Finansial

Tips Investasi Emas Online agar tidak Kena Tipu

Kabrina Rian Ferdiani-

07 Sep 2020

Tips Investasi Emas Online agar tidak Kena Tipu

Investasi emas kini semakin diminati oleh banyak orang, mulai dari anak muda hingga orang tua. Investasi memang sedang hits di bidang keuangan, karena bisa dijadikan pendapatan yang menguntungkan di masa depan. Apalagi dengan banyak instrumen yang bisa dipilih dan emas menjadi salah satunya. 

Sebelumnya, mungkin Anda lebih sering melakukan cara tradisional untuk mendapatkan keuntungan, yaitu dengan cara menabung. Menabung tidak dapat membantu kita menambah nilai atau nominal, melainkan hanya membantu kita untuk mengumpulkan uang. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan lebih, investasi merupakan pilihan tepat.

Investasi emas memang lebih diminati dibanding instrumen yang lain karena dirasa lebih mudah dan praktis. Apalagi dengan kemajuan teknologi di bidang ini sehingga kita dapat melakukan investasi secara online. Hanya saja, kita tidak boleh sembarangan berinvestasi secara online jika tidak mau menjadi korban penipuan.


Baca juga: Yuk, Simak 10+ Kunci Sukses Membangun Karier Berikut


Tentukan Tujuan Berinvestasi

Setiap hal yang dilakukan, memiliki tujuan adalah suatu hal penting, termasuk dalam melakukan investasi emas secara online. Setiap orang mungkin memiliki tujuan yang berbeda-beda sehingga Anda harus memahami sendiri apa tujuan Anda melakukan investasi ini, misalnya untuk membeli rumah, modal pernikahan, bisnis atau lainnya. 

Setiap tujuan tersebut pasti membutuhkan nominal yang berbeda. Misalnya, membeli rumah pasti membutuhkan modal yang lebih besar dibanding modal pernikahan sehingga Anda bisa menyesuaikan hasil investasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Meskipun begitu, lakukan investasi sesuai dengan kemampuan agar tidak membebani kehidupan Anda saat ini. 

Emas batangan tersedia dalam berbagai kadar dan berat sehingga akan memengaruhi harga belinya. Apabila Anda memiliki modal yang cukup besar, maka tidak masalah jika membeli emas dalam gram besar pula. Namun, Anda juga harus memikirkan bagaimana menjualnya jika membutuhkan hasil investasi emas pada waktu tertentu.


Pantau Pergerakan Harga Emas

Sebagai logam mulia, emas memiliki harga dinamis atau fluktuatif, artinya bisa mengalami kenaikan dan penurunan dalam waktu tertentu. Bahkan, perubahan harga bisa terjadi setiap harinya sehingga harus selalu dipantau. Menariknya, harga emas cenderung naik dari waktu ke waktu sehingga cocok dijadikan instrumen investasi emas.

Kita tidak bisa memprediksi secara tepat berapa harga emas di masa depan sehingga dibutuhkan pemantauan jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi. Dengan memantau harga emas, maka kita akan tahu kapan waktu tepat untuk membeli emas atau justru menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Waktu beli untuk menambah koleksi logam mulia yang tepat adalah saat harga belinya lebih rendah. Namun, waktu tepat untuk menjual koleksi logam mulia ini di saat harga jualnya lebih tinggi dibanding harga belinya waktu itu. Anda bisa menjalankan investasi emas selama 5 sampai 10 tahun.


Lakukan Transaksi di Tempat Aman

Sebagian orang mungkin lebih memilih investasi emas karena mereka bisa menyimpan instrumennya secara fisik. Namun, cara ini cukup berisiko apabila kita salah dalam menyimpannya. Bisa saja emas tersebut justru terselip dan hilang atau bahkan dicuri. Apabila hal ini terjadi, kerugian justru akan kita alami. 

Oleh karena ini, Anda dapat memanfaatkan layanan online yang memudahkan Anda dalam melakukan penyimpanan logam mulia lebih aman. Hanya saja, kita tidak boleh sembarangan memilih tempat penyimpanan emas online karena banyak penipuan berkedok investasi online sehingga kita harus lebih berhati-hati agar tidak menjadi korban penipuan. 

Pastikan bahwa Anda melakukan investasi emas online aman dan terpercaya. Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu mengenai tempat investasi tersebut untuk mengetahui bagaimana kredibilitas yang dimilikinya. Pastikan, bahwa tempat tersebut mampu memberikan pelayanan cepat, mudah dan tentunya aman.


Baca juga: Kerja Sampingan: Tips, 10 Ide, dan Hal Penting Sebelum Mulai


Kenali Jenis Investasi

Investasi emas ternyata memiliki beberapa tipe yang bisa kita pilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Beberapa tipe tersebut antara lain koin emas, emas batangan, dan perhiasan. Ketiga tipe emas tersebut dapat kita simpan atau investasikan secara fisik dengan menyediakan tempat penyimpanan secara mandiri. 

Namun, jika Anda ingin berinvestasi menjadi lebih mudah dan cepat, maka Anda bisa memanfaatkan layanan online yang tersedia. Biasanya, jasa online ini menyediakan investasi dalam bentuk emas, mulai dari menabung, jual beli hingga konsinyasi logam mulia ini sehingga Anda tinggal memilih pelayanan yang sesuai kebutuhan. 

Setiap instrumen atau tipe pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus Anda pahami terlebih dahulu agar tidak salah dalam melangkah. Itulah mengapa penting bagi kita untuk mengenali jenis logam mulia yang bisa dijadikan instrumen investasi. Dengan begitu, kita bisa melakukan investasi emas yang menguntungkan dan aman.


Kenali Tempat Berinvestasi

Setelah mengenai jenis investasi emas online yang akan Anda pilih, pastikan juga Anda telah mengenali tempat berinvestasi. Semakin banyaknya orang yang berminat untuk melakukan investasi ini, maka semakin banyak pula jasa investasi atau tempat berinvestasi yang bertebaran di mana-mana sehingga Anda harus lebih selektif.

Banyaknya tempat berinvestasi mungkin memudahkan kita untuk menemukan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, tapi banyak juga yang justru merasa pusing dalam menentukan pilihan. Apabila salah dalam memilih, bisa jadi modal investasi yang Anda tanamkan akan hilang sehingga hanya tersisa kerugian. 

Sekarang ini, mudah bagi kita untuk mencari informasi melalui website, media sosial atau media lainnya tentang jasa atau tempat berinvestasi terpercaya. Pastikan Anda telah membandingkan satu per satu tempat tersebut untuk mendapatkan yang terbaik dan tidak menyesal karena salah pilih nantinya. 

Bagi Anda yang masih bingung memulai investasi, P2P Lending bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan keuntungan dari berinvestasi. Anda bisa percayakannya pada Modal Rakyat yang dapat memberikan keuntungan 15-25% per tahun. Tak perlu ragu lagi mempercayakan modal investasi emas yang Anda miliki pada kami.


Baca juga: P2P Lending Indonesia, Cara Kerja dan Prosedur Pinjaman

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru