Gaya Hidup

Tips Belajar Percakapan Bahasa Inggris untuk Alumni yang Siap Kerja

Kabrina Rian Ferdiani-

15 Oct 2019

Tips Belajar Percakapan Bahasa Inggris untuk Alumni yang Siap Kerja

Tips belajar percakapan Bahasa inggris sangat diperlukan bagi fresh graduate seperti Anda. Kemampuan dalam berbahasa Inggris akan sangat mempengaruhi untuk dapat diterima di dalam sebuah perusahaan karena banyak perusahaan menginginkan calon karyawan yang mampu berbahasa Inggris.


Berbicara atau melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris merupakan sebuah keterampilan yang sangat diperlukan oleh alumni yang sudah siap kerja. Orang yang mahir dalam berbahasa Inggris tentu dikatakan sudah menguasai bahasa tersebut. Tidak heran jika banyak orang mengikuti kursus hanya untuk meningkatkan kemampuannya dalam berbicara dalam bahasa Inggris saja.


Setelah kursus bahasa asing berbulan-bulan, tidak ada peningkatan dalam berbahasa Inggris. Merasa skill sama saja seperti dulu sebelum mengikuti kursus. Sudah banyak cara yang dilakukan untuk dapat melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris dengan lancar, akan tetapi tidak ada peningkatan yang berarti. Banyak orang yang bertanya-tanya; sebenarnya apa yang membuat kemampuan melakukan percakapan  dalam Bahasa Inggris masih belum lancar?


Jika Anda mencari informasi di internet tentang tips and trick untuk dapat berbahasa Inggris, maka ada banyak sekali artikel yang menyediakan tips and trick untuk dapat berbahasa Inggris. Anda dapat belajar melalui artikel-artikel tersebut.


Dari sekian banyak tips dan trik untuk belajar percakapan Bahasa Inggris, maka berikut ini adalah tips belajar percakapan bahasa Inggris yang bisa Anda coba.


Baca juga: Menabung Sambil Kuliah? Bisa Banget, Cobain deh Tipsnya


Praktik dan Fokus pada 5 Tenses


Terkadang beberapa orang sering menunggu untuk memulai bicara dalam Bahasa Inggris karena mereka belum mahir dan belum menguasai grammar dengan baik. Atau terkadang, mereka masih harus menunggu untuk menghafalkan semua aturan dan semua format. Mereka terlalu banyak menunggu sehingga tidak pernah praktik. Kalau seperti ini, kapan Anda akan lancar berbahasa Inggris? Konsep yang keliru adalah harus menghafal semua grammar baru setelah itu mulai berbicara bahasa Inggris.


Berhenti untuk selalu menunda segala sesuatu termasuk belajar Bahasa Inggris, mulai praktik dan action, lakukan saja dulu, mulai saja dulu. Jangan memiliki banyak alasan sehingga membenarkan penundaan untuk berbicara dalam bahasa Inggris.

 

Jika Anda ingin menguasai grammar, fokus saja dulu kepada 5 tenses. Dengan menguasai 5 tenses, Anda sudah bisa bercakap-cakap dalam bahasa Inggris.

 

Mempelajari dan fokus kepada 5 tenses akan membuat Anda mampu berbahasa Inggris, ini adalah salah satu tips belajar percakapan bahasa Inggris yang bisa dicoba.


Utamakan Memahami Frasa dan Kalimat Sederhana daripada Menghafal Kata-Kata


Apakah Anda pernah diminta untuk menghafal banyak kosakata agar keterampilan speaking dalam bahasa Inggris bagus? Sebenarnya, cara ini tidak begitu membantu dan terkadang tidak selalu berjalan dengan baik. Anda harus meninggalkan cara yang kurang efektif ini. Menghafal semua kata yang ada di dalam tidak menjamin Anda bisa berbicara dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar.


Lalu, apa yang harus dipelajari agar Anda mahir dalam berbicara dalam bahasa Inggris? Anda harus mempelajari frasa dan kalimat sederhana karena frasa dan kalimat sederhana ini paling sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Misalnya saja, frasa dan kalimat sederhana dalam dialog sehari-hari di sekolah, di rumah, di tempat kerja, dan lain sebagainya. Ada baiknya Anda mempelajari frasa dan kalimat sederhana dibandingkan menghafal arti dari setiap kata dalam bahasa Inggris.


Ada beberapa orang yang mengetahui banyak kata tapi tidak tau bagaimana merangkainya. Ini disebabkan karena tidak tahu cara membuat kalimat sederhana. Jika Anda sudah menguasai kalimat sederhana dan frasa, berdialog pun menjadi lebih mudah.


Saat Belajar Speaking, Gunakan Beberapa Frasa Secara Terus-Menerus


Jika Anda sudah mengetahui frasa dan kalimat sederhana, maka yang harus diutamakan agar kemampuan Anda dalam berbicara dalam bahasa Inggris meningkat adalah harus menggunakan frasa tersebut secara terus-menerus. Ini adalah salah satu latihan agar kemampuan bahasa Inggris Anda terasah.


Anda juga harus bersemangat dalam belajar berbicara dalam bahasa Inggris. Dengan bersemangat Anda akan semakin lancar berbicara dalam bahasa Inggris.


Mungkin Anda merasa malu kalau ada orang yang mendengar ketika latihan berbicara dalam bahasa Inggris. Namun, ini bukan sebuah masalah besar yang dapat menghentikan Anda. Ceritakan saja kepada orang-orang sekitar bahwa Anda sedang latihan berbicara dalam bahasa Inggris. Jadi tidak merasa malu saat sedang berlatih.


Semakin sering melakukan latihan, maka frasa dan kalimat tersebut akan terus terngiang-ngiang di kepala dan akan semakin lancar berbicara dalam bahasa Inggris. Anda akan menjadi terbiasa mendengar kata-kata tersebut. Selain itu, Tingkatkan kemampuan lainnya dalam bahasa Inggris Anda seperti listening, writing, dan reading.


Buat Diri Anda Tenggelam dalam Lingkungan yang Anda Ciptakan


Cara yang paling efektif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa asing adalah dengan berbaur dengan penutur asli. Jika Anda membaca sekilas (tanpa adanya kreativitas) seolah Anda diarahkan untuk pergi ke luar negeri misalnya ke Amerika, Inggris, atau ke Australia. Padahal dengan kreatif Anda bisa menciptakan lingkungan sendiri.


Caranya adalah dengan traveling ke tempat wisata untuk dapat bercakap-cakap dengan penutur asli. Cari rekomendasi tempat yang paling sering dikunjungi oleh bule dan tentunya yang terdekat dengan tempat tinggal Anda. Kunjungi dan mulai belajar bahasa Inggris dengan para bule. Tenggelamkan diri dalam lingkungan yang Anda ciptakan tersebut.


Akan tetapi, jika Anda tidak bisa keluar rumah, Anda bisa menciptakan lingkungan berbahasa asing sendiri. Caranya adalah dengan melakukannya lewat Internet, karena semua bisa dilakukan lewat Internet. Cari teman bule melalui internet. Ajak teman-teman bule Anda mengobrol dalam bahasa Inggris melalui Skype atau aplikasi obrolan lain. Selain itu Anda bisa menghiasi rumah Anda dengan berbagai kutipan bahasa asing.


Anda juga bisa menciptakan lingkungan Anda dengan cara menonton acara di TV atau talkshow yang memakai bahasa Inggris. Anda juga bisa menonton film bahasa Inggris yang terdapat subtitle bahasa Indonesia. Jadi Anda bisa menciptakan berbagai suasana.


Konsisten dalam Berlatih


Tips belajar percakapan bahasa Inggris yang terakhir adalah mengatur jadwal dan konsisten dalam berlatih. Mengatur jadwal dan konsisten dalam berlatih adalah sebuah kunci penting untuk dapat mahir berbicara bahasa Inggris.


Anda harus mengatur jadwal dan melakukanya setiap hari secara konsisten untuk dapat menguasai percakapan dalam bahasa Inggris.

Demikianlah beberapa tips belajar percakapan bahasa Inggris yang bisa Anda coba untuk mempersiapkan Anda saat akan bekerja. Selamat mencoba!


Baca juga: 5 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Lewat Smartphone

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru