Bisnis

Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil Menguntungkan

Kabrina Rian Ferdiani-

14 Jun 2021

Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil Menguntungkan

Usaha jajanan rumahan modal kecil merupakan salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang di masa pandemi seperti sekarang ini. Karena pada dasarnya bisnis kuliner tidak pernah ada matinya sepanjang waktu.

Semua orang pasti butuh makan karena merupakan kebutuhan primer. Hanya saja sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana caranya memulai bisnis camilan rumahan dengan dana yang terbatas supaya bisa berhasil sukses.


Baca juga: 9 Cara Memulai Usaha Laundry dari Nol


Tips Mengawali Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil

Bila Anda ingin membuka bisnis jajanan tapi modalnya terbatas, maka ada cara tersendiri untuk melakukannya. Berikut ini adalah tips mengawali bisnis kuliner makanan ringan yang modalnya terbatas supaya berjalan lancar:

  1. Sebelum memulai sebuah usaha kuliner, sebaiknya perhatikan tujuannya. Tujuannya sendiri bisa bermacam-macam, misalnya untuk mencari keuntungan, menyalurkan hobi memasak, dan mengisi waktu luang. Jadi tentukan ide bisnisnya supaya lebih siap.
  2. Selanjutnya siapkan modal untuk berbisnis. Modal itu sendiri terdiri atas uang dan tenaga. Jadi perhatikan keduanya dimana uangnya bisa digunakan untuk membeli bahan makanannya, sedangkan tenaganya dipakai untuk memasak jajanannya.
  3. Setelah menyiapkan modalnya, maka salah satu cara mengawali usaha jajanan rumahan modal kecil adalah dengan memilih menu terlaris di masyarakat. Sehingga dijamin makanan jualan Anda pasti laris manis di masyarakat.
  4. Supaya berjalan lancar, maka asah kemampuan manajemen keuangan Anda dengan baik. Meski modalnya kecil, bukan berarti bila manajemen keuangannya tidak diperhatikan. Jadi catat arus keuangannya agar keuangan Anda tidak berantakan.
  5. Hal penting lain yang perlu dilakukan adalah buat perencanaan pemasaran dengan baik. Salah satunya dengan memasarkannya secara online. Jadi buat strategi dulu agar produk Anda dikenal masyarakat, selanjutnya kembangkan lagi.

Dalam hal ini rencana pemasaran sangat dibutuhkan agar bisnis snack berjalan dengan lancar. Karena dengan perencanaan yang matang akan membuat Anda menjadi lebih fokus membuka usaha jajanan rumahan modal kecil.

Setidaknya dengan lebih fokus ini membuat Anda semakin konsisten untuk mencapai tujuan bisnis yang dibuat sebelumnya. Dengan begitu hal tersebut akan membuat Anda bisa menjual sesuai target pasarnya.


Contoh Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil 

Setelah mengupas seputar apa yang harus disiapkan, selanjutnya adalah memilih salah satu contoh bisnis jajanan yang tepat. Berikut ini adalah contoh usaha kuliner dana kecil yang bisa dijadikan sebagai inspirasi:

  1. Snack kiloan merupakan salah satu jajanan rumahan yang terlihat sederhana tapi hasilnya menggiurkan. Anda bisa melakukannya dengan repacking (mengemas ulang) snack yang baru dibeli, lalu menjualnya ke dalam beberapa kemasan.
  2. Cemilan sehat juga termasuk salah satu contoh usaha jajanan rumahan modal kecil yang patut diperhitungkan. Karena saat ini para masyarakat mulai menerapkan gaya hidup sehat. Sehingga menu ini cukup laris.
  3. Aneka jajanan pasar juga bisa dicoba karena selain mudah pembuatannya, bahan-bahannya juga murah. Supaya lebih aman, sebaiknya gunakan sistem pre-order. Sehingga meski tidak bisa bertahan lama, namun tetap laku terjual.
  4. Aneka kreasi roti dan cake merupakan salah satu solusi terbaik untuk yang sedang mencari tambahan penghasilan dengan berjualan jajanan rumahan. Cukup buat roti dan cake yang menarik bentuknya supaya laris.
  5. Supaya usaha jajanan rumahan modal kecil lebih laris, cobalah menjual makanan olahan pasta. Misalnya seperti macaroni schotel, spaghetti keju pedas, risoles keju, dll. Jadi ada banyak menu yang bisa dipilih.
  6. Gorengan merupakan salah satu jajanan yang diminati semua orang. Mulai orang dewasa sampai anak-anak pasti menyukainya. Modalnya juga terbatas sehingga cocok untuk Anda bila ingin menambah penghasilan dengan modal kecil.
  7. Tahu crispy termasuk menu bisnis makanan ringan yang modalnya kecil tapi hasilnya banyak. Makanan kekinian ini bahan dasarnya mudah dan murah. Sehingga hal tersebut membuat semua orang tidak mau menolaknya.


Baca juga: Dessert Box: Peluang Usaha dengan Omzet Senikmat Rasanya


Modal Menjalankan Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil

Sesuai dengan namanya yang hanya menggunakan dana kecil saja, maka dana yang dibutuhkan untuk memulai usahanya juga sedikit. Maka dari bila membutuhkan dana, berikut adalah contoh sumber dana untuk berbisnis:

  1. Tabungan pribadi menjadi salah satu cara terbaik untuk membuka sebuah usaha. Ini adalah cara teraman supaya tidak terlilit hutang. Karena dengan tabungan pribadi membuat Anda semakin merasa aman ketika berbisnis.
  2. Supaya hasilnya lebih maksimal, sebaiknya cari partner investor (kerja sama) ketika membuka bisnis. Sehingga dengan cara ini membuat Anda bisa meminimalisir terjadinya kerugian disaat menjalankan usahanya. Karena bisa membantu berbisnis.
  3. Bila masih bingung mencari dana usaha jajanan rumahan modal kecil, solusinya adalah menjual aset pribadi. Jadi perhatikan sekeliling rumah Anda. Bila ada yang dapat dijual, maka bisa menggunakannya sebagai modal.
  4. Supaya bisa mendapatkan dana tambahan, maka cobalah untuk ikut kompetisi business plan. Karena biasanya bila berhasil memenangkannya bisa membuat Anda meraih hadiah berupa uang yang menggiurkan.
  5. Mengajukan pinjaman juga bisa dijadikan sebagai solusi untuk menambah penghasilan dari usaha jajanan rumahan modal kecil. Jadi ini cocok sekali untuk calon penjual yang ingin menjalankan bisnisnya tapi modalnya terbatas.

Jadi itu tadi adalah beberapa hal penting tentang bagaimana caranya membuka usaha rumahan yang modalnya kecil serta dimana sumber modalnya. Setelah menyiapkan beberapa hal tersebut, pilih jajanan terbaik untuk bisnis.

Mempunyai modal terbatas dan tidak memiliki kios bukan halangan untuk menjadi orang sukses. Bahkan Anda bisa memulai usaha jajanan rumahan modal kecil sendiri dari rumah menggunakan beberapa cara di atas.


Dapatkan Modal Tambahan untuk Bisnis Anda

Sebagai pebisnis, Anda pasti ingin mengembangkan usaha agar semakin menambah keuntungan. Untuk melakukannya Anda tentu membutuhkan modal lebih.

Anda dapat mendaftarkan diri sebagai peminjam layanan P2P lending Modal Rakyat. Dengan pelayanan yang cepat dan praktis, Anda akan memperoleh modal dalam waktu lima hari kerja. P2P lending ini juga sudah berizin OJK, sehingga keamanannya akan dijamin.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru