Bisnis

6 Franchise Makanan Paling Difavoritkan di Indonesia

Pretty Angelia Wuisan-

22 May 2021

6 Franchise Makanan Paling Difavoritkan di Indonesia

Bisnis franchise makanan di Indonesia semakin menggeliat, sama seperti franchise minuman. Hal itu bisa Anda lihat dari kemunculan brand-brand usaha makanan lokal yang punya keunikannya tersendiri. Kebanyakan usaha waralaba makanan ini menyajikan makanan ringan. Cukup wajar, karena masyarakat Indonesia suka ngemil.

Bisnis waralaba makanan merupakan salah satu jenis usaha yang patut dicoba karena menguntungkan. Anda perlu tahu bisnis waralaba makanan apa saja yang difavoritkan di Indonesia. Inilah daftarnya.


Baca juga: Referensi Pinjaman Modal Usaha Paling Pas Untuk Dimanfaatkan


1. Sang Pisang

Sang Pisang merupakan bisnis waralaba makanan yang didirikan oleh putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep bersama dengan temannya Ansar Kadir. Pertama kali didirikan pada tahun 2017 di ITC Cempaka Mas, dan langsung menarik perhatian karena punya branding yang kuat.

Dalam setahun memiliki 4 kedai, hingga tahun 2021 ini sudah ada 73 gerai yang tersedia di 28 kota Indonesia. Pemilihan mall sebagai lokasi, menjadi keunggulan bagi Sang Pisang.

Menu utama Sang Pisang berbentuk pisang nugget yang lembut dan manis. Pisang yang digoreng dengan tepung roti itu dicampur dengan keju, coklat, selai kacang, taburan matcha, dan penyedap rasa lainnya yang sudah terbukti kelezatannya. Pisang nugget paling enak dimakan saat sedang santai.

Untuk harga membuka usaha Sang Pisang, Anda bisa mengontak langsung manajemen Sang Pisang karena harganya tidak disampaikan ke publik.


2. Donat Bakar

Donat Bakar adalah salah satu brand donat lokal yang masih eksis hingga sekarang. Berdiri sejak tahun 2008, Donat Bakar masih menyuguhkan konsep yang sama, yaitu menyajikan donat yang baru jadi, sehingga donat terlihat lebih fresh dan lembut.

Gerai Donat Bakar tersebar di kota-kota sibuk di Indonesia. Lokasi yang dipilihnya pun cukup tersegmen misalnya di mall, di sekolah, taman rekreasi, di rumah sakit, atau di tempat-tempat lain di mana keluarga dapat berkumpul bersama. Donat Bakar juga digemari oleh anak-anak.

Menunya cukup unik karena tidak hanya ada donat manis, donat yang asin dengan rasa balado dan disajikan seperti burger pun ada. Harganya murah meriah sesuai dengan kantong.

Untuk mendapatkan fasilitas waralaba ini, Anda bisa mempersiapkan modal Rp7.500.000. Anda juga bisa mendapatkan pelatihan agar sukses menjalankan bisnis ini.


3. Sabana Fried Chicken

Sabana Fried Chicken merupakan salah satu bisnis franchise makanan yang sudah lama eksis di Indonesia. Didirikan pertama kali pada tahun 2006. Mengusung konsep yang sederhana, yaitu berjualan menggunakan kedai kecil yang mudah dipindahkan.

Ayam goreng yang dijual pun harganya pas di kantong para anak muda. Tidak mengherankan target waralaba ini berada di lokasi-lokasi kampus. Anak muda yang masih bersekolah itu biasanya lebih senang membeli makanan cepat saji yang mudah dimakan dan murah meriah.

Sekarang, Sabana Fried Chicken sudah memiliki 2500-an gerai di Sumatera dan Jawa. Walaupun bersaing ketat dengan brand ayam goreng dari luar Indonesia, tapi berkat konsep yang tepat, mengantarkan brand ayam goreng lokal ini mampu bertahan hingga sekarang.

Anda yang ingin membuka bisnis ini perlu mempersiapkan modal Rp22 juta untuk membuka usaha di Jawa Barat dan Jabodetabek. Lalu, Rp23 juta untuk membuka usaha di luar wilayah yang sebelumnya disebutkan. 


4. Geprek Bensu

Ruben Onsu merupakan artis yang mahir berbisnis dan sukses mendirikan bisnis waralaba bernama Geprek Bensu. Walaupun beberapa waktu lalu sempat tersandung masalah, tapi tidak dipungkiri bahwa Geprek Bensu sudah memiliki banyak penggemar setia.

Menu makanan andalannya adalah ayam geprek yang ditambah dengan berbagai macam sambal khas Indonesia. Selain itu, Geprek Bensu juga didirikan di lokasi yang strategis. Tidak harus di pusat kota, mereka lebih memilih tempat-tempat yang ramai dilewati orang-orang.

Harga ayam gepreknya pun murah meriah karena ditargetkan bagi segmentasi menengah ke bawah. Lalu, Anda bisa makan langsung di rumah makan atau memesannya melalui ojek online.

Anda yang ingin membuka usaha ini harus menyediakan modal Rp400 juta dengan biaya royalti 14 juta per tahunnya.  


5. Kebab Baba Rafi

Kebab sebenarnya bukan makanan khas Indonesia, tapi sepertinya berkat Kebab Baba Rafi, orang Indonesia jadi gemar makan kebab. Bahkan, merk Kebab Baba Rafi ini sudah sampai ke 9 negara di luar Indonesia, saking terkenalnya.

Untuk di Indonesia sendiri, Kebab Baba Rafi sudah memiliki gerai sebanyak 1.300 dan berpotensi bertambah di tahun ini karena terus berekspansi. Kebab Baba Rafi mudah Anda temukan di tempat-tempat ramai seperti di kampus, di sekolah, di dekat pasar, dan lain sebagainya.

Harga per kebabnya pun sangat terjangkau. Siapa saja bisa memakannya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Jangkauan pasarnya memang cukup luas. 

Modal yang perlu Anda persiapkan untuk membuka gerai Kebab Baba Rafi dimulai dari Rp75 juta hingga Rp300 juta. 


6. Bakso Benhil

Kehadiran Bakso Benhil terinspirasi dari orang Indonesia yang senang menyantap bakso. Biasanya orang Indonesia membeli bakso pada abang-abang bakso yang biasanya hadir sebentar di depan rumah. Bakso Benhil mengubah konsepnya sedikit dengan menyediakan kedai atau restoran sendiri.

Berdiri pada tahun 2012, Bakso Benhil sekarang memiliki 73 gerai yang tersebar di Indonesia. Menawarkan berbagai menu bakso dari harga Rp12.000 hingga Rp30.000. Sangat pas di kantong, jadi tidak mengherankan banyak yang menyukai bakso ini.

Untuk membuka gerai Bakso Benhil, Anda hanya perlu mempersiapkan modal sekitar Rp4 juta.


Baca juga: 11 Bisnis dengan Modal Usaha Hanya 2 Juta


Manfaat Berbisnis Franchise Makanan

Berbisnis franchise bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mendapatkan penghasilan. Seperti ini manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memilih untuk menjalankan bisnis ini.


1. Membangun bisnis tidak perlu dari nol

Dengan membuka bisnis franchise, Anda tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara kerja bisnis tersebut karena Anda tinggal mempelajarinya. Anda tidak perlu membangun bisnis dari awal karena langkah-langkahnya sudah disediakan oleh pihak yang memiliki franchise.


2. Memiliki mentor yang siap membantu

Ketika Anda membeli paket waralaba, Anda bisa menjadikan pemilik franchise sebagai mentor karena dia akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis ini. Tentunya pihak pemilik franchise ingin Anda sukses juga menjalankan bisnisnya. Bahkan ada yang bersedia mengadakan pelatihan.


3. Tidak perlu pusing soal branding

Promosi Anda akan terbantu karena branding sudah ada. Anda hanya tinggal berjualan dan melakukan promosi yang tepat agar kedai franchise Anda memiliki banyak pelanggan.


4. Cepat balik modal

Umumnya bisnis franchise ini memiliki potensi balik modal yang cukup cepat. Ada yang berhasil balik modal kurang dari setahun, ada juga yang kurang dari dua tahun. Setelah itu Anda bisa meraup keuntungan yang sudah lama diimpikan.


Raih Kesuksesan Membangun Bisnis Bersama Modal Rakyat

Anda yang sedang membutuhkan modal bisa mengandalkan Modal Rakyat untuk mendirikan bisnis waralaba Anda. 

Pinjaman yang Modal Rakyat sediakan untuk Anda dimulai dari Rp500.000 hingga Rp2 miliar. Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan. Ada bunga yang dibebankan pada Anda, tapi besar bunganya pun disesuaikan dengan risiko usaha Anda.

Modal Rakyat adalah P2P Lending yang sudah mendapatkan izin beroperasi dari Otoritas Jasa Keuangan sehingga aman dan terpercaya. Anda bisa mengajukan pinjaman dana di sini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru