

Mengedepankan ego ingin semuanya unik ternyata juga tidak baik. Kebanyakan yang unik desainnya tentu harganya cenderung lebih mahal. Jika memang Anda ingin serba hemat maka sebaiknya pilih berbagai kebutuhan dengan sederhana tanpa meninggalkan kesan baik dan enak dipandang. 

Langkah paling penting serta tidak boleh disepelekan adalah cermat menghitung rincian biaya pernikahan yang dibutuhkan. Kecermatan tersebut dibutuhkan guna meminimalisir hal tidak terduga di mana dianggap dapat mengganggu kelangsungan acara. Ketika salah menghitung besar kemungkinan menjadi beban Anda setelah resepsi pernikahan selesai. 

Kebutuhan selama itu dapat membantu melancarkan acara resepsi maka sah-sah saja dilakukan. Hanya saja Anda perlu memikirkan setelah pernikahan nanti apakah masih ada dana sisa atau tidak. Dikarenakan kebutuhan setelah resepsi jauh lebih penting dibandingkan harus menghambur-hamburkan biaya pernikahan secara berlebihan.


Baca juga: Ga Harus Mahal, ini Tips Menghemat Biaya Pernikahan


Lakukan Pendanaan UMKM sembari Mengembangkan Dana bersama Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungan.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 25% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru