Finansial

Gaya Hidup

Wujudkan 6 Resolusi Finansial 2021 ini Biar Kamu Cepat Kaya

Kabrina Rian Ferdiani-

29 Dec 2020

Wujudkan 6 Resolusi Finansial 2021 ini Biar Kamu Cepat Kaya

Tahun 2021 segera tiba. Memulai tahun yang baru adalah waktu yang tepat untuk kembali menatap masa depan. Dengan menyusun rencana dan juga resolusi, kita berharap untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Termasuk juga menyusun resolusi finansial 2021. Dengan membuat dan juga mematuhi resolusi keuangan, kamu akan berada di level finansial yang berbeda pada akhir tahun 2021 nanti.

Lalu, apa saja resolusi finansial yang harus diwujudkan agar bisa cepat kaya? Berikut enam di antaranya.


Baca juga: Inspirasi Agenda Seru Rayakan Tahun Baru 2021 di Rumah Aja!


Segera lunasi tagihan kartu kredit

Apakah kamu masih memiliki tanggungan untuk melunasi utang kartu kredit tersebut?

Prioritas untuk membayar utang kredit harus menjadi goal keuanganmu tahun depan. Kamu bisa memulainya dengan dua cara.

Pertama, cobalah melunasi dari utang dengan bunga kredit paling besar (metode debt stacking). Cara kedua adalah melunasi utang dari yang jumlahnya paling kecil (metode debt snowball).

Resolusi finansial 2021 - Segera lunasi tagihan kartu kredit

Kartu kredit memang bisa membantu kamu untuk mewujudkan keinginan dan kebutuhan saat tidak memiliki uang yang cukup. Ada banyak promo yang ditawarkan ketika kamu melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit.

Namun, mulai tahun depan ubah kebiasaan mengandalkan kartu kredit dengan mengandalkan pemasukan yang kamu miliki. Cobalah untuk merasa cukup dengan pendapatan daripada harus berutang untuk hal-hal konsumtif.


Kesulitan untuk mematuhi anggaran keuangan? Buat rencana pengeluaran sebagai gantinya

Jika tahun ini kamu kesulitan untuk bertahan dengan anggaran keuangan, cobalah ganti metode ini. Kamu bisa mengubahnya dengan membuat rencana pengeluaran.

Metode ini membuat kamu lebih bebas dan tenang sebab kamu bisa memilih apa yang ingin kamu belanjakan alih-alih berfokus pada batasan uang yang tidak bisa dibelanjakan.

Mulailah dengan menghitung pemasukan yang didapat setiap bulan. Kemudian, tentukan pos-pos pengeluaran mana yang penting bagi kamu.

Pertama, tentukan dulu pos berisi pengeluaran tetap setiap bulan yang wajib dipenuhi. Misalnya kebutuhan untuk sewa tempat tinggal, internet, listrik, dan transportasi. Selanjutnya kelompokkan kebutuhan yang pengeluarannya bisa disesuaikan seperti makan sehari-hari, hiburan, dan belanja rumah tangga.


Mulai mengumpulkan tabungan untuk dana darurat

Resolusi keuangan tahun 2021 lain yang bisa kamu tetapkan adalah mulai mengumpulkan dana darurat (emergency fund).

Jika kamu menghadapi situasi tidak terduga, dana darurat bisa menyelamatkanmu. Misalnya, kamu harus membeli handphone baru karena handphone lamamu hilang. Atau, kamu harus membayar biaya service kendaraan setelah kecelakaan.

Jika kamu tidak memiliki tabungan dana darurat, kamu terpaksa harus mencari pinjaman dalam situasi seperti itu. Memang kamu bisa mendapatkan pinjaman online dengan mudah. Jika kamu memiliki uang cadangan, tentu lebih baik jika tidak harus berutang, bukan?


Baca juga: Menghitung dan Mengumpulkan Dana Darurat untuk Persiapan Situasi Tak Terduga


Otomatisasi tabungan jika kamu kesulitan untuk menabung

Apakah kamu termasuk orang yang kesulitan untuk menabung?

Inilah saatnya untuk menggunakan fitur otomatisasi tabungan di rekeningmu. Setiap bulan pada tanggal yang sudah kamu tentukan, bank akan otomatis menarik uang dari rekeningmu untuk dipindahkan ke rekening tabungan.

Dengan tips menabung yang seperti ini, kamu bisa menabung setiap bulannya secara konsisten. 

Tidak perlu lagi kamu mengingat-ingat kapan harus menyisihkan uang tabungan karena bank sudah melakukannya.

Fitur tabungan yang terotomatisasi juga membantu meminimalisasi kemungkinan untuk menunda waktu menabung. Biasanya karena selalu menunda, seseorang justru lupa untuk menyisihkan uang untuk ditabung.


Tambah anggaran untuk tabungan

Jika di tahun 2020 kamu sudah bisa menabung dengan konsisten, itu adalah pencapaian yang bagus!

Kamu tentu sudah menyadari bahwa menabung memiliki banyak manfaat baik. Di masa yang akan datang kamu perlu menyiapkan uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dengan cara menabung.

Resolusi Finansial 2021 - tambah anggaran tabungan

Tahun depan, kamu perlu meningkatkan level finansialmu. Caranya adalah dengan menambah anggaran untuk menabung. Jika tahun ini kamu berhasil menyisihkan sebanyak 10% dari penghasilan setiap bulan untuk ditabung, maka tahun depan tingkatkan menjadi 20%.

Jumlah tabunganmu akan menjadi lebih banyak. Kamu juga akan bisa meraih goal finansial dengan lebih cepat.


Lebih banyak berinvestasi

Investasi adalah salah satu cara yang bisa membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang. Dengan investasi, kamu bisa mewujudkan kebutuhan untuk mempersiapkan dana penisun, membeli rumah, atau jika kamu ingin melanjutkan pendidikan.

Selain itu, bunga investasi lebih besar daripada bunga tabungan di bank. Aset yang kamu miliki sekarang nilainya akan senantiasa bertambah seiring berjalannya waktu.

Lebih banyak berinvestasi perlu menjadi resolusi tahunan yang harus kamu tetapkan. Jika sekarang kamu belum mulai, tidak ada kata terlambat jika baru mulai berinvestasi di tahun 2021 nanti.

Pilih instrumen investasi yang bisa memberikan keuntungan lebih besar daripada tingkat inflasi setiap tahunnya. Rata-rata inflasi selama sepuluh tahun ini adalah sekitar 8 persen.

Peer-to-peer Lending bisa kamu coba untuk mencapai tujuan investasi. Melalui P2P Lending Modal Rakyat, kamu bisa mendapatkan return setiap tahun mencapai 25 persen.


Baca juga: Tips Investasi di P2P Lending Modal Rakyat untuk Pemula


Itulah beberapa resolusi keuangan yang bisa coba kamu wujudkan di tahun 2021. Dengan terus berbenah kamu akan bisa meraih kekayaan dengan lebih cepat. Selamat mencoba!

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru