Bisnis

Finansial

Tips Memanfaatkan Media Sosial Untuk Bisnis Sukses dan Kaya

Paskalia-

30 Jul 2019

Tips Memanfaatkan Media Sosial Untuk Bisnis Sukses dan Kaya

Banyak orang yang saat ini tidak bisa hidup tanpa kehadiran media sosial. Tidak hanya untuk hiburan dan sebagai sumber informasi, media sosial juga saat ini banyak digunakan untuk bisnis. Anda pastinya jadi membutuhkan tips memanfaatkan media sosial untuk bisnis sukses. 

Setelah Anda menentukan bisnis apa yang hendak dikembangkan dan segala sesuatunya, barulah Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti penjabaran tips memanfaatkan media sosial untuk bisnis sukses di bawah ini.


Memilih media sosial yang cocok untuk promosi

Tips memanfaatkan media sosial untuk bisnis sukses Anda yang pertama adalah memilih media sosial yang cocok. Ada sejumlah media sosial yang saat ini memiliki pengguna yang banyak. Hanya saja para pengguna menggunakan media sosial dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada yang hanya untuk gaya saja, untuk menyambung silaturahmi dan mendapatkan teman baru, ada juga yang untuk berbisnis sama seperti Anda saat ini.

Khusus untuk mengembangkan bisnis, pilihlah media sosial yang memang cocok dalam hal itu. Anda bisa menentukannya dari media sosial yang paling banyak penggunanya. Setidaknya Anda mempunyai peluang memiliki pelanggan darinya.


Baca Juga: 7 Cara Berpikir Pengusaha Sukses yang Wajib Anda Tiru


Media sosial yang paling sering digunakan adalah Facebook, Instagram, dan Twitter. Anda bisa memilih satu di antara tiga media sosial tersebut untuk menunjang kegiatan bisnis Anda. 


Perhatian pada konsumen di media sosial

Seperti yang kita sudah ketahui, media sosial memiliki banyak sekali pengguna. Jika Anda sedang memanfaatkannya untuk berbisnis, maka pasti ada saja orang yang bertanya dan mencari informasi mengenai produk yang Anda tawarkan. Anda harus perhatian dengan mereka, menjawab semua pertanyaan dengan sabar dan menggunakan kata-kata yang pantas.

Kadang ada konsumen di media sosial yang hanya tanya-tanya saja dan tidak membeli. Anda harus tetap menanggapinya sebaik mungkin agar konsumen merasa dihargai.

Biasanya yang konsumen tanyakan adalah harga dan stok produk. Bukankah pertanyaan tersebut sangat umum dan tidak merepotkan Anda? Tips memanfaatkan media sosial untuk bisnis sukses satu ini jangan Anda sepelekan. 


Memperlakukan pelanggan lama dan baru dengan layak

Anda tidak harus melupakan pelanggan yang lama karena sudah menemukan yang baru. Anda juga sebaiknya tidak lebih ramah hanya pada salah satu pelanggan Anda itu. Anda harus memperlakukan mereka dengan sama layaknya. 

Untuk bisnis tidak boleh memilih dan memilah pelanggan, semua bisa menjadi pelanggan dan harus Anda perlakukan dengan sama. Anda harus bisa mempertahankan pelanggan lama, dan mencari lebih banyak pelanggan baru.


Buat tampilan produk semenarik mungkin

Tips memanfaatkan media sosial untuk bisnis sukses lainnya adalah dengan membuat tampilan produk semenarik mungkin. Hal ini bisa berkaitan dengan desain produk dan foto produk yang Anda posting di media sosial. Dibuat sebagus mungkin agar pelanggan yang ada di media sosial tertarik untuk membelinya. 

Para pelanggan akan sangat penasaran jika produk yang kita tawarkan untuk bisnis, unik dan menarik. Hal-hal yang berbeda akan membuat rasa ingin tahu mereka semakin tinggi dan berniat untuk membelinya.

Untuk desain tampilan produk yang menarik, Anda bisa mencari referensinya di produk-produk sejenis yang sudah ada sebelumnya. 


Membuat grup di media sosial 

Biasanya para pebisnis di media sosial sering membuat grup yang berisi orang-orang atau pelanggan yang tertarik pada bisnisnya. Anda juga bisa mengikuti cara ini.

Grup akan memudahkan Anda untuk lebih tahu tentang pelanggan yang sering memesan produk Anda. Anda juga akan jadi lebih efisien dalam menjawab segala macam pertanyaan mengenai produk Anda. 

Ditambah lagi, mereka bisa sering update produk-produk yang baru Anda perkenalkan. Wah, jika Anda membaca artikel ini, jadi tambah semangat untuk memulai bisnis dengan memanfaatkan media sosial secepat mungkin.


Baca Juga: Cara Cepat Dapat Uang dan Kaya Raya dengan Investasi Online


Pilihlah produk bisnis yang bermanfaat

Tips memanfaatkan media sosial untuk bisnis sukses selanjutnya adalah dengan memilih produk yang bermanfaat dan sering digunakan oleh banyak orang. Lihatlah tingkat kebutuhan pengguna dan pelanggan apa yang sebenarnya mereka inginkan.

Usahakan produk dalam bisnis Anda benar-benar yang diperlukan oleh masyarakat. Anda juga bisa memanfaatkan produk yang sedang naik daun saat ini. Namun, Anda juga harus mengetahui risiko ketika memilih produk tersebut. Misalnya, apabila sudah tidak hits lagi, pelanggan bisa jadi meninggalkan produk yang Anda jual itu.


Jujur dalam menjual produk di media sosial

Walaupun Anda hanya berinteraksi di media sosial dengan pelanggan, Anda harus menjunjung tinggi kejujuran dalam hal proses bayar membayar dan pengiriman barang. 

Memulai bisnis secara online memerlukan kepercayaan tinggi antara pembeli dan penjual. Jika pembeli sudah membayar produk Anda, Anda harus mengirimkan barang yang dipesan dalam waktu yang sudah dijanjikan.

Banyak sekali kejadian pembeli yang sudah mentransfer sejumlah uang, barang pesanannya malah tidak kunjung dikirimkan. Hal itu jelas sangat merugikan pelanggan dan pastinya pelanggan tidak akan mau lagi membeli produk Anda. 


Produk yang ditawarkan sesuai dengan tampilan

Tips memanfaatkan media sosial untuk bisnis sukses selanjutnya adalah mengirimkan produk bisnis sesuai dengan tampilan foto atau gambar yang Anda pasang. Intinya Anda jangan melakukan pengeditan berlebihan di foto atau gambar produk Anda.

Dengan mengirimkan pesanan produk sesuai dengan fotonya, pelanggan akan merasa Anda adalah penjual yang dapat dipercaya.

Hal ini yang sering tidak diperhatikan oleh pebisnis yang memanfaatkan media sosial untuk promosinya. Kebanyakan dari mereka hanya mementingkan produk terjual habis, sementara itu kepuasan pelanggan ada di urutan yang terakhir. Anda jangan sampai seperti ini.


Demikianlah tips memanfaatkan media sosial untuk bisnis sukses yang bisa Anda terapkan. Semoga tips memanfaatkan media sosial untuk bisnis sukses ini dapat membuat bisnis Anda jadi lebih sukses dan kaya dari sebelumnya. Selamat mencoba!


Baca lebih banyak artikel di Blog Modal Rakyat

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru