Bisnis

Strategi Bisnis Rumahan Agar Menjangkau Pasar Lebih Luas

Kabrina Rian Ferdiani-

15 Jun 2021

Strategi Bisnis Rumahan Agar Menjangkau Pasar Lebih Luas

Siapa bilang bisnis rumahan hanya memiliki prospek dan pasar terbatas? Bisnis rumahan ini juga menjadi salah satu upaya untuk memberdayakan UMKM dan masyarakat di lingkungan sekitar. Berbicara tentang bisnis yang dijalankan di rumah atau di lingkungan sekitar rumah ini memang sering dianggap remeh. 

Bisnis yang berbasis di rumah ini umumnya dijadikan sebagai pekerjaan sampingan, namun tak sedikit pula yang menjadikannya pekerjaan utama. Dengan modal dan skala yang masih kecil, banyak yang menganggap bisnis ini memiliki pasar yang tidak begitu besar. Namun dengan strategi yang tepat, bisnis ini bisa menjangkau pasar yang lebih luas.


Baca juga: Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil Menguntungkan


Mengembangkan dan Memperluas Target Pasar Bisnis Rumahan, Bagaimana Caranya?

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperluas target pasar dan mengembangkan bisnis.

Mengenalkan Produk Melalui Bazar atau Pameran 

Setiap usaha yang menguntungkan tentu membutuhkan usaha. Begitu pula jika Anda memilih membangun sebuah bisnis berbasis rumahan. Salah satu usaha untuk mengenalkan produk atau bisnis Anda sekaligus memperluas jangkauan konsumen adalah dengan mengikuti bazar atau pameran. 

Bazar atau pameran ini bisa menjadi wadah bagi Anda untuk memamerkan produk hasil olahan rumahan Anda. Banyaknya pengunjung bazar akan membuat jangkauan pemasaran Anda jadi lebih luas. Tidak hanya itu, di antara pengunjung tersebut bisa jadi salah satunya adalah investor yang akan berinvestasi untuk semakin mengembangkan bisnis Anda.

Promosi Langsung dari Mulut ke Mulut 

Promosi secara langsung dari mulut ke mulut memang merupakan salah satu bentuk promosi tradisional. Namun jangan remehkan strategi bisnis ini terbilang efektif untuk mengenalkan produk dan bisnis. 

Ketika produk Anda mendapatkan penilaian yang baik, hal ini bisa disebarkan dari mulut ke mulut. Mulai dari keluarga, berlanjut ke tetangga, teman, rekan kerja dan terus sampai tidak terbatas. Hingga kemudian pasar bisnis Anda pun semakin luas.

Memasarkan dari Toko ke Toko 

Satu lagi strategi bisnis yang terbilang tradisional namun cukup efektif untuk memperluas jangkauan pasar adalah dengan memasarkannya dari toko ke toko. Toko yang dipilih bisa mulai dari yang dekat dengan area tempat tinggal hingga yang jauh dari tempat tinggal. 

Sebelum memasarkan produk ke toko-toko ini pun Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana karakteristik pembeli dari masing-masing toko. Mulai dari apa yang dibutuhkan dan bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis yang Anda jalankan. 

Dengan cara ini, tidak hanya menjadikan bisnis berbasis rumahan sebagai usaha yang menguntungkan juga sekaligus memperluas jangkauan market untuk produk tersebut. Semakin banyak toko dimana Anda menjual produk maka semakin banyak pula orang yang mengenal produk tersebut.

Promosi Melalui Media Sosial 

Strategi bisnis satu ini adalah yang paling kekinian, dengan memanfaatkan sosial media. Semakin banyak jenis sosial media yang bisa digunakan dengan jumlah pengguna yang juga semakin banyak tentu akan menjadi peluang yang besar untuk memperluas jangkauan pasar bisnis Anda. 

Strategi ini terbilang efektif karena mudah, murah dan bisa berdampak besar. Apalagi jika media sosial Anda sudah memiliki pengikut dengan jumlah banyak. Kalau belum, Anda bisa meminta bantuan orang lain, teman atau keluarga dengan jumlah pengikut banyak untuk membantu promosi. 

Selain itu, dari media sosial ini kemudian berkembang bisnis-bisnis berbasis rumahan lainnya. Bahkan beberapa diantaranya adalah bisnis rumahan tanpa modal yang bisa Anda jalankan hanya dengan bermodal media sosial.

Bergabung dengan Marketplace 

Satu lagi strategi bisnis yang efektif untuk bisnis berbasis rumahan adalah melalui marketplace. Marketplace ini sudah menyediakan media untuk pemilik bisnis menjual produknya secara gratis disini. 

Orang yang mengakses marketplace ini juga tak kalah besar dengan pengakses media sosial sehingga juga bisa memperluas market bisnis Anda. Selain itu, adanya marketplace ini bahkan memungkinkan Anda untuk membangun bisnis rumahan tanpa modal. 

Marketplace ini menjadi salah satu yang banyak dipilih oleh para pemilik bisnis berbasis rumahan untuk mengembangkan target marketnya. Selain layanan yang ditawarkan gratis, banyak fitur yang disediakan dan prosesnya yang mudah menjadi alasan tersendiri. 

Membuat Website Bisnis Sendiri

Sudah banyak pelaku bisnis berbasis rumahan yang mendapatkan pelatihan tentang strategi bisnis untuk mengembangkan dan memperluas market bisnisnya. Salah satunya adalah dengan membuat website bisnisnya sendiri. 

Membuat website untuk membantu meningkatkan penjualan atau memperluas market ini pun tidak terlalu sulit. Anda bisa memanfaatkan adanya web builder atau jika ingin lebih mudah lagi dengan hasil yang lebih professional, Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan website. 

Hampir sama dengan market place dan media sosial, website ini bisa diakses siapa saja dan dari mana saja. Jika berhasil, Anda tidak hanya bisa meningkatkan penjualan, bahkan juga memperluas jangkauan market bisnis Anda. 

Nah, itu tadi adalah berbagai strategi bisnis yang bisa digunakan untuk memperluas target dan jangkauan market dari bisnis rumahan. Bermula dari skala rumahan, dengan strategi bisnis yang tepat, bukan tidak mungkin jika bisnis tersebut akan terus berkembang dengan pesat. 

 

Baca juga: WhatsApp Business: Fitur dan Cara Membuatnya


Dapatkan Modal Tambahan untuk Bisnis Anda

Sebagai pebisnis, Anda pasti ingin mengembangkan usaha agar semakin menambah keuntungan. Untuk melakukannya Anda tentu membutuhkan modal lebih.

Anda dapat mendaftarkan diri sebagai peminjam layanan P2P lending Modal Rakyat. Dengan pelayanan yang cepat dan praktis, Anda akan memperoleh modal dalam waktu lima hari kerja. P2P lending ini juga sudah berizin OJK, sehingga keamanannya akan dijamin.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru