Finansial

15 Tips Investasi agar Investor Bijak dalam Berinvestasi

Tristan Putra-

10 Jan 2024

15 Tips Investasi agar Investor Bijak dalam Berinvestasi

Semakin banyak yang menyadari betapa pentingnya berinvestasi, tapi banyak yang menyangka berinvestasi itu hanya perlu menanam modal. Padahal sama seperti bisnis, investasi juga membutuhkan strategi matang. Anda butuh tips investasi agar lebih bijak dalam berinvestasi,

Apa saja tips investasi yang bisa Anda jalankan? Yuk, disimak pembahasanya


Definisi Investasi 

Investasi adalah kegiatan menanamkan modal pada instrumen tertentu yang tujuannya adalah untuk meraih profit di masa depan.

Aktivitas investasi berbeda dengan menabung biasa. Keuntungannya malah jauh lebih besar dibandingkan tabungan. Untuk itu supaya berhasil mencapai tujuan, Anda perlu berinvestasi dengan benar. Ada analisis yang perlu dilakukan agar Anda bisa mencapai tujuan sesuai keinginan.


Jenis-jenis Investasi untuk Pemula

Ada berbagai investasi yang bisa dipilih untuk pemula sebagai bahan belajar juga. Ini dia jenisnya.


1. Investasi emas

Investasi ini cocok untuk pemula. Aturan berinvestasinya, Anda membeli logam mulia di waktu harganya sedang turun. Kemudian bisa dijual kembali ketika harganya naik. Anda akan memperoleh keuntungan dari sana.


2. Investasi pasar uang

Investasi pasar uang termasuk jenis investasi jangka pendek. Anda bisa menanamkan modal di instrumen-instrumen yang tersedia di pasar uang. Jenis investasi ini diawasi langsung oleh Bank Indonesia, sehingga terjamin aman.


3. Investasi deposito

Investasi satu ini cocok untuk pemula. Anda tinggal membuka simpanan deposito dengan jumlah minimal tertentu. Nanti uang tersebut bisa diambil lagi sesuai dengan jatuh tempo yang Anda pilih. Bunga untuk Anda di sekitar 3-5% per tahun. Lebih besar dibandingkan bunga tabungan bank biasa.


4. Investasi ORI 

Jenis investasi ini juga cocok untuk pemula. Obligasi Ritel Indonesia dikeluarkan oleh pemerintah, sehingga terjamin aman. Pemerintah juga biasanya melakukan pengembalian sesuai janji.


5 Langkah dalam Berinvestasi

Supaya Anda sukses berinvestasi, ini 5 langkah tepat yang bisa Anda ambil.


1. Tentukan tujuan berinvestasi

Mengapa Anda perlu menentukan tujuan investasi? Supaya Anda bersemangat melakukannya dan Anda tahu sampai kapan investasi ini dilaksanakan. Tulis tujuan ini agar Anda tidak melupakannya.


2. Mengenal instrumen investasi

Ada banyak instrumen investasi yang tersedia untuk Anda. Tidak ada salahnya jika Anda mau mempelajarinya satu per satu hingga menemukan yang cocok.


3. Memilih investasi sesuai profil risiko

Ada orang yang mau mengambil risiko, sehingga mereka berani berinvestasi di saham. Ada juga yang ingin santai saja berinvestasi, sehingga mereka memilih investasi minim risiko. Anda bisa mengambil investasi mana saja asalkan sesuai dengan profil risiko yang Anda miliki.


4. Menyiapkan modal 

Berinvestasi memang butuh modal. Pastikan uang yang Anda investasikan itu adalah uang Anda, bukan uang pinjaman untuk mengurangi risiko.


5. Pilih platform investasi kredibel  

Ada banyak platform untuk berinvestasi. Pastikan platform tersebut terjamin kredibilitasnya. Anda akan merasa aman ketika berinvestasi di platform berizin.


15 Tips Investasi yang Tepat agar Investor Bijak dalam Melakukan Investasi

Dalam berinvestasi, Anda perlu bijak agar keputusan yang diambil menguntungkan Anda. Ini tips investasi untuk menjaganya agar tetap stabil.


1. Harus mau belajar dari nol

Tips investasi ini perlu dilakukan semua orang yang mau serius berinvestasi. Sekarang bahan belajar investasi itu mudah ditemukan. Anda bahkan bisa mempelajarinya secara gratis.


2. Menyediakan modal dengan uang dingin

Modal yang Anda gunakan untuk investasi haruslah uang dingin, yaitu uang di luar kebutuhan. Ini bertujuan untuk mengurangi risiko selama berinvestasi. Akan lebih berisiko ketika Anda berinvestasi menggunakan uang kebutuhan harian.


3. Menentukan tujuan investasi yang sangat personal

Tentukan tujuan investasi sesuai dengan keinginan Anda. Semakin personal, semakin bagus. Anda jadi lebih bersemangat ingin mencapainya. Dari sini Anda bisa menemukan investasi yang sesuai.


4. Sering memperhatikan keadaan ekonomi

Pergerakan nilai investasi dipengaruhi oleh keadaan ekonomi lokal maupun global. Anda perlu memperhatikan keadaan ekonomi agar tidak terjebak ketika pasar menjadi sangat turun. Dari sini Ada bisa menentukan keputusan investasi yang tepat.


5. Pilih platform berizin OJK atau Bank Indonesia

Tips investasi satu ini jangan sampai Anda lewatkan. Sebelum memilih platform, pastikan platform tersebut sudah berizin OJK atau Bank Indonesia. Tambahannya punya ulasan yang bagus dan terpercaya.


6. Lakukan diversifikasi investasi

Diversifikasi investasi adalah menanamkan modal di beberapa instrumen pada satu waktu. Misalnya, Anda berinvestasi saham dan emas. Dua instrumen ini punya sifat bertolak-belakang, sehingga cocok dan saling melengkapi ketika keadaan ekonomi sedang tidak stabil.


7. Jangan meminjam uang untuk investasi

Tips investasi ini perlu Anda catat baik-baik agar tidak memiliki risiko yang bertingkat-tingkat. Sekarang berinvestasi itu bisa dari modal minim, jadi Anda perlu bersabar dalam prosesnya.


8. Jangan ikut-ikutan orang

Hanya karena orang lain berinvestasi, Anda jangan main ikut-ikut saja. Ada banyak hal yang perlu Anda pelajari dan analisis. Dijamin Anda akan sukses berinvestasi ketika mengikuti kata hati sendiri.


9. Semua investasi ada risikonya

Semua investasi itu ada risikonya. Tinggal Anda yang memutuskan ingin mengambil risiko, atau memilih jalan aman dalam berinvestasi.


10. Pasang target yang wajar

Investasi memang menguntungkan, tapi ada syarat yang perlu Anda penuhi. Anda harus sabar dalam menunggu kesempatan agar investasi melampaui target. Tentukan target yang sesuai dengan keadaan Anda. Dibawa serius, tapi santai.


11. Istirahat sejenak itu perlu

Berinvestasi itu terkadang melelahkan. Jadi, ketika Anda merasa sedang mumet, sangat disarankan istirahat sejenak. Siapa tahu selama beristirahat Anda akan menemukan ide baru untuk hasil yang lebih optimal.


12. Bergabung di komunitas investor

Jangan ragu untuk bergabung di komunitas investor. Anda akan menemukan banyak pengalaman di sini dan bertemu dengan orang-orang seperjuangan.


13. Buat rencana investasi yang rapi

Tips investasi ini jangan sampai terlewatkan. Di awal rencana ini akan sangat membantu. Baru setelah memulai, Anda bisa menyesuaikan dengan keadaan pasar.


14. Tanyakan pada ahlinya

Jangan ragu bertanya pada ahlinya untuk mendapatkan insight dari keputusan-keputusan investasi Anda. Yang berpengalaman biasanya punya masukan bagus.


15. Evaluasi berkala

Evaluasi berkala akan membantu Anda menilai keputusan-keputusan yang diambil, Anda akan semakin bijak juga dalam berinvestasi.

Dalam berinvestasi Anda perlu tahu betul akan resiko agar tetap bijak mengambil keputusan. Sebagai platform investasi P2P yang terdaftar di OJK, Modal Rakyat juga memastikan agar pengguna tetap terlindungi dengan cara menyeleksi secara ketat daftar peminjam.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru