Bisnis

Tips Branding yang Bisa Dilakukan Meskipun Minim Budget

Brigitta Winasis-

10 Aug 2021

Tips Branding yang Bisa Dilakukan Meskipun Minim Budget

Ketika memikirkan branding, kebanyakan marketers hanya terpaku kepada logo dan warna yang dominan. Namun branding lebih daripada sekadar "dikenal masyarakat".

Branding berkaitan dengan dampak terhadap konsumen dan pesan apa yang disampaikan. Kesan pertama mengatakan segalanya tentang suatu perusahaan, nilai-nilai yang dianut, dan apa yang dilakukan.

Pengusaha harus memikirkan dampak apa yang ingin dicapai melalui branding. Untuk itu, berikut dijelaskan sejumlah tips branding yang dapat dilakukan perusahaan meskipun budget minim.


Baca juga: Apa itu Umbrella Branding? Ini Penjelasan dan Contohnya


1. Buat Nama yang Sederhana

Buatlah orang memahami dengan mudah apa hendak disampaikan. Nama yang terlalu rumit atau banyak permainan kata akan sulit dipahami.

Ciptakan nama yang unik tetapi mudah diucapkan. Tujuannya agar nama brand mudah diingat, menjadi ciri khas, serta untuk membedakannya dengan yang lain.

Untuk mendapatkannya, carilah inspirasi dari kompetitor Anda. Modifikasi, ubah, atau kombinasi nama tersebut sehingga menjadi sesuatu yang baru. Ingat, jangan sampai nama tersebut mirip dengan kompetitor karena akan dianggap plagiat.

Anda juga dapat menggunakan jasa brand consultant. Mereka sudah terbiasa memberi konsultasi terkait branding, sehingga tentunya akan mampu memberikan ide segar.

Walaupun tentu saja budget Anda akan bertambah dengan menyewa jasa konsultan profesional. Namun hasilnya akan sepadan dengan yang Anda bayar.


2. Desain Logo

Hal berikutnya yang harus diperhatikan dalam branding produk adalah desain logo. Banyak perusahaan terkenal dengan branding yang kuat dapat dikenali masyarakat hanya dari logonya saja.

Logo brand juga harus memiliki filosofinya sendiri. Dengan begitu, logo mempunyai arti yang mendalam serta mudah diingat. Anda bisa berkonsultasi dengan agensi untuk mendapatkan desain yang cocok.

Anda dapat menyertakan kata, angka, maupun gambar sebagai bagian dari logo. Ingat pula terkait pemilihan skema warna. Hal ini sangat penting.

Skema warna tersebut menjadi bagian dari identitas branding produk. Sebagai contoh, provider telekomunikasi di Indonesia menggunakan dominasi warna merah, biru, atau kuning. Anda sudah tahu brand-nya hanya dari warnanya saja.


3. Buatlah Slogan

Tips membangun branding yang selanjutnya adalah membuat slogan yang representatif. Secara sederhana, slogan adalah penjelasan singkat terkait produk. Pemilihan slogan sangat penting dilakukan untuk mewakili produk.

Pilihlah kata-kata yang sederhana, tetapi mampu merangkum nilai-nilai yang ingin disampaikan brand Anda. Anda juga bisa membuat jingle untuk menarik perhatian konsumen.

Tujuannya adalah agar pelanggan bisa dengan mudah mengasosiasikannya dengan brand Anda. Selain itu, slogan membantu membangun brand awareness.


4. Buat Pelanggan Menjadi Komunitas

Banyak brand ternama yang kini membangun komunitas untuk memperkuat branding-nya. Misalnya Amazon dan Facebook.

Walaupun Anda baru mempunyai bisnis kecil berskala lokal. Anda dapat membangun komunitas baik secara daring maupun luring.

Bangunlah komunitas di jejaring media sosial. Ceritakan proses pembuatan setiap produk dan kisah di baliknya. Dengan begitu, konsumen akan memahami nilai-nilai apa yang disampaikan brand Anda.


5. Lakukan Layanan Terbaik

Apple termasuk salah satu brand ternama di dunia yang berada di jajaran atas peringkat dalam berbagai studi. Hal ini tidak mengejutkan, mengingat produk dan layanan dari brand tersebut sangat baik.

Hal yang membuat Apple sangat terkenal karena layanan yang baik. Apa saja ciri-ciri layanan pelanggan yang baik?

Anda harus mementingkan kecepatan dalam menanggapi keluhan, bersikap profesional, dan prioritaskan kepuasan pelanggan. Dengan demikian, Anda dapat membangun kepercayaan mereka.


Baca juga: Branding Positioning, Strategi Jitu Buat Merk Lebih Unggul


6. Tepati Janji

Bersikaplah konsisten terhadap apa yang Anda janjikan saat branding. Jangan menyampaikan sesuatu yang tidak dapat Anda penuhi atau Anda akan dianggap melakukan pembohongan publik.

Pelanggan yang mendapatkan sesuai dengan yang dijanjikan akan merasa puas. Mereka merasa branding tersebut sesuai dengan kenyataannya. Mereka juga akan merasa lebih memiliki ikatan terhadap brand tersebut.


7. Berdayakan Pelanggan

Anda dapat melakukan branding, tetapi tetap konsumen yang menentukan keberhasilan bisnis Anda. Mereka berperan besar, bahkan mampu mengendalikan brand.

Konsumen juga memiliki kemampuan menyebarluaskan ulasan terkait brand Anda. Maka dari itu, selalu pastikan klaim branding Anda sesuai dengan kenyataan produk.

Selanjutnya, jalin komunikasi dua arah ke konsumen. Kenali siapa saja mereka. Cari tahu solusi apa yang dicari dari masalah mereka.

Kemudian manfaatkan ulasan pelanggan untuk menaikkan branding. Hal ini akan membuat branding Anda semakin kuat. Pasalnya calon pelanggan lain tidak hanya melihat dari branding Anda, melainkan memang ada ulasan dari konsumen nyata.


8. Hindari Sekadar Ikut-ikutan

Ikut-ikutan brand yang sudah mapan memang mudah. Namun di balik semua itu mereka melakukan berbagai riset selama bertahun-tahun untuk menemukan formula yang tepat. Dampaknya brand mereka sudah tertanam dengan baik di pikiran audiens.

Alih-alih semakin dihargai orang, ikut-ikutan branding perusahaan lain akan membuat Anda dipandang sebelah mata. Fokuslah pada apa yang membuat brand Anda unik.

Beranikan diri untuk menonjolkan keunikan tersebut. Hal ini akan membuat brand Anda semakin menarik di mata audiens.


9. Perlakukan Brand Seperti Manusia

Brand memang adalah konsep yang abstrak. Namun ada cara untuk membuat brand tampak lebih nyata. Caranya adalah dengan membayangkan hal-hal berikut.

a. Saat bertemu dengan orang baru, bagaimana kira-kira brand Anda memperkenalkan diri? Apakah brand Anda sosok yang serius atau suka bercanda?

b. Bagaimana penampilan brand Anda? Apakah ia formal atau santai?

c. Bagaimana orang lain akan menggambarkan brand Anda jika memang sudah akrab?

Dengan begitu, Anda bisa membayangkan seperti apa sosok brand tersebut di mata audiens dan bagaimana Anda hendak menampilkannya.


10. Buat Halaman Situs Khusus untuk Branding

Teknik branding ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan situs. Tampilkan situs Anda sesuai yang dibutuhkan, lalu tambahkan halaman About Us.

Anda dapat mendesain halaman ini untuk memberi informasi yang lengkap tentang brand Anda. Pastikan informasi tersebut menarik.

Sebagai tips, gunakan banyak demografi untuk menjelaskan apa yang membuat brand Anda unik. Misalnya tentang sejarah perkembangan brand, apa yang saja yang brand lakukan, misi brand, dan lain-lain.

Keberadaan brand ini akan membuat audiens lebih memahami, mengenal, dan mempercayai brand Anda.


Dapatkan Dana Tambahan untuk Pemasaran Bisnis Anda Melalui Modal Rakyat

Anda membutuhkan dana tambahan untuk memasarkan bisnis dan melakukan branding? Anda bisa mendapatkannya melalui P2P lending Modal Rakyat.

Layanan ini sudah berizin OJK, sehingga keamanannya dijamin. Selanjutnya, bunga yang ditawarkan relatif lebih kompetitif dibandingkan alternatif pinjaman lainnya.

Persetujuan di Modal Rakyat relatif cepat jika syarat-syarat sudah dipenuhi, yakni maksimal dalam lima hari kerja. Pengajuannya pun mudah karena seluruhnya dapat dilakukan secara online.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru