Finansial

Bisnis

Siasati Modal Bisnis Terbatas agar Usaha Tetap Maju

Paskalia-

26 Feb 2021

Siasati Modal Bisnis Terbatas agar Usaha Tetap Maju

Berhasil tidaknya memulai usaha salah satu faktor penentu adalah ketersediaan modal bisnis dengan jumlah lebih. Namun, sering kali banyak pengusaha khususnya pemula mengalami kesulitan finansial hingga berpengaruh pada kelangsungan usaha, hal cukup rawan mengingat keberlangsungan bisnis begitu ditentukan oleh kondisi keuangan. 

Kebanyakan rasa keinginan kuat sudah membesar namun, harus terganjal oleh minimnya modal bisnis. Sudah bukan rahasia lagi tatkala modal menjadi faktor penghambat ketika ingin memulai usaha. Di tengah minimnya modal, sebenarnya ada beberapa cara menyiasatinya guna usaha tetap berjalan. Bahkan dapat berkembang hingga hasilkan profit tinggi. 


Baca juga: Inilah Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Kecil


Fokus Serta Mulai Usaha dengan Dana yang Ada


Akhir-akhir ini geliat masyarakat khususnya generasi muda memulai bisnis memang cukup tinggi. Ada beberapa faktor penyebabnya di antaranya sulitnya mendapat pekerjaan hingga keuntungan berbisnis sangatlah lumayan. Terlebih di era di mana semua dapat dilakukan secara online termasuk ketika ingin menjual barang. 

Modal pada dasarnya merupakan sejumlah alat berupa materi atau non materi sebagai langkah mendasar dimulainya sebuah bisnis. Hampir pasti sebuah bisnis tidak dapat berjalan maksimal tatkala tanpa modal. Maka dari itu, seorang pengusaha harus benar-benar mempertimbangkannya guna menghindari usaha berhenti di tengah perjalanan. 

Saat modal bisnis ternyata terbatas bukan berarti menghambat Anda memulai atau mengembangkan usaha. Anda harus tetap maju serta fokus menjalankan dengan modal seadanya. Memang cukup berisiko namun, ketika Anda menunggu modal terkumpul tentu berpengaruh besar terhadap tekad awal memulai bisnis. Kebanyakan tekadnya menurun tidak seperti sebelumnya. 

Tidak jarang para pengusaha memulai bisnis dengan modal kecil. Mereka cenderung fokus pada bagaimana memaksimalkan dana yang ada sembari mencari modal bisnis tambahan. Cara yang sering ditempuh adalah dengan menekan biaya produksi serta mengalihkannya ke berbagai kebutuhan penting. Dengan begitu, usaha tetap dapat berjalan. 

Selain itu, apabila Anda kesulitan menyewa kantor sebagai tempat produksi maka langkah alternatif diambil adalah dengan memanfaatkan garasi mobil hingga ruang kosong di rumah. Dalam hal promosi produk juga demikian, ketika Anda kesulitan membuat brosur dalam jumlah banyak maka dapat disiasati dengan memanfaatkan media sosial. 


Buat Perencanaan Serta Jalin Kerjasama


Seorang dengan jiwa wirausaha kuat tentu tidak akan menyerah meski dihadapkan dengan keterbatasan modal. Bahkan merintis sebuah usaha dengan modal minim dijadikannya tantangan tersendiri. Sikap yang patut dicontoh sebagai pengusaha mengingat hal tersebut sulit dilakukan oleh kebanyakan orang apalagi bagi pelaku usaha dimana menuntut segera berhasil. 

Kegagalan memang menjadi momok menakutkan sehingga berbagai upaya dilakukan guna menghindarinya. Namun, kegagalan tidak akan Anda alami ketika memulai bisnis dengan dilandasi rasa percaya diri. Selain itu, meski modal bisnis terbatas Anda tetap dapat memulainya dengan perencanaan matang. Perencanaan menjadi awal sekaligus dasar berhasilnya suatu usaha. 

Baru kemudian, Anda dapat menjalin mitra atau kerjasama dengan pihak lain. Menjalin kerjasama adalah sebuah upaya menyiasati minimnya modal bisnis lantaran biaya akan ditanggung bersama investor tersebut. Selain pembiayaan menjadi ringan, Anda berkesempatan besar mengembangkan bisnis lebih cepat. Dengan begitu, keterbatasan modal tidaklah menjadi masalah berarti. 

Salah satu poin pentingnya adalah terlebih dahulu bangun jiwa wirausaha Anda hingga kuat. Pastikan pola pikir Anda terus maju serta tahan banting. Artinya meski dilanda kesulitan apa saja termasuk finansial tidak akan berpengaruh pada keinginan Anda merintis sebuah bisnis. Tetap fokus tanpa mudah teralihkan oleh banyak hal. 

Disamping itu, bisnis harus tetap maju serta percaya bahwa minimnya modal bisnis bukanlah halangan. Percayalah bahwa akan ada jalan yang dapat diperoleh. Mental seperti inilah yang jarang dimiliki orang khususnya para pelaku usaha. Kebanyakan orang akan menyerah ketika sudah mengalami kegagalan atau tidak sesuai harapan. 

 

Baca juga: Cara Memaksimalkan Pinjaman Uang Modal Usaha


Jalan Terakhir Ajukan Pinjaman dengan Persyaratan Mudah


Ketika cara pertama serta kedua belum juga membuahkan hasil, maka langkah alternatif paling efektif adalah dengan mengajukan pinjaman. Pinjaman adalah dana darurat yang dapat Anda manfaatkan sebagai modal bisnis. Tidak perlu cemas karena uang tersebut akan tetap bermanfaat tatkala Anda kelola dengan baik. 

Suatu kewajaran apabila banyak orang menyangka dana pinjaman hanya memberatkan suatu hari nanti. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar lantaran tergantung pada bagaimana Anda mengelolanya. Ketika salah mengelola tentu bukan bisnis yang berkembang pesat melainkan terlilit hutang juga sering terjadi. Dan hal tersebut tidaklah diinginkan terjadi. 

Maka dari itu, sebelum mengajukan pinjaman sebagai modal bisnis ada baiknya melihat prosedur pengajuan hingga apa saja syaratnya. Pastikan mendapat informasi secara lengkap guna mengurangi risiko kerugian. Selain itu, pastikan juga pengajuan dilakukan di tempat terpercaya serta sudah terdaftar resmi di OJK bukan ilegal. 

Sebenarnya selain persyaratan mudah, ada alasan lain mengapa pinjaman dijadikan alternatif tepat tatkala modal terbatas. Yakni cepatnya pencairan dana sehingga sangat cocok dipilih oleh pengusaha dengan kebutuhan biaya mendesak. Setidaknya masalah finansial tertangani dengan cepat sehingga dapat fokus ke bisnis.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru