Gaya Hidup

Sukses Tanpa Kerja Keras Bukanlah Isapan Jempol, Mudah Ternyata

Paskalia-

18 Sep 2019

Sukses Tanpa Kerja Keras Bukanlah Isapan Jempol, Mudah Ternyata

Ketika kecil dulu, mungkin kita pernah mendapatkan sebuah doktrin bahwa kalau mau sukses itu perlu bekerja keras. Namun tampaknya pendapat seperti ini sudah mulai usang, mengapa? Ini disebabkan banyak orang yang bekerja keras mengerjakan rutinitas hariannya, tetapi tak kunjung mendapatkan kesuksesan yang dicari. 

Jika kerja keras tak mampu mengantarkan kita pada kesuksesan, kira-kira dengan cara apa, ya, supaya kita bisa sukses? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka Anda perlu membaca artikel ini hingga selesai. Sukses tanpa kerja keras, begini rahasianya!


Baca juga: 12 Sifat yang Harus Dimiliki Pengusaha Sukses


Mungkin di antara kita sering mendengar ada orang yang bekerja dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan menyenangkan keluarganya. Namun di antara orang-orang tersebut lupa untuk menyenangkan diri sendiri. Lalu apa dampak dari itu semua? Banyak dari mereka yang pada akhirnya tidak menikmati pekerjaan, menjadikan pekerjaan sebagai rutinitas harian saja, bahkan di antaranya merasa bahwa pekerjaan adalah sebuah beban.

Lalu, apakah orang-orang yang bekerja dengan tujuan seperti ini bisa meraih kesuksesan? Faktanya tidak, orang-orang seperti ini cenderung hanya bekerja untuk menggugurkan kewajibannya saja, mendapatkan penghasilan, dan memenuhi kebutuhan keluarganya. Mereka cenderung enggan berada pada wilayah kompetisi yang penuh tantangan. 

Berbeda dengan orang yang bekerja dengan tujuan menyenangkan orang lain, orang yang bekerja untuk menyenangkan diri sendiri cenderung bahagia dengan pekerjaannya. Tempat kerja bisa jadi menjadi rumah kedua untuknya, ia bisa berlama-lama berada di tempat kerja, dan mengerjakan banyak hal tanpa terlalu menjadikannya sebagai beban. 

Dengan menyenangkan diri sendiri seperti ini dalam bekerja, maka kita bisa membuktikan bahwa sukses tanpa kerja keras itu sangat mungkin untuk terjadi. Jika hati sudah merasa senang, maka banyak hal-hal hebat bisa kita ciptakan dan banyak tantangan akan kita terima dengan sukacita. Tapi jika belum apa-apa kita sudah terbebani dengan keluarga dan embel-embel lainnya, maka langkah dan ruang gerak kita akan terbatas, sekalipun banyak yang menjadikan hal ini sebagai motivasi utama dalam bekerja.


Baca juga: 5 Cara dan Tips Agar Semangat dalam Bekerja


Bekerja Secara Cerdas

Sukses tanpa kerja keras bisa kita wujudkan salah satunya dengan bekerja secara cerdas. Bagaimana caranya bekerja secara cerdas? Caranya adalah dengan meningkatkan keterampilan serta skill kita dalam bekerja. Mulai dari manajemen waktu, keterampilan berkomunikasi dan keterampilan serta skill lainnya.

Skill dan keterampilan yang kita miliki bisa meningkatkan nilai diri kita, sehingga kita bisa lebih cepat mencapai sukses tanpa kerja keras yang didambakan semua orang. Jika orang-orang yang bekerja keras hanya menyelesaikan daftar-daftar tugas setiap harinya saat bekerja, maka orang-orang yang bekerja cerdas akan menciptakan inovasi-inovasi yang selalu berbeda dari waktu ke waktu.

Dari paparan di atas, kita bisa memilih mau jadi bagian yang mana. Bagian orang-orang yang hanya mengandalkan kerja keras, lalu bermimpi untuk sukses, atau bagian orang-orang yang melibatkan kecerdasannya sehingga bisa sukses tanpa kerja keras. Orang yang bekerja secara cerdas bahkan tidak perlu bekerja keras, karena pada akhirnya ia bisa mendelegasikan tugasnya kepada orang-orang yang tepat, sehingga banyak pekerjaan bisa terselesaikan dan banyak inovasi baru bisa diciptakan. 


Memilih Jenis Pekerjaan yang Sesuai dengan Diri Sendiri

Sukses tanpa kerja keras bisa juga kita ciptakan dengan memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan diri kita, dengan nilai-nilai yang kita pegang, sesuatu yang kita sukai, dan pekerjaan yang selalu meningkatkan keterampilan kita dalam banyak hal. Tidak banyak orang punya kesempatan untuk bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan diri sendiri, banyak di antaranya yang bekerja karena hanya tempat tersebut yang menerimanya. 

Orang-orang yang bisa memilih bidang pekerjaannya sendiri adalah orang dengan kesiapan mental yang cukup menerima kegagalan dan penolakan, bahkan ada di antaranya yang siap membuka bidang pekerjaannya sendiri. Jika kita bisa bekerja sesuai dengan diri kita, maka segala macam tantangan yang menghadang, lebih mudah untuk kita lewati. 

Mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan skill yang kita punya, dengan nilai diri kita akan membuat kita semakin bersemangat dan percaya diri untuk menjalaninya. Dengan itu semua secara tidak langsung kita akan jauh lebih bahagia menjalani hari-hari dalam pekerjaan kita. Bekerja bagi kita bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban semata, tetapi juga ada makna tersendiri yang kita rasakan saat kita mengerjakannya. Nah, secara otomatis kita akan lebih optimal dan mengerahkan segala daya dan upaya untuk mengerjakannya.

Dengan semua keuntungan yang akan kita dapatkan saat bekerja pada bidang yang sesuai dengan diri kita, maka ini menjadi pertanda bahwa kesuksesan sedang menanti kita, bahkan bukan tidak mungkin sukses tanpa kerja keras. Tentu kesuksesan tidak serta merta datang secara instan, butuh waktu, pengorbanan, dan kerja-kerja cerdas yang menyertai setiap prosesnya. 


Berilah Hadiah untuk Diri Sendiri

Sukses tanpa kerja keras bisa juga kita gapai dengan sering mengapresiasi diri sendiri. Caranya dengan memberi hadiah untuk diri sendiri terhadap pencapaian-pencapaian kecil dalam kehidupan kita. Jadi sekalipun kesuksesan sebenarnya belum kita raih, tetapi mental kita selalu merasakan kesuksesan setiap saat. Hal ini bisa meningkatkan motivasi kita dalam bekerja dan memberikan yang terbaik.

Banyak orang di luar sana meyakini bahwa kerja keras dan semangat pantang menyerah menjadi kunci kesuksesan, tetapi banyak di antaranya yang lupa memberi hadiah untuk dirinya sendiri. Hidupnya selalu dipenuhi dengan daftar pekerjaan yang selalu menunggu dari waktu ke waktu. Hingga tanpa sadar waktu terus berlalu, kesuksesan belum kunjung tiba, dan ia sedikitpun tidak merasa bahagia dalam menjalani hari-harinya.

Berilah jeda waktu untuk diri kita sendiri. Setelah lelah bekerja, maka sediakan waktu khusus untuk berlibur, dan gunakanlah waktu libur Anda untuk melakukan hal-hal semau Anda. Sesuatu yang tidak bisa kita lakukan saat kita sedang berada di waktu-waktu bekerja. Lepaskan diri dari pikiran tentang pekerjaan, dan nikmatilah kehidupan berbeda sekali waktu. Dengan melakukan hal ini, maka pikiran kita akan kembali segar dan mampu menghadapi tantangan rutinitas pekerjaan yang jauh lebih berat dari biasanya. 


Demikianlah beberapa kiat sukses tanpa kerja keras yang bisa Anda coba. Yang terpenting, untuk mencapai mimpi Anda harus yakin bahwa Anda bisa sukses tanpa kerja keras.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru