Finansial

Valuta Asing: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Transaksinya

Pretty Angelia Wuisan-

26 Apr 2022

Valuta Asing: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Transaksinya

Valuta asing adalah salah satu alat pembayaran dalam perdagangan internasional. Anda yang punya usaha dengan kegiatan jual-beli mencakup internasional, biasanya akan membutuhkan valas atau valuta asing.

Anda perlu mengetahui tentang valas dan kegunaannya dalam perdagangan internasional. Ini dia penjelasannya.


Baca juga: Forex adalah Salah Satu Instrumen Trading, ini Cara Kerjanya


Apa yang Dimaksud dengan Valuta Asing?

Valuta asing adalah mata uang asing yang dipakai pada transaksi perdagangan luar negeri. Jenis yang digunakan adalah mata uang milik suatu negara yang dianggap sah sebagai alat pembayaran internasional.

Walaupun tidak dianggap sebagai alat bayar yang sah di dalam negeri, tapi valuta asing ini menjadi alat pembayaran sah untuk kegiatan spesifik tertentu.

Transaksi valuta asing ini sering terjadi, sehingga menghasilkan pergerakan harga mata uang asing yang turun-naik. Itulah yang membuatnya tidak bisa berada di nilai yang sama dalam waktu yang lama.

Tidak hanya transaksi perdagangan, kepemilikan mata uang asing dari negara lain juga diperbolehkan. Anda bisa menukarnya dulu menjadi Rupiah atau disimpan di bank melalui produk tabungan khusus valas.


Apa itu Kurs Valuta Asing?

Valas biasanya dikaitkan dengan kurs. Kurs mata uang asing merupakan nilai tukar valuta asing yang berlaku terhadapnya. Nilai tukar mata uang ini didapat dengan membandingkannya bersama mata uang lain.

Nilai tukar mata uang terus berubah seiring dengan banyaknya transaksi yang menggunakan mata uang tersebut.

Itulah yang membuat nilai tukar mata uang akan selalu diperbarui. Anda yang ingin memperoleh kabar terbaru mengenai nilai tukar mata uang, bisa melihat informasinya di situs web bank.


Apa Fungsi dari Valuta Asing?

Manfaat valuta asing bisa Anda dapatkan dari fungsinya berikut ini.

  • Sebagai alat pembayaran internasional
  • Sebagai pembanding nilai kurs
  • Sebagai alat tukar ekspor dan impor
  • Memperlancar proses dagang internasional

1. Sebagai alat pembayaran internasional

Valas sering digunakan untuk mempermudah pembayaran internasional yang berada di luar perdagangan. Misalnya, suatu negara memiliki utang pada negara lain. Negara tersebut bisa membayarnya dengan valas yang berlaku secara internasional. Pembayaran biasanya ditambahkan dengan bunga.

2. Sebagai pembanding nilai kurs

Untuk mengetahui nilai kurs dari suatu mata uang, biasanya akan dipakai mata uang lain yang menjadi patokan. Ini juga yang membuat valas mengendalikan nilai kurs.

Mata uang yang biasanya menjadi patokan naik atau turunnya nilai suatu mata uang adalah Dolar Amerika Serikat. Seperti nilai Rupiah yang sering diberitakan setiap harinya. Anda pasti akan lebih sering mendengar nilai Rupiah dibandingkan dengan Dolar Amerika Serikat.

3. Sebagai alat tukar ekspor dan impor

Valas juga biasanya digunakan sebagai alat tukar pada proses ekspor dan impor yang dikenal juga sebagai tukar-menukar barang dan jasa. 

4. Memperlancar proses dagang internasional

Fungsi lainnya dari valas adalah melancarkan perdagangan internasional yang prosesnya panjang.

Setelah melakukan distribusi, tentunya akan ada transaksi yang harus diselesaikan. Akan sulit jika kedua negara yang bekerja sama menggunakan mata uang negara masing-masing. Di sinilah valas akan berguna.

Jenis mata uang apa yang dipakai biasanya sesuai dengan kesepakatan antara pihak yang bekerja sama.


Sistem Valuta Asing

Valas berjalan dengan macam-macam sistem. Ini dia sistem yang berlaku padanya.

  • Sistem kurs bebas
  • Sistem kurs tetap
  • Sistem kurs terkendali

1. Sistem kurs bebas

Disebut juga dengan sistem floating. Merupakan sistem pada valas yang digunakan pada tempat terjadinya transaksi. Nilai nominalnya bisa berbeda jika dibandingkan nominal umum.

Penggunaannya dilakukan sesuai dengan kesepakatan, penawaran, dan permintaan antara mereka yang bekerja sama.

Pemerintah tidak turut andil mengatur nilai kurs di sini, sehingga nilainya pun bisa berubah-ubah. 

Hal seperti ini bisa Anda temukan ketika berbelanja lewat marketplace dengan menggunakan pembayaran mata uang asing tertentu (bukan Rupiah).

2. Sistem kurs tetap

Ada juga sistem kurs valas yang diatur pemerintah. Sistem ini kebalikannya dari sistem kurs bebas yang sudah dijelaskan di atas. 

Pemerintah bisa mengendalikan nilai kurs untuk kepentingan perekonomian dalam negeri. Nilai mata uang dalam negeri yang anjlok tentu akan berpengaruh ke neraca perdagangan.

Pengaturannya dilakukan dengan melibatkan bank sentral. Kalau di Indonesia, berarti melibatkan peran Bank Indonesia.

3. Sistem kurs terkendali

Sistem valas berikutnya yang biasanya dimanfaatkan adalah gabungan dari kurs bebas dan tetap. Kurs yang terkendali ini melibatkan bank sentral juga pada prosesnya.

Sistemnya adalah mengontrol penggunaan valas di suatu negara agar tidak terlalu sering dimanfaatkan karena hanya satu mata uang dalam negeri yang dianggap sebagai alat bayar sah.

Pengendalian ini membuat mata uang dalam negeri bisa berjaya di negeri sendiri. Bisa dikatakan sistem ini menjadi jalan untuk melindungi mata uang dalam negeri.


Jenis Pasar Valuta Asing

Pasar valas adalah tempat terjadinya transaksi apapun itu yang menggunakan valas. Di bawah ini adalah jenis pasar valas yang bisa Anda temukan.

  • Pasar valas spot
  • Pasar valas forward
  • Pasar valas currency Futures
  • Pasar valas currency option

1. Pasar valas spot

Pasar spot merupakan jenis pasar valas yang paling mudah Anda temukan. Contoh valuta asing di pasar ini, misalnya Anda ingin liburan ke Jepang. Untuk memudahkan transaksi, Anda akan menukar uang Rupiah ke Yen di money changer terdekat.

Pasar ini bisa berpengaruh besar terhadap nilai kurs mata uang tertentu. Biasanya di masa liburan anak sekolah, nilai mata uang negara tertentu bisa mengalami kenaikan karena banyaknya orang yang menjadikannya tujuan wisata.

2. Pasar valas forward

Merupakan pasar valas yang biasanya dimasuki oleh pihak bank atau lembaga besar yang melakukan pembelian valas untuk berbagai keperluan. 

Karena pasar di sini termasuk eksklusif, biasanya transaksi yang dilakukan pun dalam jumlah yang cukup besar.

3. Pasar valas currency Futures

Pasar ini menyediakan kontrak dengan 2 jenis objek transaksi seperti valas dan komoditas. Kontrak diberlakukan untuk menentukan waktu pembayaran di masa depan.

Pasar valas ini hadir untuk mengurangi risiko transaksi valas dengan cara menerapkan strategi yang tepat, contohnya hedging.

4. Pasar valas currency option

Pada pasar valas ini Anda akan diberikan 2 pilihan untuk menjalankan yang mana. Ada currency put dan currency call yang dijual dalam bentuk currency option.


Jenis Transaksi Valuta Asing

Jika ada pasar, berarti ada transaksi juga. Ini dia jenis transaksi yang berhubungan dengan valas.

  • Transaksi valas spot
  • Transaksi valas value today
  • Transaksi valas swap
  • Transaksi valas option

1. Transaksi valas spot

Merupakan jenis transaksi valas yang cukup cepat dilakukan. Biasanya akan segera selesai dalam 2 hari kerja

Di dalam transaksi ini ada 3 jenis transaksi turunannya. Transaksi yang pertama adalah value today yang penyerahan dana hasil transaksi dilakukan di hari yang sama.

Lalu, ada lagi jenis transaksi spot, value tomorrow yang penyerahan dana hasil transaksi valas dilakukan keesokan harinya (harus di hari kerja).

Transaksi ketiga adalah value spot yang penyerahan dana akan dilakukan 2 hari setelah kontrak transaksi dibuat.

2. Transaksi valas forward

Transaksi jenis valas ini kontrak ditandatangani di hari yang sama dan dalam waktu cepat, tapi untuk pembayarannya nanti sesuai tanggal yang sudah ditetapkan. Tanggalnya bisa ditentukan agak jauh ke depan.

3. Transaksi valas swap

Transaksi ini dilakukan dengan cara membeli suatu valas dengan transaksi spot yang cenderung cepat, tapi kemudian membayarnya dengan transaksi forward yang dilakukan di beberapa waktu berikutnya. Bisa dikatakan transaksi ini gabungan antara spot dan forward.

4. Transaksi valas option

Transaksi ini biasanya ada untuk Anda yang melakukan trading valas. Transaksinya berupa kontrak yang akan dibayar sesuai dengan hasil trading valas yang Anda lakukan.


Baca juga: Kurs adalah Nilai Tukar Mata Uang, ini Penjelasannya


Kesimpulan

Itu dia penjelasan mengenai valas. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda yang berencana menggunakan valas untuk berbagai macam keperluan.


Kembangkan Dana di Program Pendanaan Menjanjikan di Modal Rakyat

Anda yang mau memperoleh imbal hasil yang menjanjikan, dapat meraihnya dengan ikut pendanaan UMKM lewat Modal Rakyat.

Modal Rakyat menyediakan pendanaan khusus UMKM yang membutuhkan dana untuk menjalankan usahanya.

Anda boleh meminjamkan dana mulai Rp25.000 saja dan keuntungan yang didapatkan bisa mencapai 18% per tahun.

Modal Rakyat adalah platform yang sudah memperoleh izin dan diawasi oleh OJK, jadi Anda jangan meragukan keamanannya.

Manfaatkan BLOG25 untuk mendapatkan Rp25.000 secara gratis dari Modal Rakyat.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru