Gaya Hidup

Waspadai Gangguan Kesehatan karena Duduk Lama saat WFH

Kabrina Rian Ferdiani-

07 Jul 2020

Waspadai Gangguan Kesehatan karena Duduk Lama saat WFH

Working from Home (WFH) membuat kita lebih jarang bergerak daripada biasanya. Jika biasanya harus berjalan kaki untuk menuju ke kantor, selama WFH kita tidak perlu beranjak dari rumah.

Tidak hanya itu, intensitas duduk pun lebih banyak daripada biasanya. Hal tersebut perlu Anda waspadai.

Duduk yang terlalu lama bisa mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan. Berikut pembahasannya untuk Anda.


Baca juga: Siap Tidak Siap, Ini Tantangan Finansial di Era ‘Normal Baru’


Beberapa Gangguan Kesehatan yang Muncul karena Terlalu Sering Duduk

Inilah beberapa gangguan kesehatan yang mungkin Anda alami jika terlalu lama duduk.

Kecemasan dan depresi

Tahukah Anda bahwa risiko kecemasan dan depresi lebih tinggi jika Anda lebih banyak duduk? Ini bisa terjadi karena orang yang menghabiskan banyak waktu untuk duduk kehilangan efek positif dari aktivitas fisik dan kebugaran.

Kanker

Penelitian yang sedang berlangsung menunjukkan bahwa bahaya duduk termasuk meningkatkan peluang Anda terkena beberapa jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, rahim, dan usus besar.

Penyakit jantung

Duduk untuk waktu yang lama telah dikaitkan dengan penyakit jantung. Satu studi menemukan bahwa pria yang menonton televisi lebih dari 23 jam seminggu memiliki risiko 64 persen lebih tinggi meninggal akibat penyakit kardiovaskular dibandingkan pria yang hanya menonton televisi 11 jam seminggu.

Beberapa ahli mengatakan bahwa orang yang tidak aktif dan duduk dalam waktu lama memiliki risiko 147 persen lebih tinggi menderita serangan jantung atau stroke.

Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa bahkan lima hari berbaring di tempat tidur dapat menyebabkan peningkatan resistensi insulin dalam tubuh Anda (ini akan menyebabkan gula darah Anda meningkat di atas apa yang sehat). Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan lebih banyak waktu duduk memiliki risiko diabetes 112 persen lebih tinggi.

Leher dan bahu kaku

Jika Anda menghabiskan waktu dengan membungkuk di atas keyboard komputer, ini dapat menyebabkan rasa sakit dan kaku di leher dan bahu Anda.

Kenaikan berat badan

Saat bergerak, otot tubuh melepaskan molekul seperti lipoprotein lipase. Molekul ini membantu memproses lemak dan gula dari makanan Anda.

Jika Anda menghabiskan waktu dengan duduk, produksi molekul tersebut berkurang. Hal ini bisa membuat Anda mengalami kenaikan berat badan di bagian tengah tubuh. Bagian tengah adalah tempat paling bahaya untuk menyimpan lemak.

Deep Vein Thrombosis (DVT)

DVT adalah proses pembekuan darah yang terjadi di kaki. Jika gumpalan bekuan ini pecah, ia dapat memotong aliran darah kebagian lain dari tubuh seperti paru-paru. Ini berakibat penyakit emboli paru.

Emboli paru merupakan keadaan darurat medis yang bisa menyebabkan komplikasi bahkan hingga kematian. Duduk terlalu lama adalah salah satu faktor yang bisa menyebabkan DVT.


Bagaimana Anda Bisa Menyelamatkan Kesehatan Anda dari Bahaya Duduk Terlalu Lama?

Jika Anda tidak mendapatkan aktivitas yang cukup dalam sehari, belum terlambat untuk mengubahnya dan mendapatkan manfaat kesehatan yang besar dalam prosesnya.

Bangun lebih banyak aktivitas setiap hari Anda

Beberapa cara Anda dapat memasukkan aktivitas ke dalam hari Anda adalah:

  • Berjalan atau bersepeda, dan tinggalkan mobil di rumah.
  • Gunakan tangga sebagai ganti lift atau eskalator, atau paling tidak berjalanlah di eskalator.
  • Turun satu halte lebih awal dan berjalan di sepanjang jalan ke halte selanjutnya.

Hitung berapa lama Anda berjalan satu kilometer. Anda mungkin menemukan bahwa Anda dapat mencapai tujuan lebih cepat dengan berjalan kaki daripada jika Anda menunggu angkutan umum.

Menjadi lebih aktif

Jika Anda baru mengenal aktivitas fisik, atau memiliki kondisi kesehatan khusus, bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai aktivitas baru. Mereka dapat membantu Anda memutuskan kegiatan terbaik untuk Anda. 

Jika Anda aktif di luar ruangan, ingatlah untuk melindungi diri dari sinar matahari dengan menggunakan tabir surya dan mengenakan pakaian pelindung sinar matahari, termasuk topi.

Aktiflah di tempat kerja

Anda dapat bergerak di tempat kerja lebih dari yang Anda pikirkan:

  • Naik tangga bukan lift.
  • Berjalanlah dan berbicara dengan kolega Anda alih-alih mengirim email kepada mereka.
  • Istirahat makan siang Anda dari meja Anda dan nikmati berjalan kaki singkat di luar jika Anda bisa.
  • Atur pertemuan jalan kaki.

Aktiflah di dalam ruangan

Jangan biarkan cuaca buruk menghentikan Anda dari menjadi aktif! Anda bisa melakukan latihan beban tubuh seperti squat, sit-up, dan lunges.

Anda juga dapat mencoba aktivitas dalam ruangan seperti:

  • Menari
  • Berenang di kolam renang indoor
  • Yoga
  • Pilates
  • Seni bela diri
  • Senam aerobik
  • Panjat tebing dalam ruangan.

Berada dalam ruangan bukan menjadi alasan untuk lebih sedikit bergerak. Temukan cara apa saja yang paling nyaman untuk Anda agar tetap bergerak.


Baca juga: Curi 10 Tips Kehidupan yang Luar Biasa dari Elon Musk

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru