Bisnis

Ide Usaha Rumahan yang Tren di 2021, Cukup Modal Kecil

Brigitta Winasis-

06 May 2021

Ide Usaha Rumahan yang Tren di 2021, Cukup Modal Kecil

Memulai bisnis atau usaha rumahan bisa dilakukan dengan modal kecil. Selain sebagai penghasilan tambahan, nantinya jika semakin berkembang bisnis rumahan ini bisa menjadi pemasukan utama. Maka dari itu, tidak ada ruginya mencoba berbisnis di rumah.

Seperti apa bisnis yang bisa dimulai dari rumah? Anda mungkin bingung memulainya, apalagi hanya memiliki sedikit modal. Mungkin Anda bisa mulai dengan mencari tahu bisnis seperti apa yang sedang tren di 2021.


Baca juga: 20+ Ide Bisnis dengan Modal Kurang dari Rp2 Juta Tahun 2020


Di era digital ini, bisnis yang berpeluang besar untuk dikembangkan adalah yang berkaitan dengan teknologi. Teknologi sangat membantu kita dalam memulai bisnis. Dengan strategi yang tepat, Anda bisa sukses dan meraup jutaan rupiah, bahkan lebih.

Apa saja ide bisnis rumahan yang tren di 2021? Simak penjelasannya.


Membuka Online Shop

Kini toko online merupakan salah satu usaha rumahan yang lagi populer. Hampir setiap orang pasti pernah atau bahkan kerap kali berbelanja secara online, bisa dilihat dengan meningkatnya penggunaan lewat e-commerce di dunia.

Bagi pelanggan, belanja secara daring lebih gampang daripada ke toko offline. Bagi penjual, mereka tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendirikan toko fisik.

Apabila Anda ingin sistem penjualan yang lebih cepat, cobalah memasarkan produk yang produksinya rendah tetapi marginnya tinggi. Misalnya adalah perhiasan, video game, dan aksesoris ponsel. Coba menjual produk digital, sebabnya Anda tak perlu banyak tempat untuk menaruhnya.


Katering Makanan Sehat

Salah satu industri makanan yang populer dewasa ini yaitu makanan sehat yang memperhatikan nilai gizinya. Tempat makan atau katering seperti ini umumnya memakai bahan-bahan yang sehat dan penuh gizi serta mengincar konsumen yang juga sudah melek nutrisi.

Misalnya yaitu katering yang menawarkan menu diet mayo, di mana makanannya rendah lemak dan bergizi, ideal bagi mereka yang berkeinginan diet. Ada pula katering yang menyasar pelanggan yang khusus mempunyai pantangan makanan, contohnya saja makanan bebas gula bagi penderita diabetes.


Laundry

Tidak jarang pasangan modern harus bekerja keras sehingga rumah menjadi semrawut serta tidak terurus. Dengan demikian, solusi praktis kerap kali menjadi alternatif. Contohnya saja laundry, tentunya akan betul-betul dicari bukan?

Namun biasanya diperlukan modal yang cukup besar dalam memulai usaha laundry, sehingga pertimbangkan sebaik-baiknya, terutama soal pendanaan.



Anda memerlukan mesin cuci yang banyak, dryer, setrika (atau setrika uap), sampai orang yang dapat menyetrika baju, mengingat belum ada teknologi mesin penyetrika sampai saat ini.

Anda juga bisa memasarkan jasa laundry ini melalui Grup WhatsApp atau Instagram. Anda dapat menyediakan layanan antar-jemput langsung ke rumah sehingga memudahkan konsumen.


Baca juga: 3 Bisnis Online Bisa Jadi Alternatif Menambah Penghasilan


Usaha Kudapan Manis

Sama dengan usaha makanan ringan unik, usaha ini telah banyak dijalankan. Walaupun begitu, ada berbagai peluang untuk membuatnya lebih variatif dengan kreasi Anda sendiri, apalagi bisa dikerjakan di rumah.

Menariknya lagi, bisnis ini dapat dipasarkan melalui media sosial seperti Instagram. Anda hanya perlu menyediakan foto yang menarik dan menggugah selera, sehingga calon konsumen tergiur membeli roti dan kue yang ditawarkan.


Bisnis Kreasi Mahar

Inspirasi usaha rumahan selanjutnya yakni bisnis kreasi mahar. Pernikahan memang tidak kenal waktu, selalu ada saja yang menyelenggarakan pernikahan. Seandainya Anda termasuk orang yang suka berkreasi, gunakan hal ini untuk memulai berkreasi mahar sebagai bisnis. Tanpa perlu modal besar, barang-barang bekas bahkan dapat didaur ulang menjadi mahar yang menarik dan mengesankan.

Siapa sih yang tak mau desain mahar di momen pernikahannya kelihatan menonjol? Hal tersebutlah yang dapat Anda manfaatkan untuk mendesain mahar.

Ide lain adalah membuat mahar uang yang tentu akan menarik di momen istimewa seperti pernikahan. Bisnis ini juga dapat Anda kerjakan di rumah. Sediakan space khusus supaya bisnis Anda lebih terorganisasi.

Keterampilan yang diperlukan dalam usaha ini seperti menggulung, membentuk, melipat dan merekatkan uang atau kain sebagai hiasannya. Meskipun namanya mahar uang, bukan berarti uangnya wajib asli, Anda juga boleh menyiasati dengan uang mainan.


Membuka Refill Air Minum

Kini banyak orang menggunakan air minum isi ulang terlebih bagi mereka yang tak punya sumber air atau kesulitan air bersih. Nah, solusi dari keadaan sulit itu dengan membuka usaha isi ulang minuman. Anda bisa mengubah teras depan rumah menjadi tempat bisnis refill air minum.

Anda juga bisa menawarkan usaha air minum ini melalui Grup WhatsApp di perumahan sekitar tempat Anda tinggal. Anda dapat memberi promosi beli 10 kali gratis 1 kali melalui voucher. Untuk memudahkan konsumen, tawarkan jasa antar-jemput galon.


Menjadi Blogger

Seandainya Anda punya hobi menulis dan bercerita, blogging dapat menjadi usaha rumahan yang menjanjikan. Anda dapat menjalankannya di mana pun, menciptakan konten, serta menambah pundi-pundi uang.

Supaya sukses, cari tema blog yang Anda mengerti dan mempunyai peminat banyak. Dengan demikian, Anda bahkan dapat menciptakan konten yang diminati banyak orang.

Kemudian sehabis menemukan gagasan akan tema yang Anda pilih, buat unggahan secara rutin dan teratur supaya pengunjung secara konsisten mengunjungi blog Anda. Pelajari seputar SEO dan marketing konten untuk menambah exposure laman Anda di mesin pencari.

Seandainya Anda sudah memperoleh audiens, Anda dapat mengaplikasikan iklan, konten bersponsor, dan tautan terafiliasi untuk menciptakan uang. Sebagian blogger juga memanfaatkan guest post untuk blog bisnis, menjual merchandise, serta menyelenggarakan kursus online.


Menjadi YouTuber

Anda menyukai merekam video atau mempunyai hobi menarik yang dapat dipamerkan? Ubah menjadi kesempatan untuk memperoleh pemasukan via YouTube. Raksasa platform berbagi video ini memungkinkan setiap orang membangun bisnis rumahan yang prospektif hanya bermodal rekaman video.

Untuk memulai kanal YouTube, pilih topik yang cocok dengan ketertarikan atau hobi Anda. Apabila Anda berkeinginan memulai usaha rumahan lewat YouTube, cobalah topik-topik seperti memasak, gaming, dan review teknologi.

Supaya penonton suka menonton video Anda, pakai perlengkapan video dengan spesifikasi bagus. Software editing profesional akan membantu kesempatan Anda karena video yang lebih menarik.

Apabila Anda ingin menjadi YouTuber sebagai bisnis utama, Anda wajib memiliki minimal 50 ribu views tiap-tiap harinya. Dengan jumlah ini, Anda dapat meraih sampai $3.500 atau sekitar Rp50 juta tiap bulan. Lebih dari itu, Anda sudah dapat mengandalkan YouTube sebagai pemasukan utama dan mulai menjajal bisnis lainnya.


Jasa Editing Video

Menjadi YouTuber bukan satu-satunya kesempatan bagi Anda yang gemar mengedit video. Kalau Anda lebih menyenangi pekerjaan di balik layar, coba jual jasa editing video. Kini banyak perusahaan memerlukan video untuk marketing.

Bisnis ini sesungguhnya betul-betul praktis sebab Anda cuma memerlukan komputer dan software editing video. Anda juga mungkin memerlukan penyimpanan ekstra dan kemampuan Photoshop untuk menciptakan grafik serta thumbnail yang menarik.

Setelah itu, seorang editor wajib mempunyai kecakapan bercerita supaya dapat menyunting video dalam alur yang bagus. Narasi video sebaiknya gampang diikuti serta membuat penonton berminat dari permulaan sampai akhir.


Buat Podcast

Podcast kini termasuk salah satu sarana hiburan yang cukup tren. Dengan kian masifnya subscribers dan kesempatan monetisasi,  banyak orang mulai membikin podcast menjadi bisnis sampingan.

Anda tak harus mempunyai latar belakang khusus demi menjadi podcaster. Apabila Anda merasa mempunyai skill interpersonal yang bagus dan nada bicara yang nikmat didengar, Anda telah memiliki modal utama.

Namun, Anda wajib mempunyai program yang berbeda dari yang lain dan menarik sebab pasar podcast kini telah sungguh-sungguh kompetitif. Pilih topik yang tak terlalu populer dengan level persaingan yang tak terlalu ketat, atau buat tema yang benar-benar belum dipikirkan orang sebelumnya.

Di samping itu, siapkan perlengkapan audio dan program editing premium supaya audiens merasa nyaman dan senang ketika mendengarkan podcast Anda. Siarkan podcast di laman Anda supaya dapat diakses siapa pun. Kemudian, tayangkan juga di berbagai media seperti Spotify, Apple, dan Google.

Beberapa podcaster mendapatkan uang via pemasaran afiliasi, live streaming, dan penggalangan dana.


Menjalankan Dropship

Anda ingin memasarkan produk secara daring tanpa mesti membuatnya sendiri? Ya, berbisnis dengan metode dropship dapat menjadi gagasan baru bagi bisnis Anda.

Contoh bisnis e-commerce ini membuat Anda berhubungan dengan pemasok grosir. Kemudian, Anda dapat minta agar memasarkan produk menggunakan nama Anda, yang diketahui dengan sebutan white labeling. Jadi, ketika konsumen mengorder, Anda mesti menghubungi pemasok untuk mengirim produk ke konsumen Anda.

Sederhananya, Anda hanya butuh mencari calon konsumen. Produksi, penyimpanan barang, dan pengiriman akan dikerjakan oleh penjual utama. Itulah kenapa metode dropship umumnya hanya memerlukan sedikit modal awal, berkisar antara Rp2 juta sampai Rp4 juta.

Kalau Anda berminat menjalani model bisnis seperti ini, Anda bisa membuka situs-situs e-commerce yang menyediakan produk untuk dijual di laman Anda.


Menyediakan Kamar

Jika Anda memiliki ruang ekstra di rumah, Anda bisa menyewakan kamar tersebut. Misalnya melalui platform AirBnB. AirBnB yaitu sebuah sarana sewa-menyewa kamar bagi pengunjung atau orang yang bepergian untuk dinas.

Kelebihannya yaitu harga yang ditawarkan bersaing, sehingga dapat menyasar calon konsumen yang merupakan backpacker. Nah, jika Anda memiliki kamar lowong di rumah, kenapa tidak memanfaatkannya? Lagipula, kamar menjadi lebih hidup jika ditempati dan Anda akan mendapatkan penghasilan dari situ.

Seandainya Anda ingin penghasilan lebih, Anda bisa membuka indekos. Anda akan mendapat penghasilan tetap per bulannya dengan hanya menyediakan kamar.


Jasa Mengelola Media Sosial

Saat Anda membuka Instagram, tentunya banyak toko online yang terus mengunggah produk jualan dan promosi untuk menarik minat. Biasanya promosi itu dilakukan pemilik usaha sendiri.

Namun ada cara lain untuk membantu mengembangkan toko online tersebut, apalagi jika penjualannya sudah masif. Misalnya Anda menyewa jasa pemasaran atau pengelolaan media sosial untuk mengunggah promosi iklan tersebut. Profesi ini kerap dipanggil dengan sebutan admin, kependekan dari administrasi.

Tahukah Anda, Anda juga bisa menawarkan diri menjadi admin media sosial? Cukup duduk di rumah dan sering-sering membuka media sosial untuk membalas pesan yang masuk, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan.


Dapatkan Tambahan Modal Usaha

Demikian penjelasan tentang peluang bisnis rumahan yang akan tren di 2021. Jika Anda kebingungan mencari pinjaman modal, Anda dapat mendaftarkan diri sebagai peminjam atau lender di layanan keuangan P2P lending Modal Rakyat.

Proses peminjaman mudah dan cepat, pinjaman Anda akan disetujui dalam maksimal 5 hari kerja. Selain itu, Modal Rakyat sudah memiliki izin OJK. Selamat mencoba, semoga beruntung.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru