Bisnis

Ide Usaha Sampingan Menggunakan Keahlian Yang Dimiliki

Kabrina Rian Ferdiani-

24 May 2021

 Ide Usaha Sampingan Menggunakan Keahlian Yang Dimiliki

Ketidakpastian menjadi salah satu faktor yang tidak terlepas dari kehidupan. Oleh karena itu, konsep perencanaan menjadi hal terpenting termasuk salah satunya ketika berhubungan dengan keuangan. Disamping itu, kebutuhan yang terus meningkat setiap tahun, menjadikan kita harus memiliki sejumlah perencanaan keuangan agar dapat memenuhi kebutuhan masa kini sekaligus masa mendatang. Oleh sebab itu, sekarang ini banyak orang mempertimbangkan untuk memiliki penghasilan tambahan yang didapatkan dari berwirausaha. 

Namun biasanya sebagai pemula yang ingin terjun di dunia wirausaha, menganggap bahwa membangun sebuah usaha adalah sebuah keputusan yang besar dan membutuhkan modal yang besar. Akan tetapi, dengan kemudahan yang ditawarkan dari perkembangan teknologi, saat ini terjun di dunia wirausaha dapat dilakukan dimanapun, kapanpun dan bahkan dapat dimulai dengan modal yang kecil. Usaha yang dilakuni pun juga bisa berupa sampingan, dimana kamu tetap memiliki pekerjaan utama. 

Cara termudah dalam memulai usaha sampingan adalah dengan menggunakan keahlian yang dimiliki. Dilansir dari Bplans.com dan sumber lainnya, berikut ini adalah berbagai contoh usaha sampingan menggunakan keahlian yang dimiliki sehingga bisa menginspirasi kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan, antara lain: 


Baca juga: 6 Franchise Minuman Paling Laris di Indonesia


Jika kamu suka memperbaiki sesuatu

Ide usaha sampingan bila kamu suka memperbaiki sesuatu adalah sebagai berikut.

Usaha yang bergerak di bidang kelistrikan atau pekerjaan pipa ledeng

Apabila kamu menyukai pekerjaan perbaikan rumah, seperti memperbaiki pipa rumah yang rusak, listrik, ataupun perbaikan rumah secara umum, maka memulai usaha di bidang tersebut cocok untuk kamu. Ada baiknya apabila ingin memulai usaha di bidang ini, kamu mendapatkan pengetahuan dan praktek ilmu yang memadai sehingga usaha yang dijalankan dapat bersifat profesional. 

Usaha yang bergerak di bidang konstruksi 

Demikian pula untuk usaha yang bergerak di bidang konstruksi, sangat cocok bagi kamu yang menikmati pekerjaan secara langsung. Sama halnya dengan usaha di bidang di atas, diperlukan pula pengetahuan dan praktek yang memadai. 

Bengkel kecil untuk mobil/motor

Jika kamu menikmati pekerjaan seperti memperbaiki kerusakan minor pada mobil/motor kecintaanmu atau semangat ketika memodifikasi kendaraan sendiri, maka membuka usaha sampingan berupa bengkel kecil bisa dilakukan. 

Usaha jahit

Usaha jahit yang dapat dicoba adalah mengubah atau memperbaiki pakaian yang ada, karena lebih memudahkan dibanding jasa jahit membuat pakaian. Tentunya modal untuk memulai usaha jenis ini adalah harus memiliki mesin jahit yang memadai. 


Jika kamu suka menulis

Jika kamu gemar menulis, ini ide usaha yang bisa kamu lakukan.

Menulis lepas

Menulis lepas dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, yakni perusahaan media, agency sebagai content writer ataupun perusahaan lainnya. Usaha sampingan ini cocok bagi kamu yang memang fleksibel secara waktu. Menulis lepasan pun dapat digeluti yang sesuai dengan minat kamu, misalnya lebih menyukai menulis yang bertema kecantikan, gaya hidup, teknologi atau lain sebagainya. 

Pengeditan dan koreksi dokumen 

Tidak hanya menulis saja, keahlian lain yang biasanya berkaitan dengan menulis adalah mampu mengedit dan mengoreksi tulisan. Jasa mengedit dan mengoreksi tulisan juga banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.  


Baca juga: 6 Franchise Makanan Paling Difavoritkan di Indonesia


Jika kamu adalah seorang yang kreatif: 

Berikut ide usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh orang yang kreatif sepertimu.

Fotografi 

Fotografi bisa menjadi usaha sampingan yang tepat bagi kamu yang kreatif. Banyak sekali yang membutuhkan jasa fotografi, seperti misalnya acara perusahaan, pernikahan, acara keluarga dan masih banyak lagi. Namun, seperti yang diketahui memiliki kamera membutuhkan modal yang cukup besar, terlebih dahulu kamu dapat menyewa nya sampai nantinya bisa membeli sendiri dari keuntungan yang telah diperoleh. 

Desain grafis 

Sama halnya dengan fotografi, jasa desain grafis juga menjadi bidang pekerjaan yang banyak dibutuhkan. Perlu diketahui bahwa desain grafis terkadang menuntut pekerjaan yang mendadak. 

Jasa pembuat konten

Saat ini visual menjadi medium yang banyak digunakan oleh berbagai brand untuk mengkomunikasikan brand tersebut, baik dalam bentuk video atau foto. Oleh karena itu, bidang ini cocok bagi kamu yang suka mengeksplor ide kreatif yang liar dan unik. 

Kerajinan unik 

Apabila kamu menyukai pembuatan kerajinan, seperti misalnya aksesoris, hiasan rumah dan lain sebagainya, maka usaha sampingan berupa pembuatan kerajinan unik cocok untukmu. Bahkan apabila kamu adalah seorang yang sadar lingkungan, kamu bisa membuat kerajinan yang berasal dari bahan bekas. Apalagi saat ini isu lingkungan mulai digiatkan oleh masyarakat.

Jasa Event Organizer (EO)

Bagi kamu yang menyukai eksekusi acara menarik, maka membuka usaha sebagai event organizer dapat dipertimbangkan. Meskipun saat ini pandemi melkamu sehingga acara offline tidak dapat dilakukan, namun acara virtual saat ini sedang digemari. 

Musisi

Apabila kamu menyukai musik atau pernah membuat lagu, maka memiliki usaha sampingan sebagai musisi dapat dicoba. Namun memang menjadi musisi membutuhkan asah bakat yang dilakukan secara berkelanjutan dan konsisten. Sebagai tahap awal, kamu dapat mencobanya dengan panggung kecil seperti di acara pernikahan, kantor atau bahkan membuat label rekaman sendiri. 

Apabila kamu ingin memulai usaha sampingan dengan ide-ide yang telah dijabarkan diatas, perlu dipahami bahwa dalam memulai usaha perlu mengetahui dasar-dasar finansial agar nantinya usaha yang dibangun menghasilkan keuntungan yang optimal. Karena seringkali dijumpai sebagian besar pengusaha kecil yang belum mengetahui pentingnya memisahkan antara keuangan pribadi dengan usaha. Padahal akan berisiko bagi kamu untuk menggunakan uang usaha untuk pribadi ataupun sebaliknya. 

Tentunya kamu juga harus memiliki rencana bisnis yang dapat dijadikan sebagai panduan bagaimana usaha mu akan berjalan dengan berbagai pencapaian yang ingin diraih, termasuk salah satunya adalah bagaimana usahamu dapat berkembang dan membutuhkan pinjaman modal usaha. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru