Finansial

Tips Meminimalkan Risiko Kerugian Bitcoin Mining

Paskalia-

09 Oct 2019

Tips Meminimalkan Risiko Kerugian Bitcoin Mining

Jika ingin mulai menambang bitcoin, Anda harus memperhatikan aspek kerugian bitcoin mining yang akan terjadi. Yang harus dilakukan adalah meminimalkan risiko kerugian bitcoin mining atau saat menambang bitcoin

Saat ini menambang bitcoin semakin sulit, karena mining difficulty pada blockchain bitcoin sudah mulai memuncak di besaran terbaru sepanjang masa yaitu lebih dari 7.93 triliun. Tren mining difficulty memang mulai naik sejak Januari 2019. Dari data yang telah diolah oleh BTC.com, perubahan mining difficulty terjadi di tanggal 10 Juli 2019.


Baca juga: Mengenali Risiko di Dalam Investasi Bitcoin


Menambang adalah sebuah unsur terpenting di blockchain bitcoin. Berkat penambang yang melakukan penambangan bitcoin dapat tercipta dan masuk ke pasar secara bebas. Proses penambangan bitcoin melibatkan tenaga komputasi yang besar, maka besaran mining difficulty harus dipertimbangkan oleh para penambang bitcoin.

Berikut ini disajikan sejumlah tips menambang bitcoin agar mendapat profit dan meminimalkan kerugian bitcoin mining.


Memperhatikan Konsumsi Energi pada Hardware

Hardware dalam bitcoin mining menjadi investasi investasi. Namun hal ini menjadi tambahan biaya. Semakin bagus hardware Anda, maka daya listrik yang diserap semakin tinggi. Sebelum melakukan pembelian hardware untuk menambang bitcoin yang perlu diperhatikan adalah mempertimbangkan konsumsi listrik yang digunakan untuk menghitung berapa tagihan listrik yang akan dibayarkan nantinya. Tentu tidak sebanding jika uang yang Anda hasilkan dari menambang bitcoin hanya dihabiskan untuk membayar listrik. Untuk meminimalkan kerugian bitcoin mining, gunakan hash rate dan total penggunaan listrik. Nantinya Anda dapat mengetahui hash yang didapat dari setiap penggunaan listrik dari hardware.

Hal ini dapat Anda lakukan untuk meminimalkan kerugian bitcoin mining. Jika asal menambang saja dan tidak memperhatikan konsumsi listrik, maka Anda akan mengalami kerugian.


Baca juga: Karakteristik Bitcoin dan Cara Peroleh Keuntungannya


Memilih Perangkat Keras yang Tepat

Pilihan perangkat keras yang tepat untuk menambang bitcoin akan membantu Anda agar tidak mengalami kerugian bitcoin mining. Nantinya Anda harus mengeluarkan biaya lebih saat menggunakan perangkat keras, terutama dari biaya listrik. Sebelum membeli alat-alat yang dibutuhkan, penting menghitung potensi kerugian dan keuntungannya.

Ada beberapa kalkulator yang bisa digunakan dan berfungsi untuk menghitung total biaya dan keuntungan sebuah alat pertambangan yang diperlukan, misalnya The Genesis Block atau BTC Mining Profit Calculator.

Anda hanya perlu memasukkan data seperti biaya peralatan, penggunaan listrik, serta hash rate. Selain itu Anda juga harus memperhatikan harga Bitcoin saat ini, hal ini untuk mengetahui berapa lama investasi akan terbayarkan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan.


Memilih Software yang Tepat

Untuk meminimalkan kerugian bitcoin mining Anda harus memperhatikan perangkat lunak yang digunakan. Anda perlu menginstal perangkat lunak yang sesuai dengan perangkat keras Anda. Perangkat lunak yang bisa Anda gunakan untuk menambang bitcoin.

Bitcoin Miner

CGMiner

EasyMiner

BFGMiner


Bergabung dengan Kumpulan Penambang Bitcoin

Bagi penambang bitcoin yang harus dilakukan untuk meminimalkan kerugian bitcoin mining adalah bergabung dengan para penambang bitcoin. Jika Anda mencoba untuk menambang sendiri, maka akan butuh waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan bitcoin, bahkan bisa jadi Anda tidak mendapatkan bitcoin.

Anda harus bergabung dengan kumpulan penambang bitcoin, karena para penambang bitcoin ini bisa sangat membantu Anda dalam menambang bitcoin. Jika dilakukan secara bersama-sama maka akan memiliki keuntungan dibandingkan Anda melakukannya sendiri. Keuntungan yang didapatkan dari menambang bitcoin bisa dibagi dengan para penambang lainnya. Kumpulan penambang ini bekerja sama untuk memecahkan blok lalu akan mendapatkan imbalan berupa bitcoin. Beberapa contoh kumpulan penambang bitcoin ini adalah BitMiner, CK Pool, dan Eligius.


Memantau Harga Bitcoin

Bagi Anda yang ingin memulai bitcoin mining untuk dapat meminimalkan kerugian yang terjadi pada bitcoin mining yang perlu dilakukan adalah memantau harga bitcoin, dengan memantau harga bitcoin yang terkini akan membuat Anda bersemangat dalam menambang bitcoin. 

Proses untuk menambang bitcoin ini sangat susah dibandingkan dengan trading bitcoin. Trading bitcoin lebih mudah. Namun jika berhasil proses penambangan bitcoin ini akan memiliki keuntungan yang jauh lebih besar daripada trading bitcoin.


Memiliki Semangat dan Ketekunan

Untuk dapat memulai menambang bitcoin yang harus Anda lakukan agar dapat meminimalkan kerugian bitcoin mining adalah memiliki semangat dan ketekunan. Dengan memiliki semangat dan ketekunan, maka Anda akan bisa menghadapi banyak situasi yang akan terjadi pada proses penambangan bitcoin. 

Semangat dan ketekunan sangat diperlukan untuk dapat terus melakukan bitcoin mining, karena pasti dalam melakukan bitcoin mining ini Anda akan mengalami pasang surut yang terjadi pada proses penambangan bitcoin. Pada saat pasang surut terjadi Anda tidak akan menyerah untuk terus bersemangat menjalani bisnis bitcoin mining.

Semangat dan ketekunan juga akan membuat Anda selalu kuat dalam menghadapi segala hal yang akan terjadi. Karena setiap bisnis pasti memiliki risiko-risiko yang akan terjadi, maka Anda harus memperhatikan segala risiko yang akan terjadi saat Anda memilih sebuah bisnis.

Risiko terburuk yang terjadi akan sangat mudah untuk dilalui jika Anda selalu memiliki semangat dan ketekunan dalam melakukan penambangan bitcoin. Dengan semangat dan ketekunan segala hal yang terburuk pasti akan mudah untuk dilalui. Jadi jangan menyerah. Tetap semangat dan memiliki ketekunan.


Beberapa tips di atas adalah tips untuk meminimalkan kerugian bitcoin mining yang sering dialami oleh beberapa penambang bitcoin. Dengan melakukan tips diatas, maka Anda akan bisa meminimalisir kerugian yang akan terjadi pada proses menambang bitcoin. Tentunya Anda harus melakukan tips yang terakhir yaitu tetap bersemangat dan bertekun dalam menjalani bisnis penambangan bitcoin.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru