Finansial

Strategi Investasi Jangka Panjang yang Membuat Anda Makin Untung

Kabrina Rian Ferdiani-

30 Jul 2020

Strategi Investasi Jangka Panjang yang Membuat Anda Makin Untung

Melakukan investasi jangka panjang tentulah pilihan yang tepat untuk Anda. Memang investasi menjadi salah satu kegiatan yang banyak dipilih orang dan tentunya digemari. Karena, dengan melakukan investasi, Anda dapat menjaga aset dan harta yang Anda miliki. 

Selain itu, Anda juga akan memperoleh banyak keuntungan dari kegiatan investasi tersebut. Investasi sendiri, terdapat dua jenis, yaitu investasi jangka pendek dan juga jangka panjang. Kebanyakan orang lebih memilih investasi jangka panjang, yang biasanya memiliki jangka waktu lebih dari 5 tahun. 

Investasi berjangka panjang sendiri ialah kegiatan penanaman sebuah aset dalam jangka waktu lebih dari satu tahun untuk menguasai suatu perusahaan. Bedanya dengan investasi jangka pendek, Anda memang harus lebih bersabar.

Karena investasi jangka panjang ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat mencairkan dana keuntungan yang telah Anda peroleh. Dengan bersabar, tentu jumlah yang akan Anda dapatkan dan miliki tentu bernilai cukup besar.


Baca juga: 3 Prinsip Investasi Jangka Panjang yang Harus Anda Pahami


Melakukan Persiapan Mental dan Memperhatikan Kapasitas Risiko

Sebelum memilih keputusan untuk melakukan investasi jangka panjang, tentu strategi pertama yang harus Anda lakukan ialah menyiapkan mental secara baik. Karena ketika memilih investasi tersebut, Anda akan bermain dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Dalam bermain tersebut, Anda harus cerdas dalam memilah berbagai problem, baik yang kecil maupun besar. Sudut pandang Anda pun harus diperluas dalam melihat suatu masalah. Anda tidak boleh mudah down hanya karena isu-isu negatif yang menerpa jenis instrumen yang Anda pilih untuk melakukan investasi jangka panjang

Nilai investasi Anda tentu akan terjaga dengan baik karena pada setiap permainan investasi sudah diperhitungkan dengan matang-matang, khususnya untuk jangka panjang. Tentunya Anda sudah paham betul bahwa di setiap langkah terdapat sebuah risiko. Termasuk dengan investasi jangka panjang, jelas memiliki sejumlah risiko.

Baik risiko yang amat kecil sekali pun, hingga risiko yang besar. Ketika Anda berani mengambil sebuah risiko yang cukup besar, biasanya juga akan memperoleh nilai return yang jumlahnya juga cukup besar. Banyak pihak yang memiliki untuk memperoleh nilai return yang besar tanpa memperhatikan bagaimana mengendalikan risiko yang ada. 

Ketika Anda melakukan investasi jangka panjang, sebaiknya untuk lebih menggali lebih dalam tentang instrumen yang Anda pilih. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari risiko-risiko yang mengintai Anda. Sehingga pahami betul dan lakukan investasi sesuai dengan kemampuan Anda.


Perhatikan Asal Dana dan Jangka Waktu Investasi yang Dipilih

Saat memilih untuk melakukan investasi jangka panjang, ada hal penting yang harus Anda perhatikan, yaitu sumber dana berasal. Anda harus memperhitungkan dengan baik apakah dana yang Anda pakai memang cukup dan memiliki stabilitas yang baik. 

Jangan sampai Anda memaksakan dana yang seharusnya menjadi dana untuk memenuhi biaya hidup Anda. Anda harus memiliki perencanaan keuangan yang matang, sisihkan uang untuk biaya hidup sehari-hari, dan sisanya untuk melakukan investasi. 

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar investasi yang Anda lakukan dapat berjalan lancar dan juga optimal. Ketika dana investasi Anda stabil, tentu akan berpengaruh dengan hasil akhir yang akan Anda peroleh pada jangka waktu yang telah ditentukan.

Sebelum melakukan investasi jangka panjang, sebaiknya Anda memahami betul mengenai jenis instrumen yang Anda pilih. Selain itu, Anda juga harus menentukan panjang jangka waktu untuk Anda melakukan investasi tersebut. Penting sekali untuk mengetahui waktu yang akan Anda tempuh dalam berinvestasi. 

Jelas, sesuaikan dengan kemampuan dan jenis instrumennya. Menentukan jangka waktu, artinya Anda harus paham dengan tujuan Anda berinvestasi. Keuntungan seperti apa yang ingin Anda peroleh dan tujuan apa yang ingin Anda gapai dengan keuntungan dari investasi. 

Berapa lama pun jangka yang Anda pilih untuk berinvestasi, pastikan Anda wajib konsisten dan juga betah dalam berinvestasi. Karena selama apapun berinvestasi namun tidak konsisten, tentu akan merugikan Anda, bukan?


Menghindari PER bagi Anda Investor Saham dan Mulai Beradaptasi dalam Berinvestasi

Strategi yang satu ini dikhususkan bagi Anda para pecinta instrumen saham untuk investasi jangka panjang. Apalagi untuk Anda yang bertipe fundamentalis. Biasanya untuk pemula yang masuk dalam dunia saham, akan sangat menyukai Price Earning Ratio atau PER untuk melakukan valuasi saham. 

PER akan menunjukkan tingkat mahal dan murahnya sebuah harga saham di pasaran. Ketika seorang investor hanya menggunakan PER untuk valuasi sebuah nilai saham, tandanya investor tersebut hanya berspekulasi. Padahal dalam permainan saham, investor tidak baik melakukan spekulasi. 

Ada banyak rasio lain yang harus Anda pahami selain PER, yaitu ada nilai growth perusahaan, struktur utang piutang, dan lainnya. Seorang investor harus bijak, bukan? Strategi terakhir yang perlu Anda pahami ialah beradaptasi dengan lingkungan yang semakin maju dan selalu berubah ini. 

Perubahan tentunya akan sangat berpengaruh terhadap investasi jangka panjang Anda, apapun instrumennya. Jelas investasi ini tidak akan Anda nikmati dalam waktu dekat, akan banyak perubahan, mulai dari era, tipe bisnis, juga investasi Anda. Menjadi seorang investor, tandanya Anda harus siap untuk menerima segala perubahan yang ada. 

Seperti gelas penuh yang harus dikosongkan untuk menerima lebih banyak ilmu baru. Anda akan beradaptasi dengan segala hal yang berkaitan dengan investasi Anda. Seorang investor yang baik harus mampu menyerap banyak informasi baru dan tentunya cerdas dalam bermain.

Investasi bukanlah sembarang permainan yang dapat Anda lakukan tanpa persiapan. Segala modal, mulai dari dana, jenis instrumen yang Anda pilih, dan juga berbagai macam strategi yang matang harus Anda persiapkan. 

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari Anda dari risiko-risiko besar yang bertebaran dan berpeluang merugikan Anda. Hal ini juga akan menghindarkan dari penipuan investasi jangka panjang bodong yang semakin bertebaran di mana-mana.


Baca juga: Investasi Online Menguntungkan Tahun 2020, Anda Harus Coba

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru