Bisnis

Mau Mulai Bisnis? Ini 6 Usaha Kecil yang Menguntungkan

Kabrina Rian Ferdiani-

10 Aug 2021

Mau Mulai Bisnis? Ini 6 Usaha Kecil yang Menguntungkan

Memulai bisnis terkadang terkendala modal padahal ada banyak usaha kecil yang menguntungkan. Pada dasarnya bukan modal menjadi kendala namun bagaimana niat Anda untuk segera mencoba peluang yang ada.

Banyak orang sukses berbisnis pada mulanya hanya memiliki usaha kecil-kecilan kemudian terus dikembangkan. Mereka banyak belajar dari pengalaman di lapangan, kesalahan, kerugian, bahkan belajar dari pelanggan secara langsung.


Baca juga: 7 Alasan Ide Usaha Rumahan Perlu Diwujudkan Sekarang


6 Ide Usaha Modal Kecil dengan Peluang Sangat Menguntungkan 

Memulai bisnis tidak harus dengan modal besar dan terlihat keren di awal namun malah cepat bangkrutnya. Coba simak beberapa ide usaha kecil yang menguntungkan karena minim modal dan peluangnya besar.

1. Jasa Laundry Kiloan

Laundry atau jasa cuci dengan sistem kiloan menjadi peluang usaha kecil yang menguntungkan. Meskipun sudah banyak yang menjalankan bisnis ini namun peluang masih terbuka bagi siapa saja jika mau memulainya.

Tawarkan keunggulan berbeda dengan jasa-jasa laundry sudah tersedia misalnya memberikan promo 10 kg gratis 1 kg. Tidak perlu sampai menawarkan harga paling murah demi mendapatkan pelanggan namun utamakan kualitas.

Karena banyak orang bersedia membayar lebih demi mendapatkan kualitas hasil cucian yang memuaskan. Dibandingkan mendapatkan harga murah namun baju-baju yang di laundry tidak sesuai harapan seperti tetap bau, lusuh dan lainnya.

2. Jasa Cuci Motor, Mobil dan Karpet

Menyediakan layanan jasa merupakan pilihan usaha kecil yang menguntungkan tanpa banyak modal. Seperti jasa cuci motor, mobil maupun karpet selalu dicari dan dibutuhkan dimanapun daerahnya.

Terbatasnya modal tidak perlu dijadikan penghambat karena Anda bisa menyediakan tempat seadanya sambil mencari pelanggan. Berikan service terbaik agar banyak orang menyukai hasil kerja Anda dan akhirnya nanti kembali lagi.

Hal utama saat menjalankan jasa cuci ini adalah kejujuran untuk tidak mengambil barang apapun di kendaraan. Serta hasil akhir yang memuaskan dengan harga disesuaikan pasaran di daerah tersebut.

3. Menerima Pesanan Aneka Kue

Saat ini menemukan berbagai resep kue memang tidak sulit karena tersedia di internet dan banyak media online. Namun perlu diingat membuat kue dibutuhkan skill, waktu, ketlatenan dan kesabaran tinggi.

Berbagai alasan inilah mendorong seseorang lebih suka membeli jadi daripada harus repot membuatnya sendiri. Adanya peluang seperti ini bisa dimanfaatkan menjadi usaha kecil yang menguntungkan untuk Anda coba.

Tidak harus langsung membuka toko kue namun Anda bisa menjual dengan sistem pesanan saja. Sehingga tidak ada resiko kue tersebut tidak laku dan pastinya lebih menguntungkan karena modal dapat diputar.

4. Jual Makanan untuk Sarapan

Aktivitas terlalu padat membuat seseorang tidak memiliki waktu untuk membuat sarapan di rumah. Sehingga pilihannya hanya dua yaitu menahan lapar sampai jam makan siang atau membeli sarapan di luar.

Peluang ini bisa dimanfaatkan menjadi usaha kecil yang menguntungkan dengan menjual berbagai makanan untuk sarapan. Anda bisa menyediakan menu-menu sederhana sehingga tidak perlu banyak modal di awal untuk berjualan.

Penting dipahami dalam konsep menjual makanan untuk sarapan tidak harus membuka warung makan. Anda bisa memanfaatkan tempat seadanya karena sebagian besar memilih membeli untuk dibungkus dan mengejar waktu sarapan.

Anda bisa menjual makanan sesuai dengan kebiasaan di daerah tersebut seperti Jawa Timur suka nasi pecel. Sediakan juga menu-menu nasi campur sederhana agar harganya tidak terlalu mahal namun mengenyangkan.

Untuk mulai menjalankan usaha kecil yang menguntungkan satu ini maka perlu mencari lokasi strategis. Pastikan juga Anda pandai memasak agar rasa yang ditawarkan tidak terlalu mengecewakan dan mendatangkan banyak pelanggan.

5. Membuka Kedai Kopi

Dunia malam menawarkan peluang tersendiri untuk memulai usaha kecil yang menguntungkan apalagi di kota besar. Anda bisa mencari tempat strategis untuk membuka kedai kopi tanpa harus sewa tempat secara khusus.

Di kota-kota besar biasanya banyak orang menghabiskan waktu malamnya untuk bersantai dan menikmati kopi. Hal ini tentu sangat mungkin untuk dimanfaatkan dengan menyediakan tempat nongkrong sambil ngopi.

Untuk bisa menarik pelanggan Anda bisa menyediakan fasilitas misalnya free wifi setiap memesan kopi. Sediakan juga berbagai menu makanan seperti gorengan, nasi kucing dan berbagai minuman lainnya.

Agar usaha kecil yang menguntungkan ini tidak harus menyediakan banyak modal maka bisa diatur sendiri. Misalnya cari tempat tanpa sewa, gunakan karpet untuk lesehan, buat meja sederhana dan gunakan tenda.

Jangan memasang harga terlalu mahal maupun terlalu murah untuk setiap kopi dan makanan lain. Survey harga pasar di sekitar agar Anda cepat mendapatkan pelanggan dan pastikan memberikan pelayanan terbaik.

6. Membuat Toko Online

Perkembangan teknologi membuat peluang bisnis menjadi sangat terbuka untuk siapa saja tanpa adanya batasan. Anda bisa menyesuaikan jenis bisnis yang sesuai dengan skill dan juga modal dimiliki saat ini.

Salah satu contoh usaha kecil yang menguntungkan dengan memanfaatkan media online yaitu membuat toko online. Memiliki toko online sama untungnya dengan toko offline malah dari segi peluang justru lebih besar.

Tidak perlu lagi mencari konsumen karena justru konsumen yang akan mencari Anda dengan sendirinya. Berbagai barang bisa dijual secara online dari pakaian, aksesoris, kebutuhan rumah tangga hingga makanan dan minuman.

Tidak perlu stock barang terlalu banyak karena Anda bisa menyajikan produk dalam bentuk gambar. Kemudian memberikan sistem PO sehingga barang tersedia juga pesanan sudah masuk sehingga lebih hemat modal.

Menariknya dari toko online tidak perlu memikirkan berbagai biaya seperti listrik, air, perawatan bangunan, karyawan dan lainnya. Karena semua tersedia secara virtual bahkan dengan 1 admin saja sudah bisa dikerjakan.

Jika Anda mau membuka mata sebenarnya ada banyak peluang menguntungkan untuk dijadikan usaha. Bahkan terbatasnya modal tidak menjadi masalah karena banyak pilihan usaha kecil yang menguntungkan untuk Anda coba jalankan.


Baca juga: Peluang Bisnis Laundry dan Tips Memulainya


Pelaku UMKM, Yuk Kembangkan Bisnis Bersama Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kinerja bisnisnya, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru