Finansial

Tips Untuk Memilih Pinjaman Online Bunga Kecil

Kabrina Rian Ferdiani-

22 Mar 2021

Tips Untuk Memilih Pinjaman Online Bunga Kecil

Di tengah-tengah perkembangan zaman dan teknologi yang sangat massif belakangan ini, menuntut kita harus lebih berhati-hati terhadap apapun yang ada di dunia maya. Walaupun kita makin dimanja dengan bermacam kekuasaan hidup yang pada awalnya cuma angan-angan dan keinginan, namun semua sekarang terasa mudah bahkan sangat efisien.

Dengan semakin bertambahnya kepentingan manusia maka kepentingan akan keuangan juga makin bertambah. Bahkan ada pula sebagian orang untuk penuhi kepentingan tersebut setiap harinya ada saja yang tidak tercukupi. Apa lagi bila terdapat kondisi dimana yang sifatnya genting dan muncul tak terduga. Untuk menanganinya beberapa orang biasanya memutuskan untuk melakukan pinjaman online.

Baca juga: Tips Supaya Pinjaman Usaha Anda Cepat Disetujui

Pinjaman online ini makin ramai di kelompok warga karena mereka menawarkan proses yang semakin lebih mudah dan cepat dari pinjaman yang ada di bank atau non-bank. Cukup dengan mempunyai gadget saja dan Anda memiliki aplikasi pinjaman online, maka dalam kurun waktu beberapa saat saja Anda bisa memperoleh uangnya tanpa sulit-susah mengantri di bank, memenuhi syarat, memenuhi agunan, survey, dan sebagainya.

Perusahaan penyedia pinjaman akan mempertemukan antara peminjam dan pemberi pinjaman secara daring. Proses ini dilaksanakan cuma melalui aplikasi khusus yang dimiliki oleh penyedia pinjaman online tersebut. Umumnya yang menyiapkan pinjaman online ini adalah perusahaan yang bergerak pada bidang fintech (financial technology).

Sesudah Anda mengenali beberapa aplikasi yang termasuk daftar penyedia pinjaman online bunga kecil yang dapat dipercaya maka, baiknya Anda juga harus memahami tips atau langkah yang tepat untuk memilih pinjaman online yang dipercaya seperti di bawah ini:


Tetap Selalu Siaga

Anda dituntut untuk tetapi berhati-hati, tidak boleh asal-asalan pilih provider pinjaman online yang ada di Internet. Karena baru saja ini banyak terjadi permasalahan yang bermunculan dengan beberapa pinjaman online. Ada masyarakay yang berasa dirugikan karena bunga yang ia terima nyatanya mencekik dan tidak sesuai kenyataan.

Jika Anda yang akan meminjam uang, seharusnya lebih cermat dan harus memahami betul prosesnya, supaya proses meminjam lewat pinjaman online bunga kecil bisa menolong jadi jalan keluar penyelesaian problem yang ada, bukan justru menambahkan problem.

Apabila calon debitur telah melengkapi persyaratan lewat aplikasi yang disediakan maka dengan cepat dana dapat ditransferkan ke bank debitur itu.

Seiring perkembangan jaman, pinjaman online jarang sekali memerlukan persyaratan yang menyusahkan. Umumnya cuma memakai KTP saja, dibalik keringanan prosesnya Anda harus juga waspada saat menentukan penyedia pinjaman online. Bila mereka memberikan persyaratan ongkos administrasi kemungkinan itu merupakan perusahaan fintech abal-abal.


Baca juga: Apa itu Invoice Financing? Bagaimana Langkah Kerjanya?


Terdaftar di OJK

Bila tempat pinjaman online Anda sudah tercatat di OJK, maka maknanya perusahaan itu merupakan perusahaan yang baik dan dapat bertanggung jawab dalam soal yang terkait dengan rugi penggunanya.

Untuk dapat memeriksa apa perusahaan fintech pilihanmu tercatat maka Anda periksa saja di situs resmi OJK. Janganlah sampai Anda ambil pinjaman online pada penyedia pinjaman yang tidak tercatat dan tidak dipantau oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan ini ya, karena kemungkinan penyedia tersebut mungkin abal-abal jika tidak tercatat.


Tidak Sembunyikan Besar Pinjaman Serta Biayanya

Untuk pinjaman online bunga kecil yang sah dan bisa dipercaya tentu mempunyai situs resmi dan di dalamnya dapat diperlihatkan besaran-besaran dana yang bisa Anda pinjam dengan bunganya. Ini mempunyai tujuan supaya calon peminjam pun tidak berasa terjebak kedepannya dengan pengubahan bunga yang mendadak.


Cermati Ketentuannya

Memang betul persyaratan yang dibutuhkan saat lakukan pinjaman online bunga kecil hanya KTP. Tetapi ada juga yang membutuhkan beberapa uang dahulu supaya dana dapat turun. Bila Anda mendapati hal ini, Anda harus lebih berhati-hati karena kemungkinan ini merupakan kasus penipuan online.

Karena asumsinya kita akan pinjam uang, berarti kita memerlukan uang, dan apabila bayar dulu jelas tidak rasional dilakukan untuk seorang peminjam. Hati-hati selalu ketika akan lakukan pinjaman online, tidak boleh tergoda bunga yang kecil tetapi sebetulnya malah menjerumuskan.


Baca juga: Anjak Piutang vs Pembiayaan Piutang: Mana yang Lebih Baik?


Memiliki Customer Service

Kehadiran Customer Service menjadi referensi dan parameter apakah pinjaman online itu paling dipercaya atau mungkin tidak. Ini adalah persyaratan yang disampaikan OJK untuk mengkonfirmasi keadaan penyedia pinjaman tersebut. Customer Service ini harus kooperatif dan mudah dihubungi oleh calon debitur.

Tetapi Anda harus juga perhatikan lantaran ada yang cuma memberi alamat e-mail aduan dan ternyata hal tersebut malah seperti mesin penjawab yang otomatis akan menjawab beberapa pertanyaan Anda. Seharusnya tentukan yang mempunyai nomor telepon untuk dapat dihubungi.


Pelajari Situsnya

Karena ini merupakan pinjaman online bunga kecil, maka semua akan tersambung dengan internet. Begitupun kalau mempunyai situs resmi maka Anda dapat melihat apakah ada tanda kunci gembok di sisi kiri atas alamat situs itu.

Ini merupakan isyarat jika situs aman, tetapi bila Anda mendapati tanda kunci gembok itu dibuka atau bahkan juga dicoret maka berhati-hati ini bisa saja pencurian data dan penyelewengan. Jangan teruskan proses pengisian data dan lain-lain, karena ini benar-benar beresiko untuk keamanan data digital.


Sesudah memahami tips memilih penyedia pinjaman online bunga kecil seperti di atas apakah Anda tertarik untuk melakukan pinjaman online? Bila iya pilih dengan arif dan sesuai keperluan. Jangan mudah tergiur oleh promo atau semacamnya yang menjebak.

Jangan meminjam karena hanya ingin tahu dan ingin mencoba, atau malah meminjam uang untuk keperluan yang tidak penting. Pasti ini akan memberikan kerugian. Selamat mempraktikkan!

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru