Finansial

Compound Interest adalah Keuntungan Investasi, ini Rumusnya

Pretty Angelia Wuisan-

17 Sep 2021

Compound Interest adalah Keuntungan Investasi, ini Rumusnya

Compound Interest adalah salah satu istilah yang perlu diketahui oleh investor seperti Anda. Compound interest adalah alasan Anda meraih keuntungan yang berlipat saat berinvestasi. 

Anda perlu tahu lebih banyak mengenai compound interest karena Anda jadi bisa tahu keuntungan yang Anda peroleh secara tepat. Di sini akan dijelaskan mengenai compound interest adalah, rumus dan cara perhitungan bunganya, compound interest dalam P2P lending, dan aturan bilangan 72.


Baca juga: Keuntungan Lender P2P Lending di Modal Rakyat


Compound Interest adalah

Compound interest adalah bunga yang dapat terakumulasi di setiap setahunnya dan dihitung berdasarkan pokok awal dari modal yang ditanamkan, yang ikut terakumulasi setiap tahunnya selama investasi berjalan. Compound interest juga dapat disebut sebagai bunga majemuk.

Bunga majemuk ini berbeda dengan bunga yang biasanya berlaku pada tabungan bank. Bunga majemuk pokok awalnya bisa berubah seiring pergerakan tahun, sehingga turut mengubah besaran bunga-nya, walaupun persentase bunga sebenarnya sama saja.

Alasannya karena pokok dan bunganya yang selalu terakumulasi dari waktu ke waktu, membuat modal yang Anda tanamkan pun bertambah secara mengejutkan.

Bunga ini awalnya hadir dalam perhitungan di deposito, tapi pada praktiknya, bisa juga digunakan pada investasi saham, hingga ke hasil dari pendanaan di P2P lending.

Selain compound interest, Anda juga perlu mengenal simple interest atau yang kita kenal sebagai bunga sederhana. Bunga ini umumnya hadir di produk tabungan biasa. Bedanya dengan bunga majemuk, besaran nilai pokok di bunga sederhana dihitung sesuai dengan besaran jumlah tabungan di awal.

Hal itulah yang membuat besaran bunga di bunga sederhana tetap sama. Walaupun ada potensi pertambahan modal per tahunnya, tapi keuntungan di bunga majemuk tetap lebih besar ketimbang bunga sederhana.


Rumus dan Contoh Perhitungan Compound Interest

Rumus dari compound interest adalah sangat mudah untuk dipahami. Rumus ini dapat Anda ikuti, terutama untuk Anda yang sedang berinvestasi. Apabila Anda sudah tahu besaran keuntungan Anda per tahunnya, maka akan lebih mudah untuk menghitung bunga majemuk-nya. 

Inilah rumusnya:

Rumus Compound Interest = [P (1 + i)^n ] – P

atau

Rumus Compound Interest = P [(1 + i)^n – 1]

P = Jumlah modal pokok

i = Besaran persentase bunga tahun

n = Jumlah periode berinvestasi

Misalnya, Anda memiliki modal Rp50 juta yang diinvestasikan pada instrumen investasi A. Bunga yang dihitung per tahunnya adalah 5% dan Anda berniat menabung dalam kurun waktu 4 tahun. Bagaimana jumlah akhir dari nilai investasi Anda?

Rumus Compound Interest = [P (1 + i)^n] – P

Rumus Compound Interest = [50 juta (1+0,05)^4] - 50 juta

Rumus Compound Interest = [50 juta (1,05)^4] - 50 juta

Rumus Compound Interest =  [50 juta (1,05)^4] - 50 juta

Total hasil investasi: Rp60.750.000

Jumlah bunga majemuk: 60.750.000 - 50.000.000

Jumlah bunga yang dibayarkan dalam waktu 4 tahun: Rp10.750.000

Jadi, di sini bisa disimpulkan bahwa dalam waktu 4 tahun, modal yang Anda tanamkan bertambah sebanyak Rp60.750.000. Compound interest adalah sebanyak Rp10.750.000.


Compound Interest dalam P2P Lending

Rumus compound interest dapat juga dipraktikkan untuk pendanaan di P2P lending. Misalnya, Anda menjadi pendana dan keuntungannya ditetapkan pada Anda sebesar 18% per tahun. Anda akan bisa memperkirakan hasil dari pendanaan itu ke depannya.

Misalnya, Anda memiliki modal Rp10 juta, dengan keuntungan 18%, dan jangka waktu pendanaan dalam 4 tahun. Maka, ini besaran bunga majemuknya.

Rumus Compound Interest = [P (1 + i)^n] – P

Rumus Compound Interest = [10 juta (1 + 0,18)^4] – 10 juta

Rumus Compound Interest = [10 juta (1,18)^4] – 10 juta

Rumus Compound Interest = [10 juta x 1,938] – 10 juta

Total imbal hasil pendanaan P2P lending = Rp19.387.000

Compound Interest = Rp19.387.000 - Rp10.000.000 = Rp9.387.000

Jadi, di sini bisa disimpulkan bahwa dalam waktu 4 tahun, modal yang Anda tanamkan bertambah sebanyak Rp19.387.000. Compound interest adalah sebanyak Rp9.387.000.

 


Aturan Bilangan 72

Aturan bilangan 72 ini dapat Anda gunakan untuk menetapkan target investasi Anda di masa depan. Aturan perhitungan bilangan 72 dapat Anda andalkan untuk menghitung secara lebih cepat dan mudah. Hal ini berkaitan dengan jumlah bulan dalam setahun yang ada 12, sehingga perhitungannya cocok menggunakan angka 72.

Contohnya, Anda ingin mengetahui kebutuhan persentase keuntungan ketika Anda menargetkan meraih pengembalian 2 kali lipat yang diperoleh dalam kurun 6 tahun.

Rumusnya adalah:

72 : 6 = 12 persen

Jadi, Anda perlu memperoleh keuntungan 12% selama 6 tahun untuk meraih pengembalian 2 kali lipat dari modal.

Ada lagi rumus yang bisa digunakan untuk mengetahui berapa waktu yang dibutuhkan jika Anda ingin menghasilkan pengembalian 2 kali lipat dengan bunga 6% per tahun.

Rumusnya adalah:

72: 6 = 12 tahun

Jadi, Anda perlu berinvestasi selama 12 tahun dengan persentase bunga 6% per tahunnya agar memperoleh pengembalian 2 kali lipat.

Rumus ini hanya digunakan untuk menghitung cepat. Untuk hasil yang lebih akurat, Anda bisa memanfaatkan rumus yang sudah disebutkan sebelumnya.

 

Baca juga: Rumus Menghitung Keuntungan Investasi untuk Pemula


Seperti itulah penjelasan mengenai compound interest. Rumus compound interest adalah mudah dipahami. Anda bisa menghitungnya sendiri ketika sedang berhadapan dengan investasi yang Anda jalankan. Jangan ragu untuk menghitung sendiri potensi keuntungan Anda, dengan begitu Anda akan lebih mudah melakukan perencanaan ke depan.


Raih Keuntungan Menarik dengan Menjadi Pendana di P2P Lending Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda dapat meraih imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.


Pertanyaan Umum

1. Apa yang dimaksud dengan compound interest?

Compound interest adalah bunga yang diperoleh dan terakumulasi setiap setahunnya dan dihitung berdasarkan pokok awal dari modal yang ditanamkan, yang ikut terakumulasi setiap tahunnya selama investasi berjalan

2. Bagaimana compound interest bekerja?

Bunga majemuk pokok awalnya bisa berubah seiring pergerakan tahun, sehingga turut mengubah besaran bunga-nya, walaupun persentase bunga sebenarnya sama saja

3. Apa itu simple interest?

Bunga ini umumnya hadir di produk tabungan biasa. Bedanya dengan bunga majemuk, besaran pokok di bunga sederhana dihitung sesuai dengan besaran jumlah tabungan di awal.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru