Finansial

Tips Memilih Investasi Online Menguntungkan

Kabrina Rian Ferdiani-

09 Sep 2020

Tips Memilih Investasi Online Menguntungkan

Investasi online menjadi trending baru di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih dan modern. Investasi sudah tidak lagi dilakukan secara konvensional, karena masyarakat lebih memilih secara online. Kegiatan tersebut bisa dilakukan menggunakan gadget, sehingga lebih fleksibel dan sangat mudah. 

Adanya investasi berbasis online ini didukung oleh platform canggih sebagai media penyedia. Platform tersebut menyediakan portofolio investasi lengkap, mudah serta jelas. Bahkan saat ini banyak instrumen investasi bisa Anda pilih serta sudah diawasi oleh OJK, salah satunya P2P Lending.

Investasi merupakan cara terbaik untuk melakukan akumulasi harta kekayaan dan menyimpannya untuk masa depan. Dengan investasi online, Anda bisa menempatkan uang pada instrumen tertentu dan mendapatkan return memuaskan setiap tahunya. Karena itu, investasi harus dipahami dan dilakukan sejak awal.

 

Baca juga: Ingin Investasi Saham Aman? Inilah Tips Memilih Sekuritas

 

Alasan Utama Pentingnya Investasi Secara Online

Kunci investasi online adalah kesesuaian antara instrumen investasi yang dipilih dengan tujuan finansial. Investasi sangat penting untuk menjamin kehidupan di masa akan datang, baik untuk kebutuhan sehari-hari, kesehatan, pendidikan dan sebagainya. Oleh karena itu, dalam memilih instrumen investasi harus pintar serta cermat serta sesuai dengan tujuan keuangan.

Ada beberapa alasan akan pentingnya investasi dalam kehidupan modern saat ini. Pertama, investasi berbasis online mudah diakses dan diperbaharui kapan saja. Proses investasi bisa dilakukan dengan mudah serta cepat, tanpa harus bertatap muka secara langsung, sehingga lebih hemat waktu dan biaya.

Selain itu, minimum investasi sangat terjangkau khususnya bagi mereka berpendapatan rendah. Pada umumnya, investasi memiliki syarat tertentu mengenai jumlah dana yang diinvestasikan. Dalam investasi online ini, Anda bisa berinvestasi berapa saja dan bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Proses investasi berjalan lebih cepat dibandingkan secara konvensional. Hal ini dikarenakan semua data yang dimasukan tersimpan secara online dan paperless. Melalui proses investasi tersebut, Anda bisa masuk ke pasar internasional dengan mudah karena investasi melewati batas negara.

 

Memahami Investasi Online Melalui Edukasi

Sebelum memilih berinvestasi secara online, Anda harus memahami terlebih dahulu akan dunia investasi tersebut. Edukasi ini sangat penting sebagai bahan utama Anda dalam memilih instrumen investasi. Anda bisa belajar dari internet, buku atau media sosial untuk mendapatkan bahan edukasi mudah diakses.

Edukasi yang baik akan memudahkan Anda dalam memilih investasi tepat dan komprehensif. Investasi online juga memilih monitoring secara real time, sehingga perhatikan point tersebut. Monitoring ini bertujuan untuk memantau portofolio investasi dengan tepat, cepat dan mudah.

Ada berbagai jenis investasi bisa Anda pilih, diantaranya reksadana, saham, emas, hingga P2P Lending yang sedang populer saat ini. Setiap instrumen tersebut memiliki mekanisme berbeda-beda, termasuk juga risiko tingkat keuntungan yang didapatkan. Melalui edukasi investasi, Anda bisa memilih instrumen baik dan tepat dengan keuntungan maksimal.

Salah satu jenis investasi online sedang booming di kalangan masyarakat adalah P2P Lending. Jenis investasi ini dilakukan dengan melakukan pendanaan UMKM atau pengusaha kecil sebagai modal usaha. Dari dana yang diinvestasikan tersebut, Anda bisa mendapatkan profit setiap tahun hingga 18%.

 

Pahami Skema Investasi dan Kredibilitas

Kredibilitas platform finansial teknologi menyediakan layanan investasi harus baik serta tinggi. Investasi secara online harus didukung dengan validasi serta izin OJK yang jelas serta transparan. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya penipuan serta kerugian yang sedang marak di Indonesia.

Anda harus mengetahui fintek investasi online yang dipilih, terutama pastikan sudah memiliki pengalaman yang baik. Pengalaman di bidang pengelolaan dana investor ini sangat penting untuk menunjang aktivitas pinjam meminjam. Platform fintek juga harus memiliki latar belakang dan kredibel dan jelas.

Setelah itu, pahami skema investasi sebagai gambaran akan metode pengelolaan dana. Anda harus mengetahui skema investasi dengan baik untuk menilai apakah investasi tersebut layak atau tidak. Jika terdapat kejanggalan atau sesuatu tidak masuk akal, Anda bisa menanyakan perihal tersebut dan meminta penjelasannya.

Dalam dunia investasi online, terdapat skema Ponzi yang merupakan bentuk investasi bodong. Skema ini tentu akan merugikan dan tidak layak untuk diikuti oleh para investor yang bijak. Oleh karena itu, pahami terlebih dahulu skema investasi yang baik dan sesuai dengan peraturan OJK.

 

Memahami Diversifikasi dan Tingkat Risiko Investasi 

Setiap investasi memiliki tingkat risiko tersendiri, termasuk investasi berbasis online. Namun, risiko tersebut bisa diminimalkan dengan cara tertentu. Tingkat risiko berbanding lurus dengan tingkat keuntungan yang didapatkan. Semakin besar risiko, semakin besar pula keuntungan yang diperoleh.

Hal penting lain harus Anda pahami adalah diversifikasi investasi untuk menjaga nilai tetap stabil. Saat salah satu produk investasi turun, ada kemungkinan nilai investasi yang lain naik, sehingga bisa menghindari kerugian yang terjadi. Oleh karena itu, lebih baik Anda berinvestasi di lebih dari satu produk investasi online.


Baca juga: Compound Interest adalah Keuntungan Investasi, ini Rumusnya


Kembangkan Dana dan Bantu UMKM Indonesia bersama P2P Lending Produktif Modal Rakyat

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik hingga 18% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru