Finansial

Bisnis

Sudah Bekerja, Tapi Mau Penghasilan Tambahan? Ini Solusinya

Pretty Angelia Wuisan-

26 May 2021

Sudah Bekerja, Tapi Mau Penghasilan Tambahan? Ini Solusinya

Anda yang sudah bekerja, biasanya mengharapkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan. Anda bisa mencari pekerjaan atau usaha sampingan. Hal itu sangat mungkin apabila Anda bisa mengatur waktu dengan baik. Yang terpenting adalah pekerjaan Anda di kantor tidak terganggu. 

Jadi, sebelum memutuskan untuk menambah pekerjaan sampingan, Anda harus yakin dulu bisa melakukannya dengan baik karena pasti ada target yang harus dicapai. Inilah pekerjaan atau usaha sampingan yang bisa Anda kerjakan untuk mendapat penghasilan tambahan.


Baca juga: Biaya Transfer Antar Bank Terlengkap Ada di Sini 


1. Menjadi dropshipper

Salah satu cara agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan menjadi dropshipper. Dropship adalah bisnis paling kekinian yang mudah Anda lakukan. Anda tidak perlu menyediakan modal yang banyak, tidak perlu membeli produk dulu, tidak perlu juga mengirimkan produk yang dipesan pembeli.

Tugas Anda hanyalah menghubungkan penjual dengan pembeli, serta membantu promosi produk yang disediakan oleh penjual. Usaha ini bisa Anda lakukan dari mana saja, selama Anda memiliki koneksi internet. Anda akan mendapatkan komisi dari target pelanggan baru yang bisa Anda penuhi.


2. Membuka kursus online

Anda bisa membuka kursus online private untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sekarang, cukup banyak anak sekolah yang membutuhkan kursus tambahan di luar jam sekolahnya. Jenis kursusnya bisa apa saja, mulai dari kursus bahasa asing, kursus mata pelajaran, kursus keahlian khusus, dan lain sebagainya.

Nanti Anda bisa memasang tarif per jam. Kursus ini sangat menguntungkan karena bisa dilakukan dari jarak jauh. Yang terpenting Anda perlu mempersiapkan koneksi yang bagus agar kursus bisa berjalan lancar. Kursus online tersebut akan lebih leluasa dilakukan setelah pulang bekerja atau di waktu weekend


3. Membuat konten Instagram

Peluang untuk mendapatkan pekerjaan sampingan membuat konten Instagram sangat besar. Kebanyakan perusahaan atau toko online memerlukan tenaga kerja tambahan untuk mengurus akun Instagram miliknya. Konten Instagram yang dibutuhkan bisa berbagai macam, mulai dari konten tulisan, konten gambar, dan konten video.

Pekerjaan ini juga waktunya cukup fleksibel. Anda bisa mengerjakannya di sela-sela istirahat dan setelah pulang dari kantor. 

Anda dapat memasang tarif per postingan. Keahlian yang Anda butuhkan untuk menjalankan pekerjaan ini adalah mahir menggunakan Instagram, hingga mengenal fitur-fitur yang ada di dalamnya dengan baik.

 

4. Membuat blog

Bagi Anda yang hobi menulis, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari membuat blog. Blog tersebut wajib diisi dengan tulisan berkualitas yang bebas dari plagiat. Lalu, Anda perlu mengunggah tulisan setiap hari agar semakin banyak pembaca blog. Dari sana trafik blog Anda pun menjadi naik.

Jika sudah memenuhi persyaratan, Anda dapat mengajukan pemasangan iklan pada Google Adsense. Ketika disetujui, iklan akan muncul di blog Anda.

Atau Anda bisa bekerja sama dengan suatu brand yang meminta Anda mereview produk atau jasa yang ditawarkannya. Dari kerja sama ini Anda pun akan meraih penghasilan tambahan.



5. Membuka bisnis toko online

Membuka toko online adalah salah satu cara yang bisa Anda andalkan untuk mendapat penghasilan tambahan. Produk yang Anda jual bisa apa saja. Jika baru pertama kali memulainya, Anda bisa menjual produk milik toko online lain dulu atau yang paling mudah adalah menjual baju bekas. Anda pasti memiliki baju bekas yang masih layak dipakai.

Daripada menumpuk di lemari Anda, Anda dapat menjualnya pada pelanggan yang berminat. Siapa tahu dengan membuka toko online kecil-kecilan itu melatih Anda untuk membuka bisnis yang lebih besar nantinya.


6. Menjadi buzzer

Buzzer di sini maksudnya bukan buzzer yang berkaitan dengan politik, tapi buzzer untuk membantu promosi di media sosial. Media yang digunakan biasanya Twitter. Anda bersama tim lain akan diminta untuk membuat trending suatu kata kunci yang berkaitan dengan brand yang bertujuan agar orang-orang lebih mengenal brand tersebut.

Syarat untuk menjadi buzzer adalah Anda harus memiliki pengikut yang banyak. Masing-masing perusahaan biasanya punya kebijakan berbeda soal jumlah pengikut ini. Lalu, Anda juga harus bisa jaga image di media sosial. 

Jangan membuat konten yang nyeleneh atau menyinggung SARA karena perusahaan hanya ingin bekerja sama dengan buzzer yang punya jejak kerja yang baik.


Baca juga: Kerja Sampingan untuk Dapat Uang Ekstra yang Dimulai dari Rumah


7. Menawarkan jasa desain grafis

Jasa desain grafis sangat memungkinkan untuk menjadi pekerjaan sampingan. Ini khusus untuk Anda yang memang punya keahlian dalam desain grafis. Anda bisa membuat konten promosi di internet, membuat desain situs web, membuat desain sebuah aplikasi, dan yang lainnya. 

Penghasilannya pun lumayan karena biasanya Anda akan dibayar per proyek. Jadi, bayangkan saja apabila dalam sebulan Anda bisa mengerjakan minimal tiga proyek. Tarifnya bisa Anda sesuaikan dengan kerumitan briefing yang diberikan pada Anda.

Jangan lupa perhatikan tenggat waktunya agar Anda tidak keteteran dalam mengerjakan pekerjaan di kantor dan pekerjaan sampingan ini.


8. Melakukan trading saham dan trading kripto

Untuk menghasilkan uang tambahan bagi karyawan yang terakhir adalah dengan melakukan trading saham dan trading kripto. Kedua pilihan trading itu yang paling sering dilakukan pekerja kantoran zaman now. Keuntungan yang didapatkan pun bisa memuaskan selama Anda melakukannya dengan analisis yang tepat.

Memulai trading saham dan kripto pun tidak harus dengan modal yang besar. Jika Anda pemula, beberapa platform online membolehkan Anda memiliki saldo yang minim. Baru seiring waktu, Anda dapat menambahkan modalnya secara perlahan. 

Agar sukses melakukan trading saham dan trading kripto, Anda perlu belajar terlebih dahulu bagaimana praktiknya yang benar. Lalu, belajar juga analisis teknikal yang menjadi andalan Anda untuk sukses dalam dunia trading ini.

 

Mendapatkan penghasilan dari berinvestasi di Modal Rakyat

Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari berinvestasi di Modal Rakyat. Dana yang Anda siapkan akan disalurkan pada para pelaku UMKM yang membutuhkan modal untuk membangun bisnisnya. Anda akan mendapatkan imbal hasil 25% per tahunnya. Anda pun bisa sekalian membantu UMKM untuk terus maju meningkatkan perekonomian dalam negeri.

Gunakan kode promo BLOG25 agar Anda mendapatkan saldo bonus Rp25.000. Anda bisa mendaftar menjadi investor melalui halaman ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru