Bisnis

10 Alasan untuk Membuka Usaha yang Menguntungkan

Kabrina Rian Ferdiani-

16 Jun 2021

10 Alasan untuk Membuka Usaha yang Menguntungkan

Generasi milenial identik dengan kemajuan teknologi dan ide briliannya dalam mengembangkan usaha yang menguntungkan. Dimulai dari hal – hal sederhana seperti membuat konten kreatif, hingga akhirnya masuk ke pemasaran digital. 

Ide kreatif merupakan sebuah aset dalam mengembangkan sebuah bisnis. Namun ide saja tidak cukup, karena setiap orang memiliki ide. 

Namun hanya sebagian yang ternyata mampu memperjuangkan serta merealisasikan idenya.


Baca juga: Strategi Bisnis Rumahan Agar Menjangkau Pasar Lebih Luas


Alasan Mengapa Membuka Usaha Sendiri

Terkadang orang masih ragu, apakah hendak membuat bisnisnya sendiri ataukah tetap kerja di tempatnya berada. Ketakutan mengenai ketidakpastian kondisi menyebabkan beberapa orang langsung mundur tanpa mencoba. 

Untuk menguatkan tekad dan motivasi memerlukan alasan yang baik. Seperti misalnya ingin membeli rumah mewah, membahagiakan orang tua, atau mengambangkan hobi dan memanfaatkannya untuk meraih keuntungan. 

Memiliki Ide Unik, Kreatif, dan Inovatif

Ide unik adalah salah satu hal paling mahal di dunia. Karenanya ketika memiliki ide unik, segera tuliskanlah terlebih dahulu. Memang kadang datangnya tiba – tiba dan kurang kongkrit, dengan menuliskannya bisa mudah diingat kembali. 

Ide unik serta inovatif adalah hal dicari dalam sebuah usaha yang menguntungkan. Karena darinya berbagai permasalahan dan kebutuhan masyarakat bisa dipenuhi dengan baik. 

Pesaingnya Masih Sedikit

Ketika melihat sebuah peluang dan masih sedikit pesaingnya, ini merupakan sebuah potensi untuk memulai bisnis Anda. Terlebih apabila peluang kebutuhannya cukup tinggi, sehingga pasti memperoleh pasarnya. 

Namun perlu sedikit kerja keras dalam memasarkannya. Karena ketika pesaingnya sedikit, orang–orang cenderung lebih mengenal produk dari kompetitor dibandingkan dengan produk baru Anda. 

Setiap Tantangan Pasti Ada Pemecahannya

Tidak perlu takut dengan tantangan atau hambatan ketika sedang menjalani usaha yang menguntungkan. Hal ini karena setiap permasalahan atau tantangan, memiliki langkah penyelesaiannya, hanya perlu jeli dan teliti. 

Terkadang diri sendiri sebagai sumber ketakutannya, pikiran yang tidak berdasarkan data akurat terkadang memberikan ketakutan. Padahal apabila mau merenung sebentar dan berpikir jernih, tidak akan muncul ketakutannya. 

Memperoleh Pemasukan Tambahan

Membuka bisnis sendiri tentunya akan menghasilkan pemasukan tambahan. Besarnya bisa beragam, mulai dari kecil hingga sangat besar. Bergantung juga dengan jenis usahanya serta minat dari masyarakatnya. 

Bisnisnya tidak harus besar – besar, hal – hal sederhana seperti berjualan ikan hias, kerupuk dan cemilan, serta berbagai produk sehari – hari lainnya cukup membantu. Tambahkanlah dengan beberapa ciri khas. 

Mengambangkan Minat dan Hobi

Hobi sekarang menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan bagi sebagian orang. Contohnya memiliki kemampuan lukis, bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Seperti membuat souvenir atau portrait foto. 

Minat di dunia game juga bisa dikembangkan menjadi sebuah potensi pemasukan tambahan. Misalnya dengan menjadi komentator atau membuat live streaming sendiri, terlebih bila memiliki pembawaan unik. 

Mempersiapkan Masa Tua dan Pensiun

Ketika pensiun, tentunya potensi pemasukannya juga sudah sangat berkurang. Ditambah lagi ada banyak sekali waktu di rumah karena sudah tidak lagi kerja. 

Untuk mampu produktif ketika sudah masa – masa pensiun, tentunya harus dipersiapkan mulai ketika sedang bekerja. Beberapa di antaranya adalah mencari ide – ide segar, memperbanyak link dan jaringan, mencari peluang promosinya. 

Memiliki Rekan Kerja yang Suportif

Ketika mempunyai rekan suportif sekali, ada baiknya segera mengajaknya untuk membuka usahanya sendiri. Hal ini karena keduanya sudah saling percaya, memiliki komitmen sama, serta sudah saling mengenal satu dengan lainnya. 

Namun untuk membangun usaha bersama, tentu harus tetap menjaga profesionalisme. Hal ini agar mencegah terjadinya konflik kepentingan di kemudian hari ketika bisnisnya sudah cukup berkembang. 

Luasnya Media Sosial

Adanya media digital seperti instagram, tik tok, youtube, dan facebook dengan akses gratis memberikan kesempatan baru untuk memperkenalkan brand. Setiap orang bisa memasarkan dan menyosialisasikan brandnya secara gratis. 

Terlebih lagi saat ini media sosial sedang dikembangkan untuk menguatkan orang – orang yang berkreasi di bidang industri kreatif. Tentunya ini adalah peluang bagus agar membuka serta mengembangkan usaha yang menguntungkan. 

Bisa Memulai dengan Modal Kecil

Usaha tidak harus identik dengan modal besar, modal kecil juga bisa memulai usahanya sendiri. Apabila kekurangan modal, bisa menggunakan berbagai alternatif pendanaan, misalnya melalui pinjaman atau mencari investor. 

Namun harus mempertimbangkan semuanya, mulai dari kesiapan membayar cicilan atau potensi – potensi lainnya. Jangan sampai sembarangan meminjam, tetapi ternyata malah memberatkan diri sendiri. 

Peluang Keuntungan Besar

Apabila bisa mengembangkan usahanya sendiri dengan baik, keuntungannya bisa sangat besar sekali. Bahkan bisnis kecil seperti menjual ikan hias juga mampu mendatangkan keuntungan besar apabila dikelola dengan baik. 

Berinovasi serta mencari peluang dan pasarnya menjadi hal wajib untuk senantiasa dikembangkan. Pastikan selalu mampu menjawab kebutuhan masyarakat agar produknya senantiasa dicari dan diingat oleh masyarakat.


Baca juga: Usaha Kecil Menguntungkan untuk Anak Sekolah di Masa Pandemi


Apa yang Harus Disiapkan untuk Membuka Usaha?

Menjalankan usaha yang menguntungkan memerlukan banyak sekali persiapan. Paling minimal adalah harus sudah meriset pasar. Dengan memahami kebutuhan mereka serta bagaimana mereka memenuhinya bisa menarik perhatiannya. 

Pastikan juga segala pemasaran, pengenalan, serta produknya dalam kondisi baik. ketika ada salah satu yang kurang optimal, nantinya akan menghambat perkembangan bisnisnya. Selalu evaluasi apabila terdapat kekurangan. 

Modal serta jaringan wajib dimiliki sebelum memulai usahanya. Tanpa memiliki jaringan, nantinya akan sulit terhubung serta memasarkan pada masyarakat. Terlebih apabila produknya merupakan inovasi baru. 

Di era digital semacam ini, kemudahan penyebaran informasi, pengenalan produk, serta berbagai hal lainnya menjadi sebuah peluang besar. Terutama bagi orang – orang dengan ide dan pemikiran unik. 

Peluang media sosial tersebut mampu digunakan sebagai lahan pemasaran secara gratis dan organik. Untuk menjalankan usaha yang menguntungkan, tentunya ini adalah sebuah peluang besar, sayang untuk dilewatkan.


Dapatkan Modal Tambahan untuk Bisnis Anda

Sebagai pebisnis, Anda pasti ingin mengembangkan usaha agar semakin menambah keuntungan. Untuk melakukannya Anda tentu membutuhkan modal lebih.

Anda dapat mendaftarkan diri sebagai peminjam layanan P2P lending Modal Rakyat. Dengan pelayanan yang cepat dan praktis, Anda akan memperoleh modal dalam waktu lima hari kerja. P2P lending ini juga sudah berizin OJK, sehingga keamanannya akan dijamin.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru