Bisnis

Usaha Kecil Menguntungkan untuk Anak Sekolah di Masa Pandemi

Kabrina Rian Ferdiani-

15 Jun 2021

Usaha Kecil Menguntungkan untuk Anak Sekolah di Masa Pandemi

Menjalankan usaha kecil menguntungkan sebenarnya tidak ada batasan usia dan kapan harus memulainya. Siapa saja boleh memulai dari usia berapapun asalkan ada niat dan semangat untuk mendapatkan target yang diinginkan.

Termasuk anak-anak yang masih menempuh pendidikan juga sangat boleh menjalankan usahanya sendiri mulai sekarang. Lantas mungkinkah anak-anak mampu, rekomendasi usaha apa yang cocok dan apa saja tipsnya? Simak penjelasannya!


Baca juga: Cara Menghasilkan Uang untuk Kamu yang Masih Sekolah


Mungkinkan Anak-Anak Masih Sekolah Bisa Menjalankan Usahanya Sendiri?

Banyak keraguan muncul apakah anak-anak yang masih sekolah mampu menjalankan usaha kecil menguntungkan sendiri? Hal ini sangat wajar karena terkadang usia pelajar masih malas untuk bekerja sehingga jarang bisa berhasil.

Namun bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dilakukan jika ada niat dan semangat untuk bisa sukses. Sudah banyak pelajar baik Indonesia dan luar negeri mampu sukses sejak di bangku sekolah.

Sebenarnya bukan tergantung dari apa usahanya namun bagaimana pengelolaan dan konsistensi dalam menjalankannya. Tidak harus langsung ke bisnis besar-besaran namun bisa memulai dari usaha kecil menguntungkan dengan modal kecil.

Justru pelajar memiliki banyak waktu untuk mulai mencoba menghabiskan jatah gagal sedini mungkin. Karena dari kesalahan dilakukan bisa belajar banyak hal dalam dunia bisnis yang tidak didapatkan dari bangku sekolah.

Apalagi di masa pandemi seperti ini sekolah dilakukan di rumah dan semua tugas diberikan secara online. Tentu sangat membosankan karena aktivitas dibatasi dan akses keluar rumah menjadi sangat rumit.

Lebih baik memanfaatkan waktu yang ada untuk melakukan aktivitas lebih bermanfaat seperti usaha kecil menguntungkan. Jangan terfokus ke hasilnya dulu namun belajar secara perlahan untuk memulai dan mempertahankan bisnisnya.


Beberapa Rekomendasi Usaha untuk Anak Sekolah Selama Masa Pandemi

Ada cukup banyak rekomendasi usaha kecil menguntungkan yang cocok untuk pelajar dan bisa Anda coba. Dari banyaknya pilihan tersebut berikut beberapa contoh yang paling memungkinkan dicoba di masa pandemi.

Membuat toko online sebagai reseller

Toko online menjadi rekomendasi paling populer karena memang peluangnya cukup besar dan pasarnya lebih luas. Sebagai pelajar Anda dapat memulai dengan menjadi reseller saja sehingga tidak harus mengeluarkan banyak modal.

Carilah supplier kalau bisa tangan pertama sehingga mendapatkan harga terbaik dari barang yang akan dijual. Kemudian buatlah toko online sendiri dan kelola dengan sebaik mungkin untuk menarik pembeli.

Membuat dan menjual aneka kerajinan tangan

Kreativitas menjadi ide usaha kecil menguntungkan yang sangat menarik untuk para pelajar khususnya. Anda bisa mencari kerajinan tangan apa saja yang sekiranya menarik dan banyak diminati konsumen.

Dengan membuat sendiri kerajinan tangan tersebut kemudian menjualnya secara luas tentu lebih menguntungkan. Contoh kerajinan tangan seperti vas bunga dari bahan bekas, tempat sampah unik dan masih banyak lainnya.

Bisnis makanan ringan atau snack

Usia anak sekolah biasanya sangat suka jajan makanan ringan atau snack dengan aneka rasa. Peluang ini dapat Anda manfaatkan untuk mulai berjualan berbagai makanan ringan dengan harga terjangkau.

Carilah makanan ringan yang saat ini sedang booming atau hits dikalangan para pelajar kemudian tawarkan secara online. Lakukan pengiriman memakai jasa kurir juga agar lebih aman selama masa pandemi.

Membuat masker dan menjualnya sendiri

Rekomendasi usaha kecil menguntungkan untuk pelajar paling besar peluangnya adalah membuat masker. Anda dapat memulai dengan belajar dari internet cara menjahit di waktu luang terutama trik dasar membuat maskernya.

Kemudian tawarkan hasil karya masker Anda ke teman-teman sekolah dan secara umum melalui medsos. Minta bantuan orang tua untuk turut serta memasarkan agar pesanan yang masuk semakin banyak.


Baca juga: 5 Cara Menabung di Rumah untuk Anak Sekolah


Tips Bagi Anak Sekolah Jika Ingin Menjalankan Usahanya Sendiri

Sebagai anak-anak yang masih sekolah namun ingin juga sukses dalam menjalankan usaha kecil menguntungkan. Maka pelajari dan terapkan beberapa tips berikut ini yang pastinya akan sangat membantu bagi Anda.

Bagi waktu berbisnis dengan belajar

Sebaiknya bagi waktu untuk belajar menyelesaikan tugas online dengan waktu berbisnis itu sendiri. Jangan sampai waktu yang dimiliki justru habis untuk berbisnis saja sehingga membuat lupa pada tanggung jawab belajarnya.

Kedisiplinan menjadi modal dan kunci penting yang harus dimiliki seorang pengusaha sedini mungkin. Jika Anda tidak mampu disiplin pada hal sederhana maka akan sangat sulit menerapkan kemandirian dalam menjalankan usahanya.

Mulai dari modal kecil saja

Mengingat bisnis yang dijalankan termasuk ke dalam usaha kecil menguntungkan maka mulai saja dari modal kecil. Jangan langsung meminta ke orang tua modal besar jika belum mampu mengelola dengan bijak.

Lebih baik jika mengumpulkan modal sendiri dari uang jajan kemudian dikelola untuk mulai menjalankan usaha. Hal ini jauh lebih baik karena Anda tidak membebani orang tua dalam hal modal.

Sabar dan telaten

Kesalahan umum pelajar saat memulai usaha kecil menguntungkan adalah ketidaksabaran dan tidak telaten. Tidak mungkin bisa otomatis menjadi orang hebat dan sukses besar maka harus benar-benar sabar dalam merintis usaha.

Bedakan antara modal dengan penghasilan

Tips selanjutnya adalah membedakan antara modal dengan jumlah penghasilan yang sudah didapatkan. Jangan sampai modal dan penghasilan menjadi habis digunakan untuk kebutuhan lain sehingga bisnis tidak berjalan sesuai harapan.

Terus melakukan pemasaran

Agar semua bisnis berkembang maka harus diperkenalkan secara meluas ke pasar dan konsumen langsung. Maka sangat penting untuk terus melakukan pemasaran secara konsisten agar jumlah pelanggan Anda semakin banyak.

Siapa saja memiliki kesempatan untuk menjalankan usahanya termasuk pelajar yang masih menempuh pendidikan. Pasar yang jelas membuat pelajar memiliki kesempatan besar untuk memulai usaha kecil menguntungkan di masa pandemi.


Dapatkan Modal Tambahan untuk Bisnis Anda

Sebagai pebisnis, Anda pasti ingin mengembangkan usaha agar semakin menambah keuntungan. Untuk melakukannya Anda tentu membutuhkan modal lebih.

Anda dapat mendaftarkan diri sebagai peminjam layanan P2P lending Modal Rakyat. Dengan pelayanan yang cepat dan praktis, Anda akan memperoleh modal dalam waktu lima hari kerja. P2P lending ini juga sudah berizin OJK, sehingga keamanannya akan dijamin.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru