Bisnis

Tips Ampuh Menjalankan Bisnis Online bagi Pemula

Kabrina Rian Ferdiani-

07 Jan 2021

Tips Ampuh Menjalankan Bisnis Online bagi Pemula

Mungkin Anda adalah satu dari sekian banyak orang yang sedang mengembangkan bisnis online. Namun terkadang menjalankan bisnis secara online tidak mudah karena banyaknya hambatan seperti tingkat penjualan tidak kunjung meningkat sehingga profit stagnan, manajemen keuangan keliru, hingga cara pemasaran tidak tepat sasaran.

Kendala-kendala tersebut seringkali membuat para pelaku usaha online menjadi lesu atau bahkan patah semangat. Padahal sejatinya jenis bisnis ini terbilang mudah jika dilakukan dengan tekun. Di kalangan anak muda sendiri usaha online semakin menjamur dan banyak diminati karena keuntungannya cukup menggiurkan.

Baca juga: Ide Bisnis Online yang Bisa Dilakukan dari Rumah

Seperti yang kita ketahui, kebutuhan sehari-hari di era modern kian meningkat namun pendapatan dari bekerja cenderung tidak ada peningkatan. Oleh karena itu, salah satu solusi untuk memperoleh pendapatan tambahan yaitu dengan bisnis online. Selain mudah dan tidak membutuhkan banyak modal, jenis usaha ini juga sangat fleksibel.

Mulai dari pegawai, ibu rumah tangga, mahasiswa, hingga pelajar sekolah dapat menjalankannya kapan saja dan di mana saja. Namun untuk mencapai kesuksesan di bisnis ini yang pasti tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Agar bisnis online Anda menuai banyak keuntungan, perhatikan beberapa tips ampuh berikut ini.


Baca juga: 7 Trik Jitu untuk Memulai Bisnis Online Kuliner


Tanamkan Mindset Bisnis yang Tepat

Sebelum memulai bisnis apapun, baik itu secara online maupun offline, Anda harus menerapkan mindset yang tepat. Mindset ini memberikan pengaruh yang sangat besar bagi Anda sebagai pelaku bisnis. Tanpa adanya pola pikir tentang bisnis secara tepat, mustahil usaha yang Anda dirikan dapat berkembang dengan maksimal. 

Sayangnya tidak semua bisnis online memiliki pola pikir yang benar berkaitan dengan aktivitas ini. Sehingga tidak sedikit pengusaha yang akhirnya menyerah pada kegagalan karena kurang menanamkan mindset yang kuat pada dirinya. Mungkin Anda bertanya-tanya mindset seperti apa yang harus ditanamkan pada seorang pengusaha.

Baca juga: 7 Bisnis Online Tanpa Modal dan Bagaimana Cara Memulainya

Pertama, Anda harus memahami bahwa kesuksesan diperoleh melalui proses dan perjuangan. Jangan pernah berpikir bahwa usaha yang telah Anda rencanakan dengan matang sekalipun akan menghasilkan keuntungan dalam waktu singkat. Misalnya berharap mendapat keuntungan fantastis dengan memasang iklan produk lewat Google dalam sehari.

Atau membuat blog lalu berangan-angan mendapat traffic ribuan dalam waktu satu minggu. Khayalan seperti ini tentu sangat menyalahi mindset pelaku bisnis online. 

Kedua, jangan menyerah pada kegagalan. Kesuksesan yang diraih seorang pebisnis seringkali diperoleh setelah ratusan kali mengalami kegagalan. Ketiga, tanamkan keyakinan bahwa rezeki tidak akan tertukar.


Baca juga: Bagian-Bagian Penting dalam Menyusun Rencana Bisnis


Menentukan Target Market secara Tepat

Tips kedua agar sukses dalam usaha berbasis online adalah mampu menentukan target market. Sebelum memilih jenis produk apa yang akan dijual, alangkah baiknya memikirkan kepada siapa Anda akan menjual produk bisnis. Mari perhatikan ilustrasi sederhana berikut ini. 

Misalnya Anda memilih bisnis online menjual pakaian bayi. Maka target yang disasar adalah ibu yang memiliki bayi. Lain halnya jika Anda menentukan terlebih dahulu target marketnya yaitu ibu yang memiliki bayi. Dengan demikian, produk yang bisa ditawarkan tidak terbatas pada pakaian bayi saja tetapi juga mainan, buku parenting, susu, dan sebagainya.

Langkah berikutnya, Anda perlu menciptakan persona khusus untuk bisnis tersebut. Aspek yang diperlukan untuk menciptakan persona secara tepat antara lain memperhatikan rentang usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan, hobi, jumlah pendapatan, aktivitas di platform media sosial, dan sebagainya.


Baca juga: 13 Cara Mendapatkan Uang dari Internet


Menentukan Produk yang Akan Dijual

Nah, kini saatnya Anda menentukan jenis produk apa saja yang akan dijual pada bisnis online. Pikirkan kembali apakah produk tersebut merupakan hasil produksi sendiri atau menggunakan produk dari orang lain. Misalnya Anda ingin memasarkan hasil kerajinan tangan buatan sendiri. Maka kualitas adalah hal utama yang wajib diperhatikan.

Namun jika tidak dapat membuat produk sendiri karena keterbatasan modal atau alasan lain, Anda bisa menggunakan produk orang lain dengan sistem reseller maupun dropship. Namun pastikan Anda untuk memilih supplier yang memberikan kualitas barang terbaik dengan harga kompetitif. Usahakan juga memilih supplier yang kooperatif sehingga mudah diajak kerja sama.


Baca juga: Media Sosial vs Email: Siapa Pemenang Gim Digital Marketing?


Menerapkan Teknik Pemasaran dengan Tepat

Tips berikutnya yang tidak kalah penting dalam bisnis online adalah menerapkan strategi pemasaran. Strategi pemasaran harus memperhatikan banyak hal, misalnya platform atau saluran pemasaran, teknik copywriting, foto produk, video, dan sebagainya. Aspek ini harus dipikirkan dan diterapkan secara matang agar dapat menyasar sesuai target market.

Sementara platform yang dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran antara lain mendaftar ke Google Bisnisku. Platform ini memberikan dampak yang sangat positif bagi bisnis online Anda. Antara lain untuk mencantumkan informasi mengenai alamat bisnis, nomor telepon, blog atau website, hingga ulasan dari pelanggan.

Maksimalkan juga penggunaan media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter untuk memasarkan produk Anda secara gratis. Namun, jangan melakukannya tanpa strategi. Menjual produk di media sosial secara membabi-buta justru akan membuat orang lain kabur dan tidak mau mampir ke akun Anda.


Baca juga: Tips Menggunakan Endorsement untuk Pemasaran Produk


Membuat Website untuk Toko Online

Cara lain yang juga efektif untuk mengembangkan bisnis online Anda adalah dengan membuat website khusus. Membuka toko online yang memiliki website khusus umumnya lebih disukai karena terpercaya. Tingkat kepercayaan konsumen akan meningkat dengan adanya website profesional yang Anda miliki.

Membangun sebuah website toko online juga perlu dibarengi usaha tersendiri agar memperoleh traffic maksimal. Misalnya dengan menerapkan strategi optimasi SEO. Dengan begitu website Anda semakin mudah ditemukan dan menjangkau lebih banyak calon pembeli. Meskipun membutuhkan biaya khusus, namun efek website untuk bisnis online Anda sangat positif. 

Di era yang semakin modern, kini setiap orang bisa memiliki usahanya sendiri. Begitu pula Anda yang menginginkan pendapatan tambahan selain pekerjaan utama. Kunci keberhasilan bisnis online adalah ketekunan, kedisiplinan, serta pantang menyerah pada kegagalan.


Baca juga: Modal Utama untuk Sukses Menjalankan Bisnis Online

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru