Finansial

Kerja Sampingan untuk Dapat Uang Ekstra yang Dimulai dari Rumah

Kabrina Rian Ferdiani-

03 Aug 2020

Kerja Sampingan untuk Dapat Uang Ekstra yang Dimulai dari Rumah

Mendapatkan penghasilan ekstra menjadi keinginan banyak orang. Tidak hanya karyawan yang sudah memiliki pekerjaan utama, mahasiswa pun juga ingin mendapatkan tambahan penghasilan.

Kerja sampingan menjadi salah satu solusi untuk bisa mendapatkan uang ekstra. Namun terkadang, beberapa orang tidak memiliki waktu yang lama untuk bekerja. Karena itulah pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah menjadi solusinya.

Apa manfaat memiliki kerja sampingan dari rumah? Apa saja peluang kerjanya? Berikut ulasannya untuk kamu.


Baca juga: Memulai Bisnis Sampingan, Solusi Terbaik Saat Finansial Menurun


Manfaat Memiliki Kerja Sampingan

Pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah memiliki banyak manfaat. Selain bisa menambah pemasukan, berikut beberapa manfaat memiliki kerja sampingan dari rumah.

Biaya Usaha Lebih Hemat

Tahukah kamu jika kamu memiliki usaha atau kerja sampingan dari rumah, kamu bisa menghemat biaya usaha?

Ini karena kamu tidak perlu menyediakan modal untuk menyewa tempat berbisnis. Cukup manfaatkanlah ruangan yang ada di rumah seperti teras, halaman, atau mungkin garasi yang jarang digunakan.

Waktu Juga Bisa Lebih Hemat dan Fleksibel

Bekerja di kantor harus mengikuti jam kantor yang sudah ditentukan. Hari masuk pun juga ditentukan. Karena ini, pekerjaan di kantor tidak termasuk pekerjaan dengan waktu yang fleksibel.

Berbeda dengan jika kamu memiliki kerja sampingan di rumah. Kamu bebas menentukan kapan akan mulai dan selesai bekerja. Dengan waktu yang  lebih fleksibel, kamu bisa mendapatkan uang ekstra dari kerja di rumah.

Menghemat Tenaga

Selanjutnya, kamu juga bisa menghemat tenaga dengan memulai kerja sampingan dari rumah. Ini karena kamu tidak perlu menempuh perjalanan untuk sampai ke tempat bekerja. Kamu juga tidak perlu melakukan perawatan lebih untuk tempat kamu membuka usaha.

Mendapatkan Keuntungan Lebih Besar

Manfaat lainnya dari kerja sampingan dari rumah adalah kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih besar. Ini karena kamu tidak perlu menyisihkan pendapatan untuk membayar ongkos transportasi, menyewa tempat, atau pemeliharaan tempat.

Keuntungan yang kamu dapat bisa lebih banyak ditabung atau diinvestasikan. Dengan begitu, uangmu semakin banyak berkembang.


Baca juga: Adaptasi Bisnis Ketika Memasuki New Normal Penting agar Tetap Bertahan


Ide Kerja Sampingan dari Rumah

Kamu telah mengetahui berbagai manfaat memiliki pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan dari rumah. Sekarang, kamu akan mendapatkan beberapa ide kerja sampingan. Berikut penjelasannya.

Menjual Foto di Internet

Apakah kamu hobi fotografi? Apakah stok foto yang kamu punya cukup banyak? Daripada stok fotomu menganggur, lebih baik kamu menjualnya di internet. Kamu bisa mendapatkan uang tambahan.

Situs seperti Shutterstock memberikan kesempatan kepada para fotografer untuk mengunggah fotonya. Fotomu akan bisa dilihat oleh semua orang di dunia. Setiap ada yang mengunduh, kamu bisa mendapatkan keuntungan.

Bisnis Dropshipping

Kamu tidak memiliki modal untuk memulai usaha? Atau, kamu tidak memiliki tempat yang cukup untuk menyimpan stok barang yang akan dijual?

Tidak perlu bersedih karena bisnis dropshipping adalah jawaban atas permasalahan-permasalahan tersebut. Bisnis ini muncul untuk kamu yang ingin memulai usaha dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sekalipun.

Bisnis ini dilakukan dengan cara menjual barang milik seller ke platform e-commerce atau media sosial atas namamu. Jika ada pelanggan yang tertarik membeli barang, kamu tinggal memesan kepada seller dan seller akan mengirimkan barang ke pelanggan atas nama tokomu.

Kamu hanya perlu menjual dengan harga yang lebih tinggi agar bisa mendapatkan keuntungan. Bisnis dropshipping ini banyak diminati karena pelaku tidak perlu mengurus packing dan juga pengiriman. Semuanya akan dilakukan oleh seller.

Menjual Pulsa

Kerja sampingan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menjual pulsa. Kamu tidak perlu menyewa tempat untuk melakukan bisnis ini, loh. Menjual pulsa bisa dilakukan dari rumah saja.

Selain pulsa, kamu bisa juga menyediakan jasa untuk membayar listrik, PDAM, atau pembelian tiket pesawat dan tiket kereta api. Kamu bisa memulai usaha ini dengan menawarkan kepada tetangga rumah.

Jangan lupa memberikan keterangan di depan rumah bahwa kamu menjual pulsa dan menyediakan jasa untuk membayar listrik, PDAM, atau tiket perjalanan.

Penulis Lepas

Apakah kamu senang menulis? Jika iya, kamu bisa memanfaatkan waktu luang menjadi penulis lepas. Banyak website atau perusahaan yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk memasarkan produk atau jasa yang mereka miliki.

Kamu perlu membekali diri dan belajar mengenai SEO. Dengan begitu, kamu bisa menentukan keyword yang tepat untuk membuat artikel. Teknik penulisan secara SEO pun juga perlu kamu kuasai agar tulisan yang kamu buat bisa mendapatkan ranking di mesin pencarian.

Membuka Kursus

Apakah kamu masih mengingat pelajaran-pelajaran saat kamu sekolah? Atau kamu ahli dalam bidang mata pelajaran tertentu? Kamu bisa memanfaatkan keahlianmu untuk membuka kursus privat, loh.

Kamu bisa menjadi tutor untuk anak-anak yang masih sekolah. Dengan bantuanmu mereka akan lebih bisa memahami pelajaran, bisa mengerjakan PR dengan baik, dan mempersiapkan ulangan.

Tidak harus bidang dalam mata pelajaran di sekolah. Jika kamu pandai berbahasa asing atau memiliki keahlian dalam bidang tertentu, kamu bisa membuka kursus. Misalnya, kursus untuk memainkan gitar, kursus menjahit, atau kursus bahasa Mandarin.


Baca juga: Tips Sukses Memulai Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru