Bisnis

Strategi Bisnis Franchise agar Penjualan Terus Laris Manis

Kabrina Rian Ferdiani-

12 Jun 2020

Strategi Bisnis Franchise agar Penjualan Terus Laris Manis

Franchise atau waralaba merupakan istilah yang tidak asing lagi para pelaku bisnis. Bisnis waralaba sendiri memungkinkan para penerima waralaba memiliki hak dalam menjual jasa atau produk dari pemilik usaha waralaba atau franchisor. 

Meskipun dalam menjalaninya tidak mudah seperti halnya bisnis ini, bisnis waralaba cenderung lebih menggiurkan. Bagaimana bisnis waralaba bisa jadi menggiurkan? Tentu saja karena bisnis ini menawarkan jalan singkat untuk mencapai tahap dikenal oleh masyarakat. 

Jadi singkatnya, bisnis franchise memberi Anda jalan pintas melewati tahap pengenalan produk atau jasa pada masyarakat karena umumnya sudah mengenal merek dagang tersebut. Meskipun begitu, bisnis waralaba tetap membutuhkan strategi tersendiri berikut penjabarannya.


Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Banyak dari Bisnis Franchise


Rencanakan Segalanya dengan Matang

Meskipun tahap ini tampak mudah untuk dilakukan, nyatanya banyak pebisnis waralaba yang terkejut saat mengetahui betapa banyaknya hal yang harus dipersiapkan dengan matang. Hal pertama yang perlu direncanakan adalah jenis usaha apa yang ingin Anda jadikan bisnis waralaba serta dari brand man.

Baru setelah itu, Anda perlu menentukan langkah selanjutnya dalam bisnis franchise berupa penyusunan rencana. Dimulai dari strategi pemasaran, lokasi, perekrutan karyawan, serta kegiatan operasional lainnya. Sangat penting bagi Anda untuk merencanakan semuanya secara matang, namun jangan sampai Anda terlalu terpaku pada perencanaan karena tahap eksekusi menunggu Anda.


Selektif Memilih Brand dan Jenis Franchise

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menentukan jenis waralaba yang cocok untuk bisnis Anda sekaligus menentukan brand-nya. Selain itu, Anda juga perlu melakukan pertimbangan lagi mengenai apakah jenis usaha tersebut dibutuhkan masyarakat, tingkat kesulitan, peluang berhasilnya, sarana prasarana yang dibutuhkan, serta strategi pemasarannya. 

Begitu pula saat Anda menjalani bisnis franchise. Mulai dari jenis waralaba serta brand yang berada di baliknya, perlu Anda pilih secara selektif. Apakah jenis waralaba dengan brand ini dibutuhkan masyarakat? 

Seberapa tinggi tingkat kesulitannya dan peluang kesuksesannya? Apa saja sarana dan prasarana yang dibutuhkan serta bagaimana pula strategi pemasaran yang diperlukan? Semua hal ini harus dipikirkan secara matang sebelum membangun usaha waralaba.


Manfaatkan Dukungan dari Franchisor

Dalam bisnis franchise umumnya akan memberikan berbagai dukungan berupa sarana dan prasarana operasional, teknologi, pemasaran serta pelatihan hingga pendanaan. Sebagai pebisnis waralaba, yang perlu Anda lakukan adalah memanfaatkannya sebaik-baiknya guna mengembangkan bisnis waralaba Anda. 

Selain itu, pererat relasi dengan franchisor sehingga franchisor dengan senang hati membantu dan menyukseskan bisnis waralaba Anda. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari pentingnya keberlangsungan bisnis franchise Anda bagi franchisor. Mengapa? 

Hal ini tentu saja dikarenakan brand milik franchisor sangat berpengaruh terhadap bisnis yang Anda jalankan ketika menggunakan nama dan brand tersebut. Citra bisnis Anda juga akan berpengaruh terhadap citra brand waralaba sehingga pihak franchisor akan selalu senang dalam mendukung bisnis waralaba yang Anda jalankan.


Pilih Lokasi yang Strategis

Strategi bisnis waralaba berikutnya yang tidak boleh Anda sepelekan adalah lokasi bisnis waralaba Anda. Meskipun beberapa franchisor telah menentukan lokasi bisnis waralaba, bukan berarti Anda bisa berpangku tangan karena Anda tetap harus memastikan outlet berbisnis Anda terletak lokasi yang strategis. 

Jangan sampai salah memilih lokasi jika Anda tidak ingin bisnis Anda sepi. Pastikan Anda memilih lokasi bisnis franchise yang pasarannya sesuai dengan target pelanggan Anda. Jangan asal memilih tempat yang ramai. 

Karena bisa jadi lokasi yang ramai membuat pelanggan-pelanggan Anda malas datang karena tidak suka suasana yang penuh dengan hiruk-pikuk. Jadi, pahamilah target pelanggan Anda dengan baik untuk menentukan lokasi bisnis.


Fokus dengan Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya mengenai pentingnya memahami target pelanggan Anda karena tidak hanya sampai di situ usaha Anda. Anda masih perlu memikirkan strategi bisnis franchise mengenai bagaimana Anda memberikan pelayanan pada pelanggan yang telah didapatkan. 

Karena pelayanan yang buruk dapat memengaruhi kepuasan pelanggan Anda. Pelanggan yang tidak puas bahkan bisa juga menimbulkan dampak yang lebih buruk, mulai dari merusak citra bisnis waralaba Anda hingga merusak reputasi brand franchisor 

Yang selanjutnya akan memengaruhi citra bisnis waralaba lainnya. Hal ini akan membuat relasi Anda dengan franchisor memburuk dan merugikan bisnis waralaba Anda, mengingat franchisor berperan dalam memberi dukungan pada bisnis Anda.


Bangun Reputasi di Tengah-Tengah Komunitas

Strategi franchise berikutnya adalah membangun reputasi di tengah-tengah masyarakat sejak awal Anda menjalankan bisnis waralaba ini. Dalam komunitas dengan bisnis yang serupa ini Anda bisa membangun citra bisnis dengan baik. Anda bisa mulai dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh komunitas tersebut. 

Jadi, tidak perlu ragu membuka stand atau menjadi sponsor dan donatur. Meskipun penting untuk bisa mengikuti acara-acara yang diadakan komunitas tersebut, bukan berarti Anda harus asal ikut karena selektif dalam memilih acara juga diperlukan. 

Pastikan Anda memilih acara yang sejalan dengan jenis bisnis franchise tersebut sehingga bisa sesuai dengan target pasaran yang diinginkan. Sebagai contoh, Anda tidak mungkin membuka stan rokok di acara anak-anak, bukan?


Lakukan Pemasaran dengan Cara Tepat

Terakhir, dan salah satu yang terpenting adalah pemasaran. Beberapa kali telah disinggung sebelumnya, pemasaran merupakan salah satu rahasia kesuksesan pebisnis handal. Sebuah usaha tidak akan dapat berkembang apabila tidak memiliki pemasaran yang baik. Sebaik apapun kualitas jasa dan produk yang ditawarkan, hasilnya tidak akan maksimal tanpa dilakukannya pemasaran.

Dalam melakukan pemasaran bisnis franchise Anda diperlukan trik-trik pemasaran yang kreatif dan efisien. Salah satu caranya dengan memberikan potongan harga atau diskon saat Anda melakukan promosi. Anda juga bisa memberi penawaran khusus dengan memberikan hadiah setelah sejumlah pembelian barang atau penggunaan jasa.

Dengan menerapkan ketujuh strategi di atas dengan baik, maka tidak perlu ragu Anda akan gagal sesaat setelah memulainya. Yang perlu Anda lakukan adalah tetap yakin bahwa bisnis franchise tersebut kelak akan sukses dan cepat atau lambat dapat memberi keuntungan.


Baca juga: Cara Menguasai Media Sosial Marketing pada 2020

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru