Finansial

Tips Pengembangan Dana Investasi Online yang Wajib Anda Ketahui

Kabrina Rian Ferdiani-

28 Jul 2020

Tips Pengembangan Dana Investasi Online yang Wajib Anda Ketahui

Dalam memulai investasi online, ada beragam hal yang perlu diperhatikan. Saat ini layanan online mempermudah para investor untuk dapat berinvestasi di mana saja serta kapan saja. Selain itu, dengan kemudahan akses teknologi maka semakin mudah juga untuk mempelajari teknik dalam berinvestasi. 

Ada banyak sumber belajar yang bisa diperoleh dari internet. Namun, ada banyak juga oknum jahat yang melakukan penipuan dengan kedok investasi di dunia online. Mereka biasanya menawarkan produk investasi dengan bunga yang besar serta waktu jatuh tempo yang singkat. 

Ternyata banyak juga korban yang tertipu dari aksi kejahatan tersebut karena tidak selektif dalam memilih pengelola investasi. Jadi, jika Anda hendak memulai investasi online, perlu cerdas serta berhati-hati. Nyatanya dalam berinvestasi ada risiko tersendiri. 

Untuk itu, investor perlu belajar dan mempersiapkan beberapa hal supaya dana bisa dikembangkan serta meminimalisasi kemungkinan risiko. Pahami dan terapkan tips berikut dalam berinvestasi secara online agar dana atau untung bisa dikelola dengan baik.


Baca juga: Investasi Online Menguntungkan Tahun 2020, Anda Harus Coba


Memulai dengan Dana Kecil dan Pahami Tiap Instrumennya

Saat memulai investasi, tidak masalah untuk memulai dari uang yang sedikit. Jangan mudah tergiur dengan modal besar dan keuntungan besar. Setiap investasi pasti memiliki risiko tersendiri. Jadi, jika Anda merupakan pemula, bisa berinvestasi dari dana yang kecil terlebih dahulu. 

Sambil memperdalam informasi mengenai investasi beserta kemampuan analisis yang kuat, Anda bisa menambah proporsi dana investasi. Sudah banyak instrumen Investasi online yang menyediakan pilihan investasi dengan modal yang kecil. Yang penting pastikan uang yang Anda gunakan untuk berinvestasi adalah uang khusus, yaitu budget di luar kebutuhan hidup. 

Sesedikit apapun itu, jika Anda rutin maka bisa memperoleh return yang lumayan. Setelah Anda menguasai ilmu investasi dan ada dana lebih, porsi investasi bisa ditambahkan. Besarnya risiko yang ada pada tiap instrumen berbeda-beda, tergantung dari seberapa return yang diperoleh. 

Biasanya, makin tinggi keuntungan yang diperoleh maka makin besar juga risikonya. Namun, bukan berarti memilih produk investasi secara sembarangan karena semua berisiko. Pilihlah yang sesuai dengan profil risiko serta kebutuhan Anda. Kenali tiap jenis produk investasi online serta risikonya. 

Jadi Anda dapat memperhitungkan kemungkinan besarnya kerugian jika hal buruk terjadi. Anda juga bisa memperhitungkan diri sendiri apakah siap dengan kerugian sebesar itu. Untuk meminimalisasi kerugian, perdalam informasi serta pengetahuan mengenai teknik analisis tiap produk. Dengan begitu Anda bisa mengembangkan dana investasi lebih optimal.


Jangan Mudah Tergoda Keuntungan yang Besar dengan Memahami Dasar-Dasar Berinvestasi

Tujuan Anda melakukan investasi online memang untuk mengembangkan dana agar lebih menguntungkan. Namun, jangan jadikan keuntungan sebagai faktor utama dalam berinvestasi. Ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan, seperti jangka waktu, risiko, keamanan, dan beragam faktor lainnya. 

Jadi, jangan mudah tergoda dengan bujukan keuntungan besar, apalagi dalam waktu singkat. Jika Anda ingin untung besar, hati-hati supaya tidak mudah tergoda penipuan. Penipu dengan modus investasi memanfaatkan sifat rakus para investor dengan janji berupa bunga yang besar. 

Kenyataannya, investasi online yang aman memerlukan proses dan waktu. Bunga yang wajar diberikan investasi pun biasanya kurang dari 2% per bulannya. Jangan mudah percaya investasi yang menjanjikan untung besar. Sebelum Anda memulai investasi, penting untuk paham dasar-dasar dari instrumen yang dipilih.

Ada beragam jenis instrumen investasi yang bisa Anda pilih dan dipelajari. Mungkin bisa diawali dari 1 produk dahulu, baru setelah itu mempelajari produk-produk lain lebih dalam. Namun, setidaknya Anda memahami dasar-dasar dari ragam produk investasi online yang ada.

Memahami dasar produk investasi berguna supaya Anda dapat memilih dan memiliki produk yang tepat. Dengan begitu, Anda tidak berinvestasi secara asal, namun dengan pertimbangan yang matang karena sudah memahami dasar-dasar investasi. Ada banyak jenis media yang bisa digunakan untuk belajar. Perlahan Anda dapat mempelajari lebih dalam mengenai produk investasi yang dipilih.


Menetapkan Target dan Lakukan Diversifikasi Instrumen Investasi

Berinvestasi akan lebih terarah dan lebih bersemangat jika Anda memiliki tujuan dan sasaran yang hendak dicapai. Investasi online bukan mengenai keuntungan, namun investasi adalah kendaraan yang Anda pakai untuk sampai di tujuan keuangan. Maka sebelum berinvestasi penting untuk membuat tujuan keuangan. 

Tujuan inilah yang menjadi dasar bagi Anda untuk menentukan instrumen yang tepat. Karena tujuan keuangan setiap orang berbeda, maka produk preferensi investasi online setiap orang juga berbeda. Sesuaikan investasi dengan tujuan pribadi, jangka waktu dan dana yang dimiliki. 

Misalnya Anda akan membeli rumah 5 tahun ke depan. Dengan dana yang dimiliki, pilihlah instrumen yang cukup mengembangkan dana Anda untuk membeli atau membayar DP dalam waktu tersebut. Setelah belajar salah satu produk investasi online, Anda bisa melakukan investasi di produk lain. 

Berinvestasi memang sebaiknya tidak hanya fokus pada satu tempat saja. Karena setiap instrumen memiliki risiko tersendiri maka penting untuk melakukan diversifikasi supaya meminimalisasi risiko. Jadi, misalnya ketika satu instrumen sedang dalam kondisi turun, Anda memiliki investasi di instrumen lainnya yang aman.

Oleh karena itu, disarankan para Investor melakukan diversifikasi dalam melakukan investasi online. Dengan begitu, dana yang Anda miliki semakin minim risikonya. Untuk itu, Anda perlu belajar terus mengenai ragam instrumen investasi.

Sehingga Anda bisa mengelola dana dengan optimal meskipun berada di instrumen yang berbeda-beda sifat dan jenisnya. Anda juga dapat mengembangkan dana melalui program P2P Lending dari Modal Rakyat. 

Modal Rakyat merupakan perusahaan jasa investasi berizin OJK. Jadi Anda dapat membantu pembiayaan usaha UMKM serta mendapatkan bunga jasa investasi bersama P2P Lending Modal Rakyat. Tunggu apa lagi? Mulailah investasi online dengan menerapkan tips-tips di atas.


Baca juga: Waspadai Gangguan Kesehatan karena Duduk Lama saat WFH

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru