Bisnis

Dessert Box: Peluang Usaha dengan Omzet Senikmat Rasanya

Kabrina Rian Ferdiani-

14 Jan 2021

Dessert Box: Peluang Usaha dengan Omzet Senikmat Rasanya

Memikirkan bagaimana memilih peluang usaha yang cocok selama masa pandemi itu penting sekali.

Karena di masa tersebut, setiap orang dihadapkan dengan permasalahan sama, yaitu harus bisa mengatur keuangan dan memilih bisnis terbaik agar tidak sampai gulung tikar. Itulah sebabnya mempersiapkan strategi sebelum berbisnis itu penting!

Bila penghasilan utama sedang terkendala karena pandemi, solusinya adalah segera pikirkan cara baru untuk mengatasi masalah keuangan saat ini.

Terlebih sekarang varian bisnis kecil semakin banyak variasinya selama covid-19, khususnya bisnis makanan. Sehingga Anda harus lebih berhati-hati ketika menentukan pilihan peluang usaha supaya tidak tenggelam.

Kesalahan dalam menentukan bisnis bisa membuat Anda kalah bersaing dari mereka yang memulai usaha lebih dulu.

Maka dari itu dari sekian banyak pilihan bisnis kecil, mungkin kuliner bisa menjadi solusi terbaik karena sangat aman dan cukup menguntungkan. Salah satu contoh penjualan teraman meliputi dessert box.


Baca juga: Tidak Perlu Uang Banyak, ini Peluang Usaha Modal Kecil


Peluang Usaha Kekinian Dessert Box selama Pandemi

Meski sekarang ini variasi makanan manis semakin bermacam-macam guna dijadikan sebagai ladang bisnis, sebaiknya pilih yang paling trend!

Misalnya saja seperti dessert box, yaitu sebagai salah satu kuliner kekinian yang peminatnya ada banyak.

Di bawah ini adalah keuntungan memulai usaha makanan manis:

  1. Pecinta sajian kuliner manis itu ada banyak, seperti pecinta kuliner asam dan pedas. Maka artinya peluangnya terbuka lebar bila menjalankan bisnis ini karena pencarian konsumen sangat mudah. Bahkan tidak hanya wanita saja, pria juga menyukainya. Karena pasar dessert box sangat luas dan disukai semua orang.
  2. Mengingat sedang pandemi, semua konsumen biasanya akan merasa lebih aman bila berbelanja secara online. Beruntungnya saat ini ada banyak lapak gratis yang bisa dijadikan sebagai tempat berjualan online. Sehingga hal ini membuat peluang usaha dessert box semakin besar karena bisa memanfaatkan media e-Commerce gratis.
  3. Semakin banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai ruang berjualan secara daring, hal ini membuat resiko kerugian, kebangkrutan, dan tidak laku semakin tipis. Anda hanya perlu memasarkannya secara daring ke media sosial supaya kulinernya lebih laku keras dan dikenal oleh masyarakat luas.
  4. Bisnis kuliner selama pandemi ini juga sangat berpeluang besar memberikan keuntungan kepada siapa saja. Karena dilihat dari mana saja, konsumennya ada banyak tanpa mengenal lapisan masyarakat. Selain itu modalnya juga tidak banyak sehingga cocok untuk pemula yang ingin membuka peluang usaha makanan manis.


Baca juga: Anda Tinggal di Desa? Inilah Peluang Usaha Pinggir Jalan


Persiapan Modal Bisnis Dessert Box

Dalam menjalankan bisnis apa saja, poin utama terpenting yang harus diperhatikan adalah modalnya.

Beruntungnya untuk membuka usaha dessert box ternyata tidak mahal. Anda bisa memulainya dengan modal sebesar Rp500 ribu sampai 1 juta saja. Itu saja sudah cukup digunakan untuk menyiapkan bahan peluang usaha tersebut.

Misalnya saja seperti Oreo berisi 2 bisa untuk 2 paket sekaligus. Mentega sebesar 500 gr dengan pemakaian hingga 4 sampai 5 kali lipat paket dessert. Susu plain yang cair murni 1000 CC yang nantinya bisa dipakai sebanyak 2 kali lipat.

Bubuk agar-agar 7 gram dan maizena sebesar 500 gr. Bahan terakhir yang perlu disiapkan adalah toples wadah dessert nanti. Harganya biasanya setiap dus berukuran 10x10 (reguler) senilai Rp80 ribu. Jadi bila dihitung-hitung, modal membuka peluang usaha ini tidak banyak.

Baca juga: 7 Ide Passive Income yang Bisa Anda Coba Tahun 2021

Hanya bermodalkan Rp600 ribu saja Anda bisa membuat 15 hingga 25 paket dessert sekaligus varian oreo berukuran sebesar reguler.

Calon pengusaha bisa mendapatkan keuntungan lebih besar bila membeli bahan-bahannya di penjual yang tepat. Sehingga modal pembuatannya dapat lebih hemat dan diminimalisir lagi sesuai budget.

Keuntungan dari berbisnis ini adalah memiliki daya ketahanan kuat dan lama. Asal ditaruh ke dalam ruangan dingin layaknya kulkas khusus, maka makanan ini bisa bertahan cukup lama hingga 2 hari ke depan.

Sehingga resiko kerugian seperti terbuang dan rusak lebih kecil bila Anda memilih peluang usaha dessert.


Baca juga: 10 Peluang Usaha dengan Modal 5 Juta


Trik Menjalankan Bisnis Usaha Dessert Box

Setelah menghitung besaran modal untuk menjalankan bisnis ini, saatnya untuk menjalankannya sekarang juga!

Maka dari itu agar tidak sampai merugikan, ada baiknya perhatikan beberapa cara di bawah ini sebelum mencoba usaha makanan dessert box, antara lain:

Jangan lupa siapkan menu dessert box terpopuler dulu sebelum menjalankan peluang usaha tersebut. Jangan pernah mencoba membuat varian baru yang tidak umum bila masih awal memulainya.

Anda bisa mencoba membuat menu varian dessert baru bila telah mempunyai konsumen banyak agar tidak bangkrut.

Supaya lebih cepat mendapat banyak konsumen, sediakan berbagai pilihan ukuran dan menu

Bila kompetitor umumnya hanya menjual berukuran reguler saja, saatnya menawarkan variasi lainnya juga dengan ukuran besar. Sehingga dapat digunakan sebagai paket cake pesta.

Baca juga: 13 Cara Mendapatkan Penghasilan dari Internet

Mengingat sekarang ini ada banyak platform tersedia untuk melakukan penjualan secara daring, saatnya memanfaatkan hal tersebut saat membuka peluang usaha.

Bila perlu daftar pada semua platform sejak penjualan pertama. Sehingga hal ini membuat makanan manisnya semakin cepat dikenal oleh semua orang.

Agar lebih menarik, beri diskon khusus dan promosi special pada event tertentu. Misalnya saja memberi gratis varian khusus bagi 200 pemesan pada momen tertentu.

Atau bisa juga beli 2 gratis 1, dan sebagainya. Gunakan cara ini demi menarik perhatian semua calon konsumen.

Jadi jangan menunggu hingga mengalami krisis keuangan baru memulai usaha sampingan. Ada saatnya untuk segera mempraktikkan usaha di atas sekarang juga.

Karena untuk bisa merasakan keuntungan dari peluang usaha di atas harus praktek, tidak hanya mempelajari teorinya saja.

Baca juga: Tips‌ ‌Jitu‌ ‌Hadapi‌ ‌Kompetitor‌ ‌Bisnis‌ ‌Online‌ ‌

Itulah peluang bisnis menjanjikan yang bisa Anda coba di awal tahun 2021 ini. Omzet dari berbisnis dessert box bisa semanis rasanya. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mulai menggulati bisnis kekinian ini?


Dapatkan Modal Tambahan untuk Bisnis Anda

Sebagai pebisnis, Anda pasti ingin mengembangkan usaha agar semakin menambah keuntungan. Untuk melakukannya Anda tentu membutuhkan modal lebih.

Anda dapat mendaftarkan diri sebagai peminjam layanan P2P lending Modal Rakyat. Dengan pelayanan yang cepat dan praktis, Anda akan memperoleh modal dalam waktu lima hari kerja. P2P lending ini juga sudah berizin OJK, sehingga keamanannya akan dijamin.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru