Bisnis

7 Jenis Keterampilan yang Menghasilkan Uang Banyak di Dompet

Brigitta Winasis-

31 May 2021

7 Jenis Keterampilan yang Menghasilkan Uang Banyak di Dompet

Di zaman modern sekarang ini, banyak pekerjaan yang bisa dilakukan hanya dengan bermodal keterampilan tanpa perlu sertifikasi khusus. Keterampilan ini juga Anda perlukan untuk mendapatkan uang maupun sebagai penghasilan sampingan. Sehingga apabila Anda adalah karyawan dapat pula memperoleh tambahan pendapatan.

Jika Anda ingin menghasilkan uang lebih, ada beberapa keterampilan yang bisa Anda asah. Pasalnya kemampuan ini tengah dicari banyak orang. Tidak semua orang atau perusahaan memiliki kemampuan seperti yang dijelaskan berikut ini. Anda juga dapat mengerjakannya secara freelance agar tidak memberatkan rutinitas Anda.


Baca juga: Ide Usaha Sampingan Menggunakan Keahlian Yang Dimiliki


Berikut akan dijelaskan keterampilan apa saja yang bisa menghasilkan uang banyak di dompet Anda. Simak uraiannya.


Desain Grafis

Kemampuan ini penting karena akan terpakai di berbagai bidang usaha. Baik perusahaan besar maupun kecil membutuhkan desain grafis untuk membuat promosi dan semacamnya.

Kemampuan desain grafis akan membuat Anda tampil beda dan punya nilai kompetitif di mata perusahaan. Jika bidang kerja Anda di luar desain, Anda dapat menjadi desainer grafis freelance.

Anda bisa membuat jasa membuat desain untuk grafis situs, promosi iklan, dan lain-lain. Anda dapat juga menjadi konsultan desain.

Hal yang terpenting adalah Anda memiliki kemampuan menggunakan software desain. Dengan demikian, Anda bisa segera membuka jasa desain untuk perusahaan maupun bisnis kecil.

Anda dapat memulai dengan menawarkan jasa kepada rekan atau kenalan Anda. Jika mau, Anda dapat menawarkannya secara gratis. Setelah usaha tersebut berkembang, Anda bisa membuat portofolio di media sosial agar semakin dikenal orang.


Baca juga: 10 Situs Freelance agar Dapat Penghasilan Tambahan


Kemampuan Interpersonal

Kemampuan interpersonal berarti kemampuan untuk berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain. Kemampuan ini juga berarti mampu membangun dan menjaga hubungan dalam berbagai kondisi. Keahlian ini penting baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek.

Kemampuan ini bermanfaat pula dalam dunia kerja. Pasalnya kemampuan interpersonal membuat Anda dapat bekerja sama dengan orang lain, baik sesama rekan kerja, atasan, maupun orang lainnya.

Studi membuktikan orang dengan kemampuan interpersonal yang baik lebih memiliki peluang dalam bekerja. Mengapa demikian? Mereka tahu bagaimana cara membangun kerja sama yang baik.

Berbeda halnya dengan orang yang sulit diajak bekerja sama. Mereka cenderung lebih sulit dipromosikan, bukan?

Anda bisa melihat contoh dari para pemimpin hebat di dunia. Mereka tentu mempunyai kemampuan interpersonal yang canggih pula. Mereka mampu berkomunikasi dengan baik.

Kemampuan ini termasuk menyimak, berkomunikasi dengan efektif, berempati, mampu memecahkan masalah, serta kepemimpinan yang baik. Dengan memiliki sederet kemampuan ini, Anda akan lebih percaya diri dan mempunyai peluang lebih untuk naik jabatan. Dengan begitu, kesempatan mendapatkan uang akan lebih besar.


Coding

Memang tidak perlu memahami coding dengan sangat ahli seperti Mark Zuckerburg. Namun memahami dasar-dasar pengkodean akan sangat membantu untuk memperoleh pendapatan.

Dewasa ini banyak perusahaan yang menggunakan teknologi dalam bisnisnya. Maka dari itu, pemahaman tentang coding akan sangat membantu dalam karier Anda. Bukan tidak mungkin pula Anda beralih karier menjadi ahli coding.

Meskipun pekerjaan Anda sekarang tidak berhubungan dengan coding, Anda dapat menggunakan kemampuan ini untuk bekerja sampingan. Misalnya sebagai web developer freelance.


Bermedia Sosial

Dewasa ini semua orang selalu melihat personal branding dari media sosial. Mereka akan melihat bagaimana Anda berelasi dengan orang lain.

Selanjutnya, dari media sosial dapat dilihat pula apakah Anda mengikuti perkembangan teknologi. Dapat terlihat bagaimana karakter Anda dalam mengomentari isu-isu tertentu.

Kemampuan bermedia sosial akan bermanfaat dalam mendukung pekerjaan Anda, terutama yang berhubungan dengan pemasaran. Pasalnya banyak bisnis sekarang menggunakan media sosial dalam pemasarannya.

Jika Anda memahami seluk-beluk bidang ini, Anda dapat menawarkan keahlian itu dengan menjadi manajer media sosial. Usaha ini dapat menjadi bisnis sampingan maupun pekerjaan utama untuk menghasilkan uang.

Lebih baik lagi jika Anda bisa menjadi influencer di Instagram. Anda bisa mendapat jutaan rupiah dengan cara memperoleh endorsement maupun program afiliasi. Namun syarat yang diperlukan adalah aktif bermedia sosial dan memiliki banyak followers.


Berjualan

Rupanya tidak semua orang memiliki bakat berjualan. Apakah Anda termasuk di antara yang memiliki bakat tersebut?

Berjualan memerlukan keahlian interpersonal, kemampuan melihat celah atau peluang, serta kegigihan. Hal itu menjadi dasar, terutama jika membuka toko online.

Sebagai awalan, Anda dapat menjual produk yang Anda sukai dan dekat dengan kehidupan Anda. Misalkan Anda menyukai baju dengan gaya tertentu atau album pop Korea. Anda dapat mulai menawarkan ke kenalan Anda. Dengan begitu, lebih mudah bagi Anda untuk mendapat keuntungan.


Fotografi

Fotografi merupakan keahlian khusus yang banyak dicari orang. Tidak semua orang memiliki mata yang jeli untuk menghasilkan foto yang bagus. Selain itu, penghasilan yang ditawarkan dari bisnis ini cukup besar.

Anda bisa belajar berbagai teknik dasar fotografi. Jika perlu, Anda juga dapat merambah ke videografi. Fotografi dan videografi berpeluang menghasilkan keuntungan karena akan banyak terpakai di berbagai bidang usaha, misalnya untuk membuat kampanye promosi.

Sebagai usaha sampingan, Anda dapat menawarkan diri dengan bergabung di event organizer (EO). Selain itu, Anda juga dapat menawarkan jasa ke rekan atau kenalan dekat.

Selanjutnya, Anda harus membangun portofolio agar semakin dikenal orang. Portofolio ini dapat dibuat di media sosial agar mudah menjangkau orang banyak.


Bahasa Asing

Mahir berbahasa asing akan membantu Anda dalam pekerjaan apapun. Anda akan mempunyai nilai plus di mata atasan maupun sesama rekan kerja.

Jika bidang pekerjaan Anda tidak berkaitan dengan bahasa asing, manfaatkan keahlian Anda untuk mencari penghasilan sampingan. Misalnya dengan membuka kursus online. Semakin tinggi level bahasa yang Anda kuasai, semakin besar peluang jasa Anda diminati banyak orang.

Anda juga bisa membuka jasa penerjemahan, menjadi penulis lepas berbahasa asing, maupun untuk mengajar. Jika Anda punya teman dari negara asing, Anda dapat menjadi tour guide.


Ide usaha sampingan di atas tidak membutuhkan banyak modal. Namun mungkin Anda ingin modal tambahan agar bisnis yang dijalankan semakin berkembang.

Anda dapat mendaftarkan diri menjadi peminjam di layanan P2P lending Modal Rakyat. Bunga yang ditawarkan kompetitif dibandingkan layanan P2P lending lainnya. Selain itu, prosesnya mudah dan cepat, cukup lima hari kerja untuk disetujui.

Demikian penjelasan tentang keterampilan yang menghasilkan banyak uang di dompet. Selamat mencoba.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru