Finansial

Gaya Hidup

Tips Membeli Rumah dan Menabung dengan Gaji Kecil

Paskalia-

05 Sep 2019

Tips Membeli Rumah dan Menabung dengan Gaji Kecil

Daftar tips membeli rumah dan menabung dengan gaji kecil ini pasti dibutuhkan oleh generasi muda. Kebanyakan dari mereka pasti berpikir berulang kali sebelum membeli rumah impian mereka. Namun, jika tidak dipaksakan, maka sampai kapanpun tidak akan bisa memiliki rumah. 

Oleh karena itu, para generasi muda ini mencari berbagai macam cara agar bisa membeli rumah. Anda yang termasuk generasi muda yang tengah berjuang untuk membeli rumah, perlu tahu tips membeli rumah dan menabung dengan gaji kecil yang akan dijabarkan di sini.


Baca juga: Membeli vs Menyewa Rumah: Mana yang Terbaik Untuk Anda?


Membeli sebuah rumah tentu membutuhkan uang yang besar, karena seperti yang diketahui, saat ini harga rumah sudah sangat tinggi. Jika tidak mulai menyicilnya sejak dini, maka Anda akan kesulitan di masa mendatang. 

Namun, kebanyakan generasi muda bingung bagaimana cara memulainya karena takut persiapannya setengah-setengah. Oleh karena itu, penjelasan tentang tips membeli rumah dan menabung dengan gaji kecil akan sangat Anda perlukan.


Menentukan jumlah uang yang ditabung setiap bulannya

Pilihan pertama untuk tips membeli rumah dan menabung dengan gaji kecil adalah menetapkan secara pasti jumlah yang yang ingin ditabung. Anda bisa menyisihkannya sebanyal 15% dari penghasilan bulanan yang Anda dapatkan. Ketika mendapatkan gaji, langsung pindahkan uang itu ke rekening khusus tabungan.

Jika Anda dapat melakukan hal ini dengan konsisten, tabungan itu akan bisa untuk membayar DP rumah yang biasanya cukup besar. Anda pun akan terbiasa menabung, yang nantinya disalurkan untuk cicilan KPR. Cara ini perlu Anda lakukan jauh sebelum membeli rumah.


Memilih cicilan rumah yang ringan

Anda punya pilihan untuk membeli rumah dengan cara cicilan atau lunas dalam sekali bayar. Jika tidak mampu membayar lunas dalam sekali bayar, tidak perlu kecewa karena Anda masih memiliki opsi untuk membeli rumah dengan cara cicilan. Harga rumah memang terbilang tinggi di mana pun lokasinya.

Untuk itu Anda perlu melakukan survei untuk menemukan rumah yang cocok dengan selera Anda. Hal yang wajib Anda pikirkan adalah harga, kemudian baru lokasi. Harga rumahnya tentu harus melihat penghasilan per bulan Anda. 

Paling aman memilih jumlah cicilan per bulan yang dapat Anda jangkau. Sebaiknya memang seperti itu karena pihak bank pun akan memberikan pinjaman untuk mereka yang sekiranya mampu membayar. Jadi, Anda jangan ragu untuk banyak bertanya tentang produk-produk KPR yang ditawarkan di perbankan atau lembaga keuangan lainnya.

Keuntungan membayar dengan KPR adalah Anda bisa langsung menempati rumahnya, walaupun cicilannya belum lunas. Jadi, kesempatan ini sangat bisa Anda andalkan.


Buat rekening khusus untuk menabung

Tips membeli rumah dan menabung dengan gaji kecil selanjutnya adalah sudah disebutkan di atas, tapi di sini perlu disebutkan lagi. Anda sebaiknya membuat rekening khusus tabungan. Membuka rekening baru itu tidak rumit, bisa jadi dalam sehari.

Dengan begitu, Anda akan lebih konsisten dalam menabung yang nantinya digunakan untuk menggapai mimpi Anda, yaitu membeli rumah. Apabila disatukan dengan tabungan yang sering Anda gunakan untuk transaksi, bisa-bisa Anda menggunakannya terus.

Paling bagus memilih produk tabungan yang tidak menyediakan kartu ATM untuk rekening khusus ini. Anda pun tidak akan mudah mengambil uangnya di ATM terdekat. Cara ini biasanya cukup efektif dan sudah dipraktikkan oleh banyak orang. Anda pun akan bisa mengatur pembayaran cicilan rumah dengan lebih terarah. Walaupun gaji Anda masih kecil, Anda pasti bisa melakukannya


Mengelola keuangan dengan disiplin

Tips membeli rumah dan menabung dengan gaji kecil selanjutnya adalah Anda harus disiplin dalam mengelola keuangan. Anda yang tidak mengaturnya dengan baik pasti kaget tiba-tiba uang tinggal sedikit, padahal gajian masih jauh. Ujung-ujungnya Anda malah gagal untuk menabung. Mengatur keuangan juga perlu disiplin yang tinggi.

Di sini Anda perlu mencatat pendapatan dan uang yang dikeluarkan di setiap bulannya. Dengan begitu, Anda akan tahu ke mana uang Anda keluar dalam waktu sebulan. Untuk memudahkan Anda dalam mencatat, Anda bisa mengandalkan aplikasi anggaran keuangan khusus untuk ponsel pintar.

Aplikasi tersebut biasanya sudah memiliki kategori sendiri, sehingga Anda tinggal memasukkan data. Nanti Anda akan tahu di kategori mana uang Anda paling banyak habis, setelah itu Anda pun bisa mengaturnya dengan lebih baik di bulan berikutnya. 


Konsisten 

Sesuatu yang konsisten itu tampak membosankan, tapi jangan sesekali meremehkan konsisten itu sendiri. Apabila Anda konsisten menabung, Anda pasti tidak akan percaya akhirnya rumah bisa terbeli juga. Memang untuk konsisten itu Anda perlu semangat. Oleh karena itu,  munculkanlah semangat itu dari diri Anda.

Tujuan Anda di sini adalah ingin membeli rumah. Jadi, bayangkan rumah yang ingin Anda beli dan perasaan bahagia Anda ketika mampu tinggal di dalamnya. Untuk bisa konsisten, Anda bisa mengingat terus tujuan Anda ini. Jangan menyerah sampai Anda mampu mendapatkan impian Anda. Salah satu tips membeli rumah dan menabung dengan gaji kecil ini akan sangat membantu Anda. 


Mengedepankan hidup hemat

Anda pasti bosan dengan salah satu tips membeli rumah dan menabung dengan gaji kecil ini. Nyatanya hal ini yang paling sering dilupakan oleh banyak orang. Dunia ini banyak godaan, hidup hemat sering kalah dari berbagai macam godaan itu. Dibandingkan yang Anda butuhkan, Anda malah lebih sering mengeluarkan uang untuk yang Anda inginkan.

Hal inilah yang perlu diingat dengan baik, bahwa hidup hemat itu nantinya akan mengantarkan pada kebaikan. Walaupun sekarang Anda tampak bersakit-sakit terlebih dahulu, nanti Anda pasti bisa memetik hasilnya. Hiduplah hemat di masa muda ini, agar di masa tua nanti Anda bisa menikmati hasil jerih payah Anda.


Baca juga: 10 Tips Menabung Untuk Bangun Rumah


Selalu ingat akan tujuan Anda

Anda perlu mengingat tujuan yang sudah Anda tentukan di awal, yaitu ingin membeli rumah. Ada masanya Anda ingin menyerah karena banyak cobaan yang menimpa. Namun, kembalilah ke jalan yang ingin Anda lalui itu.

Ketika sudah memiliki rumah, pasti segalanya jadi lebih mudah. Anda tidak perlu pindah lagi, tidak perlu mencari kontrakan baru lagi. Anda bisa menetap di rumah yang Anda beli dalam waktu yang lama. Untuk itu Anda jangan sampai melupakan tujuan Anda itu, salah satu tips membeli rumah dan menabung dengan gaji kecil yang perlu Anda catat baik-baik.


Itulah tips membeli rumah dan menabung dengan gaji kecil yang bisa Anda lakukan. Selama Anda memiliki tekad yang besar, gaji kecil Anda pasti tidak akan menjadi halangan Anda dalam menabung untuk memiliki rumah. 

Jika Anda bisa menabung dengan konsisten, Anda pun tidak akan berhadapan dengan masalah ketika dalam proses mencicil rumah. Nantinya Anda pasti mampu melunasi pembayaran rumah itu cepat atau lambat. Selamat menabung, ya!



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru