Bisnis

Menguntungkan, Modal Uang 100 Ribu untuk Bisnis Pulsa

Kabrina Rian Ferdiani-

17 Oct 2020

Menguntungkan, Modal Uang 100 Ribu untuk Bisnis Pulsa

Salah satu jenis usaha yang tergolong relatif fleksibel adalah dengan cara menjual sebuah pulsa elektrik. Selain cara menjalankannya yang cukup mudah, ternyata modal untuk memulai bisnis pulsa pun tak harus dalam jumlah besar. Bermodalkan uang 100 ribu saja Anda sudah dapat menjalankan usaha sendiri dan meraup untung di kemudian hari.

Tak banyak orang yang mengira bahwa keuntungan dari berjualan pulsa ternyata cukup memuaskan. Cara kerjanya pun tak terlalu rumit. Apalagi pulsa elektrik kini seolah menjadi kebutuhan utama masyarakat modern yang tak bisa lepas dari penggunaan handphone. Maka, jenis usaha ini sangat layak untuk dilirik dan mulai dikembangkan.


Baca juga: Modal Rp100 Ribu Bisa Investasi Online? Ini Tipsnya!


Mendaftarkan Diri Menjadi Agen Pulsa

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ingin menjalankan bisnis ini yaitu dengan mendaftarkan diri sebagai agen pulsa. Agen merupakan pihak yang dapat melakukan isi ulang pulsa alias menjualnya kepada konsumen maupun diri sendiri. Berbekal uang 100 ribu tersebut, daftarkan diri Anda di distributor yang profesional dan terpercaya.

Namun sebelum menjadi agen, Anda perlu menemukan server atau distributor yang menyediakan produk secara lengkap. Misalnya pulsa listrik all operator, kuota internet, pulsa listrik, dan sebagainya. Pastikan pula Anda memilih distributor yang telah berpengalaman dalam bisnis ini sehingga sudah teruji kredibilitasnya. Ini juga untuk menghindari penipuan.

Saat ini ada banyak sekali distributor yang menjual berbagai produk pulsa elektrik. Anda bisa mencari informasi dari teman atau pengusaha agen yang telah menjalankan usaha ini lebih dulu. Bisa juga mencari informasi melalui internet. Anda bisa menemukan daftar distributor yang membuka kesempatan menjadi agen dengan modal uang 100 ribu.

Umumnya, syarat pendaftaran untuk menjadi agen pun sangat mudah. Distributor akan meminta calon mitranya untuk mengirimkan pesan dengan format tertentu baik melalui SMS konvensional maupun aplikasi messenger. 


Melakukan Pengisian Saldo untuk Pertama Kalinya

Setelah berhasil mendaftar sebagai agen pulsa, kini saatnya Anda melakukan pengisian saldo untuk pertama kalinya. Tanpa saldo, Anda tak akan bisa menjual jenis pulsa apapun. Cara mengisi saldo sangat mudah, yaitu dengan melakukan transfer uang 100 ribu sebagai modal awal ke rekening server atau distributor.

Biasanya, distributor pulsa akan meminta agennya untuk langsung mentransfer uang sesuai keinginan mitranya. Cara ini dinilai lebih efektif, aman, dan cepat dibandingkan menyerahkan uang tunai. Setelah mengirimkan uang 100 ribu tersebut, jangan lupa menyimpan bukti transfer untuk diserahkan kepada distributor yang bersangkutan.

Apabila Anda telah mengkonfirmasi pembayaran atau transfer, tak lama kemudian distributor akan mengisi saldo ke perangkat Anda. Hanya perlu waktu beberapa menit saja sebelum akhirnya saldo Anda terisi. Saldo tersebut nantinya akan dipakai untuk melakukan transaksi pengisian pulsa ke konsumen.


Mulai Menjual Pulsa kepada Pengguna atau Konsumen

Saldo senilai uang 100 ribu tadi kemudian bisa langsung dijual kepada pengguna atau konsumen. Anda bisa mulai memperkenalkan diri sebagai penjual pulsa kepada teman, kerabat, saudara, dan para kenalan. Hal ini agar mereka tahu bahwa Anda dapat mengisi pulsa langsung.

Selain itu, manfaatkan pula platform media sosial yang Anda miliki untuk memberitahukan bisnis pulsa tersebut kepada publik. Cara ini sangat efektif sebagai langkah promosi. 

Cara pengisian pulsa elektrik atau kuota sangat mudah. Anda akan diberi akses pengisian melalui SMS atau aplikasi khusus. Apabila tekun dalam menjalankannya, secara perlahan bisnis dengan modal uang 100 ribu tersebut pun menuai hasil positif.


Keuntungan Bisnis Pulsa Modal Uang 100 Ribu

Semakin banyak transaksi penjualan yang dilakukan, maka keuntungan pun kian berlipat ganda. Hindari mengambil untung terlalu banyak karena akan berdampak pada sepinya pembeli. Ingat, persaingan bisnis pulsa sangat ketat sehingga harus menjalankannya dengan strategi yang terukur. Tujuannya agar uang 100 ribu Anda di awal bisa beranak-pinak.

Tak perlu khawatir dengan risikonya. Seperti disinggung sebelumnya, pulsa merupakan kebutuhan yang tak bisa dipisahkan oleh para pengguna gadget khususnya handphone. Jadi, komoditas yang Anda miliki akan selalu diminati kapan saja tanpa mengenal musim. Kalaupun bisnis dari uang 100 ribu ini mandek, Anda bisa menggunakan pulsanya untuk diri sendiri.

Mengelola uang bukanlah sebuah hal mudah. Bukan soal seberapa banyak uang yang dimiliki, tetapi bagaimana membiasakan diri dengan pengelolaan secara tepat. Bisnis pulsa bisa menjadi solusi mudah dan tepat untuk memperoleh keuntungan. Selain minim risiko, bisnis ini juga bisa dijalankan dengan modal uang 100 ribu.


Baca juga: 5 Tips Mengatur Keuangan Bisnis Anda

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru