Finansial

Rekomendasi Jenis Investasi yang Menguntungkan

Paskalia-

20 Jun 2019

Rekomendasi Jenis Investasi yang Menguntungkan

Mengetahui investasi yang menguntungkan pasti membuat banyak orang terpikat dan ingin tahu lebih dalam. Ada banyak objek investasi yang dapat dijadikan pilihan, tetapi tentu saja disertai dengan probabilitas keuntungan dan kerugian yang berbeda. Berikut ini rekomendasi instrumen investasi yang menguntungkan dan dapat menjadi pertimbangan Anda.


Investasi Properti

Instrumen atau objek investasi yang satu ini sudah lazim diketahui masyarakat. Kepemilikan properti dalam bentuk rumah, apartemen, atau gedung lainnya merupakan investasi jangka panjang. Mengapa begitu? Imbal hasil yang didapatkan dari objek investasi ini berlangsung dalam waktu lama dengan margin keuntungan yang stabil.

Berinvestasi dalam properti bisa dikatakan sangat minim risiko karena fakta di lapangan membuktikan bahwa nilai objek tersebut mengalami peningkatan bertahap dan tidak pernah mengalami penurunan. Meskipun keuntungan yang didapat tidak melambung tinggi dan stagnan dalam kisaran rata-rata, setidaknya investasi properti tidak memiliki risiko fluktuatif yang justru merupakan aspek buruk dalam investasi. Faktor ini membuktikan kepemilikan lahan atau bangunan termasuk investasi yang menguntungkan.


Baca juga: Investasi Jangka Pendek yang Cocok Bagi Investor Pemula


Investasi Perbankan

Tabungan, giro, dan deposito merupakan kategori investasi perbankan. Dana segar yang disetorkan investor akan diatur pihak bank yang bertanggung jawab untuk diputar ke nasabah lainnya dalam bentuk pinjaman berjangka. Dari proses tersebut, investor akan mendapatkan bunga sesuai kesepakatan selama periode yang telah ditentukan. Investasi ini juga termasuk jangka panjang.

Dari segi keamanan, investasi yang menguntungkan ini tergolong minim risiko selama Anda memilih instansi yang tepat untuk menanam investasi tersebut. Lebih direkomendasikan memilih institusi perbankan di bawah naungan BUMN karena legalitasnya lebih terjamin oleh pemerintah. Dalam hal keuntungan, investasi perbankan cenderung stabil meskipun jika dibandingkan bentuk investasi lain, hasil yang didapat tidak terlalu besar.


Baca juga: Cara Investasi Emas Paling Praktis, Siapapun Bisa


Investasi Logam Mulia Berupa Emas Batangan

Instrumen yang satu ini sudah dikenal sejak lama di seluruh dunia dan menjadi jenis investasi paling tua. Penyebabnya harga komoditas emas terus menunjukkan kenaikan signifikan seiring berjalannya waktu. Kemungkinan merugi dalam berinvestasi logam mulia emas juga sangat kecil, tetapi memiliki margin keuntungan yang besar dan stabil.

Investasi emas dapat masuk kategori jangka pendek, menengah, sekaligus jangka panjang. Namun perlu diingat bahwa emas yang dapat dikategorikan sebagai investasi adalah jenis emas batangan bersertifikat dan memiliki kadar kemurnian 24 karat. Saat ini banyak instansi yang menawarkan angsuran untuk instrumen emas batangan sehingga mempermudah proses secara keseluruhan, sehingga emas termasuk investasi yang menguntungkan.


Valuta Asing

Istilah valuta asing mungkin kurang familiar bagi masyarakat awam. Valuta asing atau biasa disingkat sebagai valas juga merupakan salah satu investasi yang menguntungkan. Valas adalah nilai tukar antar mata uang. Jadi investor akan bertransaksi terhadap mata uang dari negara yang berbeda, di mana salah satunya mengalami penurunan nilai tukar.

Investor yang memilih jenis investasi ini masih berasal dari kalangan terbatas, biasanya para pebisnis atau bekerja di bidang keuangan dan perekonomian sehingga setiap hari mengerti pergerakan mata uang dunia. Risiko investasi valas bagi yang mereka yang tak memiliki pengalaman sangat besar, jadi lebih direkomendasikan untuk investor lama. Investasi ini dapat dimasukkan kategori investasi jangka pendek dan menengah.


Investasi Saham

Memiliki risiko tinggi dan cakupan investor yang sempit membuat investasi saham kurang begitu dilirik oleh masyarakat umum. Padahal, ketika saham yang dimiliki sedang melonjak di pasaran, maka keuntungan yang didapat oleh investor juga sangat besar. Tentu saja, dalam permainan saham memang dibutuhkan kemampuan analisa bursa efek serta faktor keberuntungan.


Investasi Benda Seni dan Barang Antik

Anda hobi mengoleksi benda-benda antik atau barang-barang seni seperti lukisan? Kegemaran mengoleksi tersebut dapat pula menjadi investasi yang menguntungkan. Harga dari barang antik dan barang seni yang tidak sekadar berusia tua tapi juga sarat akan nilai dan sejarah akan semakin melambung dari waktu ke waktu. Terutama bila kondisi barang tersebut terawat dengan baik.

Investasi ini tidak memiliki risiko tinggi, hanya saja rentan akan tindak penipuan oknum yang memalsukan benda seni atau barang antik pada pembeli. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan detail dan selalu hati-hati saat memilih objek investasi yang satu ini. Dilihat dari durasinya, investasi benda seni dan barang antik dikategorikan dalam investasi jangka panjang.


Investasi Bitcoin

Jenis investasi yang satu ini masih menjadi perdebatan apakah dapat dikategorikan sebagai objek investasi atau bukan. Pasalnya bitcoin merupakan kepingan virtual yang didistribusikan hanya dari internet. Meski memiliki nilai yang dapat disesuaikan dengan mata uang negara pemilik akun dompet digital bitcoin, tetapi tingkat keamanan transaksinya masih diragukan.

Namun menilik dari sisi positifnya, investasi bitcoin terbuka untuk semua kalangan, tidak terbatas kewarganegaraan maupun usia. Maka dari itu bitcoin juga dapat menjadi investasi yang menguntungkan. Selama mereka memiliki akun wallet, maka mereka berhak memiliki kepingan bitcoin dalam dompet digital tersebut. Kaum muda alias milenial juga bisa ikut berpartisipasi. Keuntungan investasi bitcoin termasuk cukup lumayan.


Tips Memilih Investasi yang Sesuai

Setelah memilih investasi yang menguntungkan, tentu saja Anda akan memikirkan persentase hasil yang didapat. Keberhasilan investasi hanya dapat dicapai bila Anda sebagai investor memilih objek yang tepat. Salah satu caranya adalah dengan mengkalkulasi dana segar yang dapat disediakan sebagai modal investasi, baru memilih objek sesuai nominal anggaran tersebut.

Sebagai investor, tidak disarankan untuk memaksakan diri menanam modal investasi besar hingga akhirnya memilih terlibat piutang demi mendapatkan keuntungan yang tinggi pula. Bila Anda menempuh metode tersebut, maka keuntungan yang didapat dari berinvestasi akan lenyap dalam waktu singkat untuk membayar angsuran serta bunga utang modal investasi.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru