Finansial

Tips Investasi Emas agar Untung Banyak, Pemula Wajib Tahu

Kabrina Rian Ferdiani-

22 Jul 2020

Tips Investasi Emas agar Untung Banyak, Pemula Wajib Tahu

Investasi emas banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena tingkat kepercayaan pada komoditas emas terbilang tinggi. Bukan tanpa sebab, tingginya kepercayaan masyarakat terhadap emas memang sangat beralasan. Emas memiliki nilai yang relatif naik dari tahun ke tahun sehingga tak perlu khawatir akan penurunan nilai investasi.

Di samping itu, emas juga sangat likuid karena Anda dapat menjualnya kapan saja dengan mudah dan cepat. Sehingga jika terpaksa mencairkan emas menjadi uang tunai, proses yang diperlukan tak perlu lama. Terlebih lagi dengan tingkat risikonya yang relatif rendah. Tak mengherankan jika investasi emas banyak dijalankan oleh masyarakat.

Bagi Anda yang masih pemula dan ingin berinvestasi dengan emas, maka ada beberapa hal yang perlu dipelajari. Dengan modal yang tersedia, Anda dapat melakukan pembelian emas berapapun jumlahnya. Agar semakin cakap dalam berinvestasi, alangkah baiknya Anda mempelajari tips investasi emas berikut ini.


Baca juga: Redenominasi: Apa Tujuan dan Risikonya?


Menentukan Tujuan Investasi

Perlu dipahami bahwa kesuksesan berinvestasi dimulai dari perencanaan tujuan yang benar. Sebelum menggelontorkan sejumlah dana untuk membeli emas, Anda patut membuat perencanaan yang jelas dan tujuan investasi secara nyata. 

Jangan sampai Anda hanya melakukan investasi dengan membeli emas hanya karena mengikuti teman atau saudara tanpa ada tujuan yang jelas. Tentukan terlebih dahulu apa tujuan konkret Anda dengan melakukan investasi emas ini. Secara umum tujuan berinvestasi adalah untuk merencanakan kebutuhan keuangan dalam jumlah tertentu di masa depan. 

Apakah hendak digunakan untuk biaya pendidikan anak, membeli rumah, naik haji, liburan, bahkan menggelar resepsi pernikahan. Jika sudah menentukan tujuan apa yang ingin Anda capai, selanjutnya Anda dapat menentukan langkah investasi emas yang tepat dan terukur untuk diaplikasikan. 

Misalnya menentukan jangka investasi, seberapa banyak modal yang dikeluarkan, jenis emas yang hendak dipilih, hingga merencanakan tempat penyimpanan emas. Dengan begitu, Anda memiliki acuan yang jelas dalam berinvestasi.


Memantau Harga Emas 

Dengan memilih emas sebagai lahan investasi, maka Anda wajib melakukan pemantauan harga emas di pasar global secara berkala. Pergerakan harga emas di pasar global berpengaruh besar apakah investor harus membeli, menjual, atau menahan emas yang dimiliki. 

Tak ada salahnya pula Anda mengikuti analisis dari para pakar terhadap pergerakan harga emas. Analisis tersebut dapat membantu Anda dalam mempersiapkan diri dengan membeli atau bahkan menjual kebali logam mulia tersebut dalam investasi emas

Meskipun nilai emas cenderung stabil, namun Anda tetap harus melakukan pemantauan harga secara berkala. Jangan sampai Anda membeli atau menjual emas di waktu yang tidak tepat karena bisa mengakibatkan kerugian. Biasanya harga emas turun pada rentang bulan April hingga pertengahan Juni. 

Di saat ini banyak investor memanfaatkan momen untuk membeli emas. Sedangkan pada November–Desember harga emas relatif tinggi sehingga tidak cocok jika akan melakukan pembelian. Namun, ini bukan tolok ukur pasti karena kondisi perekonomian bisa saja berbeda tiap tahunnya.


Memilih Jenis Emas yang Akan Dibeli

Ada beberapa jenis investasi emas yang dapat Anda pilih, antara lain emas perhiasan, emas koin, emas batangan, hingga sertifikat emas. Sebelum memilih, tentu Anda harus memahami apa saja keunggulan dan kelemahan masing-masing jenis emas. 

Jika memilih emas perhiasan, Anda dapat sekaligus memakainya sebagai aksesori yang mempercantik penampilan. Akan tetapi, Anda harus cermat saat memilih perhiasan emas tersebut sehingga jika dijual kembali tidak akan rugi. Sementara emas batangan cocok dijadikan investasi karena lebih mudah saat hendak dijual kembali. 

Sedangkan koin emas banyak dipilih sebagai investasi bagi orang-orang yang berencana naik haji. Jika Anda tak ingin direpotkan dengan penyimpanan emas fisik, maka sertifikat emas adalah pilihan yang tepat untuk melakukan investasi emas

Sertifikat ini merupakan sebuah bukti resmi kepemilikan emas yang ada di penyimpanan suatu bank. Sertifikat emas bisa menjadi alternatif lain yang memberikan keuntungan tanpa beban biaya penyewaan tempat penyimpanan di bank.


Baca juga: Alasan Investasi Emas Tidak Pernah Mati dan Terus Diminati


Memilih Tempat Pembelian yang Tepat

Setelah Anda membeli sejumlah emas, langkah berikutnya yang tak kalah penting dalam investasi emas yaitu menyimpannya di tempat aman. Pastikan tempat penyimpanan tersebut benar-benar aman dari pencuri atau gangguan lainnya. Di samping itu, pastikan pula Anda memiliki kendali pengawasan pada tempat penyimpanan tersebut.

Penyimpanan emas dapat dilakukan sendiri di dalam rumah dengan menggunakan brankas khusus. Akan tetapi, jika Anda merasa cara itu kurang aman, sebaiknya simpan emas tersebut ke safe deposit box. Layanan ini banyak disediakan oleh bank sebagai cara penyimpanan barang berharga kepunyaan nasabah secara aman.


Menentukan Jumlah Investasi 

Di samping jenis emas yang akan dibeli, Anda juga perlu menentukan berapa jumlah investasi emas yang akan dilakukan. Hal ini didasarkan pada kemampuan finansial serta target tujuan yang ingin Anda capai. Itulah mengapa perencanaan investasi sangat penting karena berkaitan dengan langkah investasi berdasarkan kebutuhan budget.

Perencanaan investasi emas tersebut akan menjadi acuan hitungan berapa banyak emas yang harus dibeli dalam periode tertentu. Meski demikian, Anda juga perlu mempertimbangkan kondisi finansial Anda. Jangan sampai Anda memaksakan diri untuk mengeluarkan budget besar sehingga malah mendatangkan masalah keuangan yang lain.

Perlu diingat bahwa investasi emas ini sebaiknya diambil dalam jangka panjang. Dengan demikian, Anda dapat membeli emas secara rutin dan konsisten di waktu yang tepat. Jadi, meskipun dengan modal terbatas, Anda tetap bisa berinvestasi sedikit demi sedikit.

Memanfaatkan emas sebagai investasi adalah cara tepat untuk mengamankan finansial dan melindungi kekayaan di masa mendatang. Syarat agar Anda dapat memperoleh keuntungan besar adalah dengan konsisten dan cermat dalam membeli emas. Dengan begitu, tujuan investasi emas yang Anda lakukan dapat tercapai sesuai target. 


Baca juga: Berapa Investasi Emas yang Dimiliki dalam Portofolio?

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru